milenial

Mau Daftar CPNS? Ini 5 Syarat Perpanjang SKCK

Pemerintah baru saja membuka lowongan calon pengawai negeri sipil (CPNS) di tahun ini. Alhasil antrean pelamar yang akan mendaftar CPNS membludak di kantor-kantor kepolisian. Jangan heran, karena salah satu syarat pendaftaran CPNS adalah menyertakan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Jika SKCK yang kamu miliki sudah kedaluwarsa, kamu harus tahu syarat perpanjang SKCK di kepolisian.

Sebagian besar masyarakat masih menganggap sistem administrasi di Indonesia ini terlalu rumit dan ribet, termasuk dalam mengurus SKCK. Entah itu untuk permohonan baru membuat, maupun perpanjangan. Namun kini perpanjangan SKCK sangat gampang dan mudah loh.

SKCK dulu dikenal sebagai Surat Keterangan Kelakuan Baik atau SKKB. Intinya keduanya merupakan surat yang menunjukkan bahwa kamu tidak pernah melakukan perbuatan pidana sebelumnya. Yuk, ketahui syarat perpanjang SKCK 2019 di bawah ini!

Seputar dan Fungsi SKCK

SKCK merupakan surat keterangan yang menunjukkan bahwa pemiliknya merupakan seseorang yang belum pernah melakukan tindak pidana dan kriminal tertentu. Surat ini bisa digunakan sesuai peruntukannya.

Di Indonesia, SKCK bisa diterbitkan di kantor Polsek, Polres, hingga Polda. Masing-masing memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda. Namun secara umum isi baik fungsi dari SKCK tersebut cukup serupa.

Syarat Perpanjang SKCK

Perlu diketahui juga bahwa masa berlaku dari SKCK yang telah kamu buat adalah enam bulan sejak tanggal diterbitkannya. Adapun persyaratan dan cara memperpanjang masa berlakunya tidak berbeda, baik bagi SKCK yang masih berlaku ataupun yang sudah kedaluwarsa.

Adapun beberapa persyaratan yang harus dilengkapi untuk memperpanjang SKCK adalah sebagai berikut: 

  1. Lembaran SKCK asli yang lama dan telah dilegalisir.
  2. Fotokopi KTP ataupun SIM yang kamu punya. Data yang terdapat di dokumen ini harus sesuai dengan kondisimu sekarang.
  3. Fotokopi Kartu Keluarga.
  4. Fotokopi Akta Kelahiran.
  5. Pas foto dengan ketentuan ukuran 4 x 6, sejumlah 3 lembar, dan berwarna.
  6. Mengambil formulir perpanjangan SKCK di kantor polisi, dan mengisi formulir tersebut sesuai dengan data dirimu.

Cara Perpanjangan SKCK Online

Bagi kamu yang malas ribet dan datang ke kantor kepolisian, saat ini Polri telah membuka layanan pembuatan SKCK secara online loh. Untuk bisa membuat SKCK online kamu bisa langsung mengakses laman website resmi pembuatan SKCK milik Polri di link: https://skck.polri.go.id/.

Setelah itu kamu bisa langsung klik pilihan Form Pendaftaran yang berada di pojok kanan atas. Di form pendaftaran ini kamu akan diminta untuk mengisi beberapa data secara mendetail, mulai dari Satwil, Data Pribadi, Hubungan Keluarga, Pendidikan, Perkara Pidana, Ciri Fisik, hingga Lampiran dan Keterangan.

Cara Perpanjang SKCK Offline

Untuk memperpanjang SKCK secara offline kamu bisa langsung melengkapi seluruh persyaratan yang diminta, dan langsung datang ke kantor kepolisian terdekat (Polsek, Polres, ataupun Polda) sesuai dengan tujuan kamu membuat SKCK. Kamu bisa langsung menyerahkan seluruh berkas di petugas yang ada di loket SKCK.

Biaya untuk Membuat SKCK

Membuat SKCK ada biaya yang harus kamu persiapkan, dan cukup murah kok. Karena perpanjangan SKCK tidak membutuhkan pengambilan sidik jari, maka kamu hanya akan diminta untuk membayar sejumlah Rp10.000.

Nah, untuk berjaga-jaga kami sarankan kamu untuk memfotokopi SKCK yang kamu punya dan mintalah tanda tangan kepala polisi setempat alias dilegalisir. Biaya yang harus kamu keluarkan untuk melegalisir fotokopi SKCK adalah sejumlah Rp30.000.

Jadi, sudah tahu dong apa saja syarat perpanjang SKCK? Selanjutnya, kamu bisa langsung membawa dokumen yang telah disiapkan. SKCK seringkali menjadi syarat bagi calon karyawan yang akan melamar atau bergabung di sebuah perusahaan, tak terkecuali CPNS. Selamat mencoba ya!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait