Cara Membuat WhatsApp Bisnis dan Fitur-fiturnya

cara membuat whatsapp bisnis
cara membuat whatsapp bisnis

Sebagai pelaku bisnis, kamu harus tahu bagaimana cara membuat WhatsApp bisnis. Hal tersebut berguna untuk mempermudah komunikasi antara kamu dengan konsumen karena WhatsApp bisnis memiliki berbagai fitur yang sangat berguna.

Awalnya WhatsApp merupakan aplikasi berkirim pesan dengan internet. Melihat potensi tersebut, WhatsApp meluncurkan produk khusus untuk pelaku bisnis. Secara tampilan sama dengan WhatsApp versi reguler, namun memiliki fitur yang berbeda.

Berikut cara membuat WhatsApp bisnis dan cara untuk memaksimalkannya:

Cara Membuat Whatsapp Bisnis

Sama seperti versi reguler. WhatsApp bisnis juga membutuhkan nomor telepon aktif. Pakailah nomor perusahaan yang belum didaftarkan WhatsApp reguler. Namun jika sudah terlanjur, kamu harus memilih salah satu.

Langkah pertama sebagai cara membuat WhatsApp bisnis adalah download dulu aplikasinya di playstore untuk android. Jalankan aplikasi seperti biasa, klik agree and continue untuk melanjutkan. Klik continue dan klik allow.

Sebagai cara membuat WhatsApp bisnis, selanjutnya masukan nomor telepon perusahaan yang sudah kamu siapkan. Lalu kamu akan menerima sms berisi kode verifikasi. Biasanya sistem akan otomatis mengenalinya dan kamu bisa ke tahap selanjutnya.

Selanjutnya, kamu mengisi nama bisnis dan selesai. Koreksi dan pastikan semua tidak ada salah ketik, karena nama tersebut tidak bisa dirubah lagi. Itulah cara membuat WhatsApp bisnis. Sekarang kamu bisa menggunakannya untuk berkomunikasi dengan konsumen.

Merubah Profil Dari Bisnismu

Sebagai tambahan tentang cara membuat WhatsApp bisnis. Profil bisnis bisa kamu ganti, namun hanya alamat, kategori, jam buka tutup bisnis dan alamat website saja. Untuk merubah profil bisnis kamu, pergilah ke menu settings lalu klik business settings.

Lalu silahkan diganti bagian mana saja yang ingin kamu ganti. Lokasi kantor, foto, kategori, alamat website dan deskripsi, bisa kamu ganti. Jika dirasa sudah semua, klik tombol save pada kanan atas untuk menyimpan perubahannya.

Melihat Data Statistik Pesan

Statistik pesan adalah fitur WhatsApp bisnis, untuk melihat seberapa banyak pesan yang kamu terima dan pesan yang kamu kirim ke konsumen. Fitur tersebut dapat kamu akses dengan klik settings dan klik statistic.

Menggunakan Fitur Away Message

Away message adalah fitur untuk membantu kamu tetap membalas otomatis chat konsumen saat kamu sedang sibuk atau toko kamu sedang tutup. Untuk mengaksesnya klik settings dan pilih away message.

Fitur Greeting Message

Greeting message adalah fitur yang akan mengirim pesan otomatis setelah 14 hari kepada konsumen yang sudah tidak ada komunikasi lagi. Untuk menggunakannya, klik settings lalu business settings dan greeting message.

Pastikan tombol ke On. lalu ketikkan kata sambutan atau promo. Tulis dengan kalimat sebaik dan seramah mungkin agar konsumen tidak merasa terganggu. Setelah itu, lalu klik save untuk menyimpan perubahan tersebut.

Fitur Quick Replies

Fitur quick replies memungkinkan kamu bisa membalas chat masuk dengan cepat, yang dipicu oleh kata kunci tertentu. Dengan fitur ini memungkinkan kamu menghemat waktu untuk membalas chat yang masuk satu persatu.

Untuk mengaktifkannya kamu tinggal ke settings, business settings dan klik quick replies. Klik tombol hijau bulat di kanan bawah untuk membuat jawaban cepatnya. Dengan begitu, jika ada pelanggan meminta nomor rekening, kamu tinggal tulis kata kuncinya.

Itulah cara membuat WhatsApp bisnis dan berbagai fitur yang bisa kamu gunakan untuk mempermudah kamu menjalankan bisnismu.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait