Banking

Cara Mentransfer Uang ke Luar Negeri dengan Mudah dan Murah

Cara mentransfer uang
Cara mentransfer uang

Ajaib.co.id – Di era digital ini, aktivitas perbankan antar negara memang semakin padat karena makin maraknya aktivitas masyarakat yang bersifat global, seperti bersekolah dan bekerja di luar negeri, maupun aktivitas belanja dan investasi online. Agar semua berjalan lancar, maka kamu perlu mengetahui cara mentransfer uang ke luar negeri yang mudah dilakukan.

Walaupun kini mayoritas bank sudah berupaya memudahkan transfer uang secara online dengan menyediakan aplikasinya, mentransfer uang ke luar negeri tetap saja sulit terlaksana tanpa kehadiran provider pengirim uang sebagai pihak ketiga. Di titik inilah aplikasi transfer uang menjadi solusi cara transfer uang ke luar negeri yang efisien dan efektif.

Aplikasi transfer uang menyediakan kemudahan pengiriman uang ke berbagai negara di seluruh dunia dengan menggunakan berbagai mata uang, tanpa kendala. Salah satu kendala dalam melakukan transfer uang ke rekening di luar negeri adalah tarif yang dibayarkan. Tentu akan repot setiap mau mengirim uang harus mengeluarkan budget lebih.

Kini tak perlu khawatir sebab ada sederet aplikasi yang membantu kamu untuk transfer uang keluar negeri tanpa perlu khawatir biaya yang tinggi. Kamu tinggal memakai aplikasi, masukkan jumlahnya dan langsung masuk ke proses pengiriman uang ke rekening bank di luar negeri.

Rekomendasi Aplikasi Transfer Uang Terbaik

Seperti dikutip dari Tech Radar pada akhir Mei 2020 lalu, meskipun tak sedikit pemain baru potensial bermunculan dalam industri ini, faktanya pemain lama ternyata sangat update. Tentunya hal ini akan berhasil menjadikan layanannya tetap terdepan. Berikut ini adalah deretan aplikasi transfer uang terbaik yang bisa kamu andalkan:

1. Western Union

Dengan nama besar terpercaya dalam dunia pengiriman uang internasional, aplikasi Western Union menjadi layanan mobile payment handal penuh kenyamanan. Ada beberapa keunggulan yang ditawarkan seperti shortcut yang mudah dioperasikan, tersedia berbagai metode pembayaran dan transaksi yang bisa dilacak.

Kemungkinan besar Western Union adalah salah satu brand yang pertama muncul dalam benakmu saat kamu berpikir tentang cara mentransfer uang ke luar negeri. Western Union tampaknya menyadari sepenuhnya bahwa kemudahan untuk mentransfer beberapa jumlah uang adalah yang utama.

Maka dari itu, kamu tak perlu lagi repot memasukkan banyak data untuk melakukan proses transfer. Bahkan jika smartphone kamu punya fitur Touch ID, kamu bisa melakukan transaksi dengan satu tekan jempol.

Pilihan pembayaran langsung dari rekening bank, via kartu atau cash akan menambah faktor kenyamanan, begitu pun integrasinya Aplikasi ini juga bisa melacak proses transfer uang, yaitu dengan semudah memasukkan nomor pelacakan (MTCN), guna melihat kapan transferan itu diproses, dikumpulkan dan diselesaikan. Western Union memungkinkan penggunanya untuk mentransfer hingga maksimal USD500 (£376) untuk tiap tarif jasa USD5 (£4).

2. PayPal

Setiap Milenial yang punya urusan transaksi lintas negara, pasti punya rekening PayPal. Brand yang satu ini terasa seolah telah merajai industri e-payment global. Beberapa keunggulannya antara lain limit nilai transfer yang leluasa serta metode yang sederhana dalam menentukan penerima. Sementara ada kekurangannya yakni dikenakan biaya transfer kartu debit.

Pengakuisisian PayPal terhadap aplikasi transfer uang Venmo menunjukkan bahwa PayPal masih punya pekerjaan untuk menjadi aplikasi transfer peer-to-peer yang populer. Venmo jelas-jelas memposisikan brand-nya untuk target market yang lebih muda, sementara PayPal tetap bernuansa korporat.

Tingkat pengamanannya yang ketat seperti proses untuk memasukkan password setiap kali kamu membuka aplikasi, semakin menekankan warisan bisnisnya yang memprioritaskan keamanan daripada kenyamanan. Aplikasi transfer uang PayPal memenuhi standar kecepatan, namun pemberlakuan biaya transfer kartu debitnya akan mengecewakan saat melakukan transfer domestik dalam negeri.

Kekurangan ini dikompensasi dengan limit nilai transfer yang leluasa, dimana untuk transaksi individual saja bisa sampai USD10.000 (£7.500). Wow! Kemudahan prosedurnya juga jadi unggulan.

Kamu hanya  cukup memasukkan alamat email atau nomor telepon untuk melakukan transfer. Tapi jika kebutuhanmu hanyalah transfer lokal kilat dalam negeri, lebih bijak jika kamu memilih sister company dari Paypal yaitu Venmo.

3. TransferWise

TransferWise adalah layanan pengiriman uang internasional yang dipercaya ≥ 7.000.000 pelanggan di seluruh dunia! Hebatnya aplikasi transfer uang TransferWise mendapatkan rating tinggi di Apple App Store (4,7/5 stars dari 19.300) dan Google’s Play Store (4.4/5 stars dari 80.000).

Menurut para pelanggan, aplikasi TransferWise merupakan alat yang sangat bernilai bagi siapapun yang hendak melakukan transfer uang ke luar negeri dalam beberapa jenis mata uang. Umumnya si penerima akan menerima uang transferan dalam 1 sampai 2 hari.

TransferWise dianggap inovatif karena mereka berfokus untuk menjadikan layanannya lebih terjangkau dibanding bank apalagi lewat caranya untuk menjadikan ongkos transfer lebih murah dan transparan. Terlebih lagi, TransferWise mengkonversi nilai tukar mata uang dengan standar pasar masyarakat menengah.

Dengan kata lain, tidak ada proses mark-up pada nilai tukar mata uang. Saat ini TransferWise memberikan layanan pengiriman uang ke 71 negara, menerima kiriman uang dari 43 negara, dengan ≥1000 rute (kombinasi negara) dan 57 jenis mata uang, serta 1 metode transfer antar bank. Untuk beberapa mata uang, kamu juga bisa membayar dengan kartu kredit, atau menggunakan pilihan transfer SOFORT.

Layanan cepat, customer service handal, kemudahaan penggunaan perdana, dan review memuaskan dari konsumen memasukkan TransferWise ke dalam shortlist cara mentransfer uang ke luar negeri terbaik. Meskipun tergolong pemain baru karena baru beroperasi sejak 2011, TransferWise telah berkembang sangat pesat dan membawa disrupsi yang memicu revolusi di industri pengiriman uang global.

Kompetisi Berat Pilihan-pilihan Potensial

Seperti telah disebutkan di atas, industri pengiriman uang menarik banyak pemain baru yang umumnya potensial dan inovatif, meski terkadang masih ada sedikit kelemahan di sana-sini. Tren ini pun akan terus berlaku ke depan, seiring terus meningkatnya kebutuhan transaksi global di era disrupsi teknologi digital.

Sekarang tak perlu repot dan khawatir karena kamu sudah mengetahui cara mentransfer uang ke luar negeri yang efisien dan efektif. Pilih juga platform investasi yang efisien dan efektif serta berintegritas seperti Ajaib, yang memungkinkan investasi saham dan reksa dana sekaligus dalam 1 aplikasi, biaya beli saham s/d 50% lebih murah, dan daftar 100% online tanpa biaya minimum.

Ajaib adalah pilihan super smart bagi investor Milenial karena terdaftar resmi dan diawasi oleh OJK juga IDX, serta mendapat penghargaan dari Asia Forbes, Fintech New Singapore, Dunia Fintech dan Top 10 Startups from Y Combinators TechCrunch.

Artikel Terkait