Cara Penghitungan KPR Mandiri dan Mandiri Milenial

cara penghitungan kpr mandiri
cara perhitungan kpr mandiri

Masih bingung dengan cara penghitungan KPR Mandiri? Tenang, redaksi Ajaib akan mengulas cara perhitungan KPR Mandiri dan Mandiri Milenial agar kamu bisa lebih mengerti. Simak paparan berikut ini ya.

Baik kamu yang sudah berkeluarga, mau berkeluarga atau bahkan single sekalipun, hasrat ingin punya rumah sendiri pastilah ada!. Namun di zaman sekarang dimana harga tanah termasuk rumah di ibukota negara semakin hari harganya semakin menggila. Kredit Pemilikan Rumah (KPR) pun menjadi alternatif pilihan.

KPR untuk diketahui adalah fasilitas kredit yang diberikan oleh perbankan kepada para nasabah perorangan yang akan membeli atau memperbaiki rumah. Di Indonesia dikenal dua jenis KPR yaitu;

KPR Bersubsidi

Untuk masyarakat yang penghasilannya dari menengah ke bawah. KPR bersubsidi disediakan untuk kebutuhan perumahan ataupun perbaikan rumah yang telah kita dimiliki.

KPR Non Subsidi

Untuk seluruh masyarakat. Ketentuan dan persyaratannya ditentukan oleh bank sehingga penentuan besar kredit ataupun suku bunga dilakukan sesuai kebijakan bank tersebut.

Dengan menggunakan KPR, kita tidak harus menyediakan dana secara tunai untuk membeli rumah dan cukup menyediakan uang muka saja. Selain mengumpulkan dokumen untuk syarat dan ketentuan menggunakan KPR, kita tentunya perlu tahu dimana kita bisa menggunakan KPR, dan dibawah in ada fasilitas KPR dari Bank Mandiri

Mandiri KPR

Mandiri KPR adalah kredit pemilikan rumah (KPR) bank mandiri yang diberikan secara perseorangan untuk membeli rumah tinggal/apartemen/ruko/rukan, baik melalui developer atau tidak.

Fitur mandiri KPR

Mandiri KPR memiliki beragam fitur yang dapat dipilih sesuai kebutuhan kamu, antara lain:

Mandiri KPR Take Over

Adalah fitur pembiayaan yang digunakan untuk pengambilalihan kredit dari KPR bank lain, dengan maksimum limit kredit sebesar outstanding (sisa pinjaman) terakhir di bank asal atau limit kredit baru sesuai perhitungan bank.

Mandiri KPR Top Up

Merupakan fitur penambahan limit kredit untuk mandiri KPR yang sudah berjalan minimal satu tahun, asalkan kolektibilitas (status pembayaran angsuran) berjalan lancar selama enam bulan terakhir.

Mandiri KPR Flexible

Adalah sistem pembayaran angsuran yang fleksibel memungkinkan kamu untuk membeli rumah tinggal/ruko/rukan/apartemen dengan menentukan sendiri jangka waktu dan pembagian jumlah kreditnya (tersedia rekening revolving).

Mandiri KPR Angsuran Berjenjang

Memudahkan karyawan untuk membeli rumah, dengan keringanan berupa penundaan pembayaran sebagian angsuran pokok sampai tahun ketiga. Pada tahun keempat, jumlah angsuran akan kembali normal.

Keuntungannya:

  • Suku bunga kompetitif
  • Proses cepat dan mudah sejak awal
  • Uang muka ringan
  • Jangka waktu hingga 20 tahun dan kerja sama dengan ratusan  proyek developer di seluruh Indonesia

Syarat dan Ketentuannya:

  • Warga Negara Indonesia (WNI) dan berdomisili di Indonesia
  • Umur minimal 21 tahun dan 55 tahun maksimal untuk pegawai dan 60 tahun untuk profesional/wiraswasta saat masa kredit berakhir
  • Memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap, dengan masa kerja/usaha minimal 1 (satu) tahun (pegawai) atau 2 (dua) tahun (profesional/wiraswasta)Dokumen yang harus dipenuhi

Suku Bunga

New: mulai dari 7.58% fix 3 tahun

Existing: 13.25% p.a eff (floating)

Cara Penghitungan KPR Mandiri  

Cara Penghitungan KPR Mandiri bisa dilakuan dengan online ataupun offline. Jika lewat offline, kamu dapat datang langsung ke kantor cabang Bank Mandiri dan bertanya ke Customer Servicenya. Dan jika lewat online, kamu dapat melakukan simulasi melalui website resmi Bank Mandiri 

Kalkulator / Simulasi KPR Mandiri merupakan cara sederhana yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui tentang berapa besaran cicilan KPR yang bisa kamu bayarkan. Cara menggunakan kalkulator ini sangat mudah karena dilakukan dengan otomatis, kamu hanya memasukan data penghasilan, jangka waktu kredit (maks 20 th), suku bunga pekerjaan dan cicilan lainnya.

Mandiri KPR Milenial

Program yang khusus dirancang untuk memenuhi kebutuhan hunian bagi generasi milenial. Fitur ini berupa pembiayaan pembelian rumah/apartemen dengan benefit limit kredit yang lebih besar karena mempertimbangkan kenaikan penghasilan per tahun. Suku bunga yang diberikan cukup kompetitif serta angsuran yang ringan sepanjang tenor.

Keuntungannya

  • Limit kredit khusus (s.d ±8% lebih besar v.s. KPR reguler) mulai dari Rp 200 Juta sampai dengan Rp 3 Miliar.
  • Angsuran berjenjang selama 5 tahun pertama, jenjang kenaikan angsuran 10% per tahun mengikuti kenaikan penghasilan calon debitur, sehingga angsuran akan tetap ringan.
  • Terdapat 4 pilihan tenor kredit, yaitu 10, 15, 20, dan 25 (tanpa ada pilihan tenor lain).
  • Uang muka mulai dari 0%.
  • Suku bunga kompetitif.

Syarat dan Ketentuannya

  • Karyawan berstatus pegawai pegawai tetap min. 1 tahun.
  • Calon debitur saat pengajuan kredit berusia 21 sampai dengan 45 tahun.
  • Menyalurkan gajinya di Bank Mandiri dengan min. penghasilan Rp5 Juta.

Dokumen yang Harus Dipenuhi

  • Fotocopy KTP pemohon dan spouse/pasangan (apabila ada);
  • Copy NPWP;
  • Copy ID Card;
  • Dokumen penghasilan dan dokumen agunan.

Penghitungan KPR

Cara mudah untuk menghitung KPR Mandiri bisa dilakuan dengan online ataupun offline. Jika lewat offline, kamu dapat datang langsung ke kantor cabang Bank Mandiri dan bertanya ke Customer Servicenya. Dan jika lewat online, kamu dapat melakukan simulasi melalui website resmi Bank Mandiri.

Kalkulator / Simulasi KPR Mandiri merupakan cara sederhana yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui tentang berapa besaran cicilan KPR yang bisa kamu bayarkan. Cara menggunakan kalkulator ini sangat mudah karena dilakukan dengan otomatis, kamu hanya memasukan data penghasilan, jangka waktu kredit (maks 20 th), suku bunga pekerjaan dan cicilan Lainnya.

Bacaan menarik lainnya:

Hasibuan, S.P. Melayu. (2007). Dasar-dasar Perbankan. Jakarta : Bumi Aksara


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait