Cara Mudah Mengurus SKCK Online untuk Daftar CPNS

Cara Mudah Mengurus SKCK Online untuk Daftar CPNS
Cara Mudah Mengurus SKCK Online untuk Daftar CPNS

SKCK online ternyata baru saja dikeluarkan oleh Kepolisian Republik Indonesia dan cara pengajuannya pun tidak rumit. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) mungkin tidak asing lagi untuk siapa saja. Biasanya yang paling familiar adalah SKCK sering digunakan sebagai syarat untuk menjadi karyawan, dan yang wajib diajukan untuk daftar calon pegawai negeri sipil (CPNS). 

Dulu, untuk mengajukan SKCK memerlukan banyak tahap yang harus ditempuh dan kamu pun harus berkeliling. Sekarang proses berkeliling itu bisa diminimalisir dengan adanya SKCK online. Kamu tinggal menyediakan beberapa dokumen untuk pengajuan SKCK dan mengisi data di website SKCK yang sudah tersedia. Beginilah prosedur pendaftarannya.

Siapkan dokumen terlebih dahulu

Sebelum kamu membuat SKCK secara online, kamu diharuskan untuk menyiapkan bebragai macam dokumen-dokumen, seperti surat pengantar dari kelurahan di mana pemohon berada. Kamu bisa mendapatkan surat pengantar ini dari lurah di dekat rumahmu. Lalu KTP/SIM, alamat yang tertera pada KTP/SIM harus sesuai dengan yang ada di surat pengantar. Kemudian paspor, untuk keperluan ke luar negeri. Lalu Kartu Keluarga. Setelah itu Akta Kelahiran/Ijazah. Yang terakhir adalah pas foto 4×6 dengan latar belakang merah sebanyak 6 lembar.

Akses website SKCK online

Website SKCK online ini berbeda, sesuai dengan wilayahnya. Inilah daftar website per wilayah yang bisa kamu ketahui.

Upload foto dan dokumen

Setelah itu buka website SKCK online sesuai dengan yang dituju, sebaiknya sesuai dengan wilayah di mana kamu tinggal. Dan isi lengkap data-data yang ada dengan benar. Dan juga ada bagian pernah atau tidaknya terkena kasus pidana, kamu harus menjawab dengan sejujurnya. Setelah selesai semua data diisi kamu bisa menekan tombol lanjut.

Membayar SKCK di ATM terdekat atau mobile banking

Setelah selesai mengupload dokumen, maka kamu akan diminta untuk membayar sejumlah uang untuk SKCK ini. Kamu bisa mendatangi ATM terdekat. Bank yang sudah bekerja sama dengan Polri dalam pembayaran SKCK ini adalah Bank BRI.

Mengambil SKCK yang sudah jadi

Kemudian ketika mendapatkan konfirmasi pembayaran berhasil, kamu bisa mengambil SKCK tersebut di kantor polisi yang sudah kamu pilih sebelumnya. Untuk pembuatan SKCK sendiri dikenakan biaya Rp 30.000 per SKCK untuk WNI. Sedangkan untuk WNA per SKCK dikenai biaya sebanyak Rp60.000. Harga tersebut berlaku di seluruh wilayah Indonesia.

Caranya mudah, kan? Cara membuat SKCK online ini tidak ada salahnya kamu coba, terutama jika kamu tidak punya waktu yang banyak. Jadi, sudah siap melamar dan menjadi salah satu CPNS? Nah, selain untuk mendaftar CPNS, ada juga beberapa perusahaan yang mengharuskan untuk membuat SKCK sebagai tanda bahwa kamu tidak memiliki catatan kejahatan di kepolisian.

Bacaan menarik lainnya:

Wallach, E.J. (1983), “Individuals and Organizations: The Cultural Match”, Training and development journal, February, 29-36.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait