Cara Mencari Volume Tabung dengan Mudah

cara mencari volume tabung

Matematika merupakan pelajaran yang paling menyulitkan bagi para pelajar, mulai dari siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau Sekolah Menengah Atas (SMA). Salah satu rumus dalam matematika yang paling sering dijumpai adalah cara mencari volume tabung.

Cara mencari volume tabung pada prinsipnya dalah menghitung luas alas dikali dengan tinggi. Seperti diketahui, tabung memiliki bentuk alas (Bagian bawah) dan tutup (bagian atas) berupa lingkaran.

Pada artikel terdahulu telah dibahas mengenai cara menghitung luas lingkaran. Jadi untuk mendapatkan volume atau isi tabung pertama-tama kita harus menghitung luas alasnya setelah itu tinggal kita kalikan dengan tinggi tabung tersebut. Jadi, kalau ditulis dalam persamaan matematika, bisa di dapatkan seperti berikut.

Rumus Cara Mencari Volume Tabung

Luas Alas = Luas Lingkaran

Luas Alas = phi x r2

Dimana:

phi (π) = 22/7 atau 3,14

r = jari – jari

Maka Rumus Volume Tabung:

Volume = phi x r2 x tinggi

Sekedar gambaran, kita review lagi sedikit soal luas lingkaran. Phi (π) adalah konstanta atau nilai tetap yang nilainya sebesar sekitar 3,14159 atau 22/7. Jadi volume silinder akan tergantung pada besar jari-jari atau diameter, dan tinggi tabung. Supaya lebih jelas, kita akan terapkan rumus menghitung silinder pada beberapa contoh soal berikut.

Contoh Soal Pertama

Seorang penjual minyak memiliki sebuah drum berbentuk tabung yang ia gunakan untuk menyimpan minyak dagangannya. Jari-jari alas yang dimiliki drum itu adalah 70cm dan memiliki tinggi 100m. Berapa liter minyak yang dapat ditampung dalam drum tersebut?

Jawab :

V = π x r2 x t

V = x 702 x 100

V = 1.540.000 cm3 = 1. 540 dm3 = 1.540 liter

Jadi dapat disimpulkan bahwa jumlah minyak yang mampu ditampung dalam drum tersebut sebanyak 1.540 liter.

Contoh Soal Kedua

Sebatang besi sepanjang 7 meter mempunyai penampang berbentuk lingkaran dengan diameter 1 cm. Berapa volume batang besi tersebut dalam centimeter kubik? (Petunjuk: volume silinder = pi x radius x radius x tinggi).

Jawab:

Panjang besi              = tinggi silinder yaitu 7 m = 700 cm.

Radius silinder          = setengah kali diameter batang besi yaitu 0,5 cm.

Volume batang besi = (22/7) x 0,5 cm x 0,5 cm x 700 cm = 550 cm³.

Contoh Soal Ketiga

Sebongkah es batu dicetak membentuk silinder dengan ukuran jari-jari silinder dan tebalnya sama yaitu 35 cm. Berapa volume silinder es tersebut? (Petunjuk: volume silinder = pi x radius x radius x tinggi).

Jawab:

Radius                     = jari-jari silinder yaitu 35 cm.

Tinggi silinder        = tebal silinder = 35 cm.

Volume silinder es = (22/7) x 35 cm x 35 cm x 35 cm = 134.750 cm³. Demikianlah penjelasan cara mencari volume tabung. semoga memberikan manfaat bagi kamu dalam memahami pengukuran volume tabung ini.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait