Cara Mudah Mencari Data di IDX Laporan Keuangan

idx laporan keuangan
idx laporan keuangan

Sebagai investor yang baru saja terjun ke pasar modal, pastinya masih merasa bingung ketika mencari cara untuk mendapatkan informasi di IDX Laporan Keuangan.

Kamu bisa mencari informasi perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) melalui IDX Laporan Keuangan.

IDX Laporan Keuangan berfungsi sebagai sumber informasi dalam pengambilan keputusan dari suatu perusahaan.

Laporan data keuangan dari perusahaan sebenarnya memiliki peranan yang penting bagi pihak eksternal perusahaan, seperti kreditor dan Pemerintah.

Perusahaan publik yang terdaftar di Indonesia Stock Exhange Laporan Keuangan atau BEI wajib mempublikasikan laporan keuangannya di media massa nasional.

IDX Laporan Keuangan merupakan satu-satunya penyelenggara perdagangan saham publik di Indonesia, kemudian menyediakan beberapa laporan keuangan yang bisa diunduh secara gratis. Kamu bisa memilih format XBRL, PFX, dan XLSX.

Mengambil Data di IDX Laporan Keuangan

Dalam suatu perusahaan, IDX Laporan Keuangan berperan sebagai sumber informasi untuk pengambilan keputusan perusahaan.

Proses analisa laporan keuangan pun dilakukan dengan cara melihat data finansial yang ada di dalam laporan keuangan.

Untuk melakukan analisa tersebut, kamu memerlukan standar pengukuran untuk menentukan nilai dari hasil analisanya. Dalam analisa keuangan, standar pengukuran berbentuk rasio.

Secara keuangan, pengertian rasio adalah alat analisa keuangan perusahaan untuk menilai kinerja dari suatu perusahaan, dan disesuaikan dengan data keuangan yang ada di dalam laporan keuangan.

Dengan adanya rasio keuangan, pihak internal dan pihak eksternal perusahaan bisa membuat keputusan serta pertimbangan mengenai pencapaian perusahaan, dan prospek di masa mendatang.

Cara Mendapatkan Data Melalui Bursa Efek Indonesia

Bagi kamu yang ingin melakukan penelitian dan membutuhkan data laporan keuangan yang berkaitan dengan BEI, berikut ini adalah cara mendapatkannya:

  1. Mengunjungi situs resmi Bursa Efek Indonesia (BEI) di http://www.idx.co.id/.
  2. Memilih menu Perusahaan Tercatat, selanjutnya pilih sub menu Laporan Keuangan dan Tahunan. Kemudian, masukkan kode perusahaan dan akan ada menu scroll untuk memastikan nama perusahaan yang ingin dilihat laporan keuangannya.
  3. Memilih tahun untuk melihat laporan yang ingin dicari datanya. Kemudian, pada bagian Periode bisa memilih Triwulan 1, Triwulan 2, Triwulan 3, Audit, dan Unaudit.

Cara Mencari Harga Saham

Bagi kamu yang sedang belajar saham dan mencari harganya di IDX Laporan Keuangan, sebaiknya urungkan niatmu.

Sebab, laporan keuangan perusahaan tidak menampilkan harga sahamnya di IDX Laporan Keuangan. Mengapa begitu? Hal itu dikarenakan harga saham bersifat fluktuatif dan dapat berubah kapan saja.

Setiap perusahaan yang terdaftar di BEI, hanya diharuskan untuk menampilkan laporan keuangannya setiap tiga bulan sekali.

Ada cara lain untuk mencari harga saham, yaitu kamu bisa menghitung berapa harga saham yang beredar dan lainnya.

Untuk mengetahui harga saham yang beredar, kamu harus mengunduh laporan keuangannya terlebih dahulu. Bagaimana? mudah bukan untuk mengetahui laporan keuangan dari perusahaan yang sudah terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Bacaan menarik lainnya:

Husnan, Suad. (2009). Dasar-Dasar Teori Portofolio dan Analisa Sekuritas di Pasar Modal. Yogyakarta : UPP STIM YKPN


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait