Cara Menghasilkan & Menyimpan Uang Lewat Volatilitas

Cara Menghasilkan & Menyimpan Uang Lewat Volatilitas
Cara Menghasilkan & Menyimpan Uang Lewat Volatilitas

Volatilitas mengacu pada frekuensi dan tingkat keparahan yang dengannya harga pasar suatu investasi berfluktuasi (naik-turun). Studi psikologis tertentu telah menunjukkan bahwa investor secara keseluruhan paling bahagia ketika volatilitas terendah, bahkan jika itu berarti menghasilkan lebih sedikit uang dari waktu ke waktu.

Harga Pasar

Obsesi irasional terhadap harga pasar ini hanya memanifestasikan dirinya dalam barang-barang seperti saham yang diperdagangkan secara publik, obligasi, reksa dana, dan opsi saham. Lagipula, pernahkah kamu mendengar seorang petani meminta bayaran harian di tanahnya? Seorang penulis lagu menuntut bayaran harian tentang hak cipta-nya? Seorang pemilik usaha kecil terus-menerus membayar perusahaan akuntansi untuk menghitung nilai jual kembali perusahaannya? Tentu saja tidak! 

Namun, ketika memiliki sebuah bisnis, saham, investor yang tidak berpengalaman memperhatikan apa yang dilakukan orang lain setiap hari atau bahkan menit demi menit, menjual ketika saham mereka jatuh dan membeli saat mereka naik; itu adalah sebuah kesalahan.

Situasi ini sangat buruk, penelitian tentang pengembalian reksa dana telah menunjukkan bahwa pada periode ketika dana dasar ditambah pada 9%, 10%, dan 11%, investor individu hanya menikmati pengembalian 2%, 3%, dan 4% karena mereka begitu terguncang oleh volatilitas, mereka terus-menerus membeli dan menjual posisi mereka alih-alih duduk santai dan mendapatkan lebih banyak kepemilikan.

Menghasilkan Uang Dari Volatilitas

Dimungkinkan untuk menghasilkan uang dari volatilitas. Nilai investor berusaha untuk membeli aset ketika tidak ada orang lain yang menginginkannya. Beberapa jenis pedagang opsi menghasilkan keuntungan yang jauh lebih tinggi ketika rasa takut merajalela karena orang bersedia membayar mereka lebih banyak untuk menulis derivatif seperti put options

Bahkan, mungkin adil untuk mengatakan bahwa semakin profesional dan cerdas sebagai seorang investor, volatilitas yang lebih menguntungkan baginya karena dia dapat menggunakannya untuk membeli lebih banyak dari apa yang murah dan menjual lebih banyak dari apa yang mahal. Investor di jurusan minyak dibayar untuk menyerap volatilitas apakah mereka menyadarinya atau tidak, sebagai kelas yang mengalami pengembalian pasar sejak S&P 500 diresmikan kembali pada tahun 1957 tetapi dengan mengorbankan kadang-kadang harus duduk di 50% + kerugian selama 3 , 5, atau 7+ tahun ke depan.

Menyimpan Uang

Untuk investor jangka panjang yang secara teratur menyisihkan uang melalui rencana rata-rata biaya dolar, volatilitas tidak terlalu berarti. Kontribusi reguler bahkan harus keluar dari harga rata-rata yang dibayarkan, selama bertahun-tahun, sehingga menjadi  catatan kaki dalam sejarah kehidupan keuangan kamu. Tapi kebanyakan orang tidak bisa melakukannya. Warren Buffett dan Charlie Munger pernah mengatakan bahwa tidak peduli berapa kali orang mengatakan: akan tetap berpegang pada rencana, pengalaman telah menunjukkan dekade demi dekade, orang-orang tertentu akan menumpuk pada keyakinan yang tidak pasti selama volatitilitas terjadi dan menjual karena tidak dapat membatasi impuls terburuk mereka.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait