Ajaib.co.id – Percaya tidak percaya memiliki meja kerja yang rapi bisa membuatmu lebih semangat bekerja. Namun, terkadang kamu malas membersihkannya karena berbagai macam alasan. Ada yang jarang membersihkannya karena terlalu fokus bekerja, ada lagi yang malas membereskannya karena merasa mejanya tidak ada masalah.
Padahal meja yang berantakan akan memengaruhi mood-mu dalam bekerja. Selain memengaruhi mood, bisa juga memengaruhi pekerjaanmu. Kamu akan jadi lebih mudah mencari barang penting yang kamu cari di meja yang rapi.
Di meja yang berantakan, kamu pun tidak ingat di mana kamu menyimpannya. Kamu bisa merasakan mejamu terasa penuh, padahal alasannya hanya karena susunan benda-benda di atasnya yang tidak terorganisir dengan baik.
Meja kerja akan lebih baik apabila dibersihkan minimal seminggu sekali. Jika kamu tidak punya banyak waktu, sebulan sekali juga tidak masalah. Karena kamu yang menggunakan meja itu, kamu yang bertanggung jawab terhadap kebersihan mejanya. Lebih baik tidak meminta office boy membersihkannya. Karena itu adalah mejamu, kamu yang harus mengaturnya sendiri agar ingat posisi barang-barang penting di mana saja.
Membersihkan meja dapat kamu lakukan ketika memiliki waktu lowong. Waktunya pun cukup singkat karena kamu hanya membersihkan sepetak meja, bukan satu ruanganmu sendiri. Coba curi-curi waktu saja dalam mengerjakannya. Jadi, inilah cara yang bisa kamu lakukan untuk merapikan meja.
Kosongkan meja terlebih dahulu
Meja kerja harus benar-benar kosong, dari bagian atas sampai ke bagian laci. Nanti kamu akan menemukan barang-barang yang perlu dibuang atau bahkan benda-benda yang sudah lama kamu cari, dan tersimpan di suatu tempat. Barang-barang yang perlu dibuang tinggal kamu taruh di tempat sampah.
Setelah semuanya kosong, saatnya membersihkan mejamu. Kamu dapat menggunakan kemoceng saja atau menggunakan lap yang sudah dibasahi. Pekerjaan ini hanya memerlukan waktu sebentar.
Setelah semuanya dirasa bersih, kamu merancang kembali bentuk mejamu. Jika kamu bingung bagaimana bentuknya, kamu dapat mencari referensi meja kerja yang unik di internet. Kamu bisa berekreasi sesukamu.
Sediakan folder khusus untuk dokumen
Kamu dapat memulainya dengan merapikan dokumen. Dokumen ini salah satu benda penting yang biasanya menumpuk di meja. Mungkin kamu akan menemukan banyak dokumen yang tidak digunakan lagi. Kamu dapat membuangnya atau bisa langsung menghancurkannya dengan mesin penghancur kertas yang disediakan oleh kantormu.
Folder khusus dokumen ini dapat kamu klasifikasikan sesukamu, sesuai dengan hal yang kamu kerjakan. Foldernya bisa ditaruh di mana saja, asalkan mudah untuk dijangkau. Dengan folder khusus dokumen, kamu akan lebih mudah menemukan dokumen yang kamu perlukan.
Folder khusus dapat kamu temukan di toko buku terdekat. Paling bagus beli yang ukurannya besar agar dapat menampung banyak dokumen dalam satu tempat.
Sediakan kotak pensil
Kotak pensil ini bentuknya bisa apa saja, sesuai dengan selera. Paling bagus apabila berbentuk setengah kotak yang bisa memperlihatkan isinya, jadi kamu akan tahu bendamu yang hilang atau tidak.
Kotak pensil mampu membuat meja kerjamu lebih rapi, terutama jika sebelumnya kamu sering meletakkan alat-alat tulismu asal-asalan, yang akhirnya membuat alat-alat tulismu pun menghilang. Padahal alat tulis itu baru saja dibeli. Pasti kamu akan cukup kesal. Walaupun harganya murah, tapi tetap saja membuat pengeluaranmu boros karena terus-menerus membeli alat tulis.
Ketika kamu meletakkan benda-benda milikmu lebih terorganisir, kamu pun tidak akan pernah kehilangannya, kecuali jika ada orang yang diam-diam mengambil. Kalau perlu diberi tag namamu.
Sediakan tempat sampah sendiri
Walaupun di ruangan kerjamu ada tempat sampah, tidak ada salahnya kamu menyediakan tempat sampah mini di dekat meja kerjamu. Kehadiran tempat sampah ini membuat kegiatanmu jadi lebih efisien. Ketika ingin membuang sampah, kamu tinggal membuangnya di tempat sampah yang ada di dekatmu.
Biasanya ada office boy yang akan membersihkan tempat sampah setiap hari. Jika tidak ada, kamu jangan malas membuang sampah-sampah itu ketika mau pulang.
Sediakan tisu
Tisu dapat kamu manfaatkan untuk membersihkan apa pun, salah satunya adalah membersihkan meja. Akhirnya kamu jadi tidak perlu sering-sering membersihkan mejamu, terlebih jika kamu tidak memiliki waktu yang banyak.
Terkadang kamu sering makan di atas mejamu, dan menyisakan bekas makanan. Ada juga yang tidak sengaja menumpahkan minuman kopinya. Di saat-saat seperti itu, tisu akan sangat berguna untuk membersihkan secara singkat.
Namun, gunakan tisu secukupnya saja untuk menjaga lingkungan di sekitarmu.
Letakkan benda favoritmu di atas meja
Hal ini hanya sekadar saran. Tujuannya agar meja kerjamu jadi terlihat lebih asyik dan kamu pun lebih betah bekerja di atasnya. Benda favorit itu bisa apa saja. Bisa action figure, bisa foto-fotoo yang kamu senangi, bisa post it yang berisi kata-kata penyemangat, dan masih banyak lagi.
Atau kamu dapat menambah ornamen lain seperti misalnya vas bunga, lampu kecil, pokoknya ini terserah kamu. Jangan ragu berekreasi untuk mejamu sendiri.
Jangan lupa menjaga kebersihan di mejamu sendiri. Kalau tidak mendesak, jangan makan atau membawa kopi di mejamu. Biasanya meja kerja kotor karena kedua hal itu.
Agar senantiasa bersih, kamu sebaiknya meletakkan benda-benda milikmu ke tempatnya semula. Lalu, langsung membuang benda-benda yang tidak digunakan lagi. Ini adalah cara yang paling mudah dan bisa kamu praktekkan. Jadi, kamu tidak perlu sering-sering membongkar, lalu mengatur isi mejamu.