Bisnis & Kerja Sampingan

Cara Membuat Proposal Bisnis yang Bikin Investor Tertarik

Ajaib.co.id – Proposal bisnis merupakan suatu berkas dokumen bisnis. Biasanya dokumen ini ditujukan untuk permohonan atau ajakan kerja sama bisnis. Pebisnis membuat proposal bisnis sebagai salah satu cara mendapatkan investor baru bagi bisnis yang sedang dijalani atau akan dikembangkannya.

Dalam mengelola sebuah bisnis, ada saatnya pebisnis membutuhkan pihak ketiga untuk memberikan bantuan dalam mengembangkan usahamu. Biasanya, pihak ketiga memiliki peran dalam hal permodalan atau suntikan dana bagi usaha kamu. Namun pihak ketiga ini tidak mudah memberikan pinjaman kepada pihak lain.

Saat ini, sebagian besar pebisnis menghindari bank untuk meminjam atau mendapatkan modal. Pebisnis lebih suka menarik investor dibanding pergi ke bank. Oleh karena itu, kamu memerlukan media untuk menggambarkan bisnismu. Salah satunya adalah membuat proposal bisnis.

Proposal bisnis berfungsi untuk menjelaskan keuntungan yang bisa kamu tawarkan kepada investor. Hal itu dilakukan agar mereka tertarik untuk menanamkan modalnya di bisnis kamu.

Cara Membuat Proposal Bisnis

Bagi kamu yang ingin menarik investor, berikut ini adalah cara membuat proposal bisnis yang harus kamu ketahui.

#1 Membuat Bab Pendahuluan

Bab pendahuluan sangat penting bagi investor agar mengetahui latar belakang bisnis atau usaha yang kamu jalani. Dalam bab pendahuluan, kamu juga harus menjelaskan visi dan misi perusahaan atau bisnismu. Kemudian, menggambarkan target yang akan diraih oleh bisnis kamu.

Kamu juga harus meyakinkan investor jika modalnya tidak akan hilang atau mengalami kerugian.

#2 Membuat Profil Usaha

Profil usaha juga menjadi bagian yang paling penting dalam proposal bisnis. Sebab, pandangan pertama mengenai bisnismu akan diketahui. Kamu bisa menjelaskan sejarah berdirinya bisnis, visi dan misi, jumlah karyawan atau pekerja, tingkat pendidikan, keahlian dan kemampuan karyawan, sistem produksi, dan lainnya.

Jika bisnis atau usahamu memiliki cabang, jelaskan secara singkat mengenai profil usaha cabang tersebut untuk bahan pertimbangan dari kredibilitas usaha yang kamu ajukan.

#3 Buat Struktur Organisasi Perusahaan

Setiap perusahaan tentunya memiliki struktur organisasi atau tim yang menjalankan perusahaanmu. Jika perusahaanmu memiliki sistem manajerial dan organisasi, kamu bisa menyebutkan nama pemilik perusahaan, nama manajer, HRD, dan lainnya.

#4 Tulis Produk Bisnismu

Produk yang dijelaskan adalah barang atau jasa. Ketika kamu menjelaskan produk perusahaan, pastikan juga sudah menulis jenis produknya, pembuatan produk, dan keunggulannya.

Para investor biasanya ingin mengetahui bagaimana proses pembuatan dan kelebihan dari produk tersebut.

#5 Jelaskan Target Pasar

Dalam pembuatan proposal bisnis, target pasar merupakan elemen yang paling penting. Investor akan mengetahui siapa target pasarmu.

Target pasar sendiri bisa dikategorikan mulai dari pekerjaan, usia, dan kota. Kemudian, bisa dikategorikan dari menengah ke bawah dan ke atas. Hal ini tentunya akan menjadi nilai tambah bagi proposal kamu.

#6 Membuat Laporan Keuangan

Kamu perlu membuat alokasi dana yang dibutuhkan. Buatlah juga skema perhitungan laba yang akan diraih. Selain itu, kamu juga harus membuat sistem perhitungan bagi hasil dari perusahaan.

Dengan sistem tersebut, investor akan mengetahui berapa dana atau modal yang akan dikeluarkan, serta jumlah keuntungan yang akan didapatkan.

#7 Membuat Penutup

Pastikan kamu telah membuat bagian penutup proposal dengan kata-kata yang tepat. Kata-kata tersebut dapat meyakinkan investor agar memberikan dana. Jangan lupa mengucapkan terima kasih karena sudah membaca proposal kamu.

#8 Sisipkan Lampiran

Selain membuat proposal yang menarik, kamu juga harus melampirkan keterangan lainnya. Kamu bisa melampirkan biodata atau identitas pemilik perusahaan, Surat Izin Usaha, serta sertifikat usaha atau pelatihan yang pernah kamu ikuti.

Panduan Membuat Proposal Usaha

Jika kamu ingin membuat proposal usaha. Di bawah ini Ajaib akan memberikan beberapa panduan yang bisa kamu perhatikan.

#1 Buatlah seringkas mungkin

Dalam membuat proposal usaha, asumsikan bahwa yang membaca proposal kamu adalah seseorang yang super sibuk. Sehingga, mereka tidak akan menyia-nyiakan waktu berjam-jam hanya untuk membaca proposal bisnis kamu dengan jumlah yang berlembar-lembar.

Agar proposal kamu dibaca oleh mereka, pastikan kamu membuat business plan yang simpel namun mencakup semua isi yang diperlukan. Pastikan juga kamu menuliskannya berupa poin-poin, sehingga lebih mudah dibaca dan dipahami.

#2 Fokus pada hal yang membuat bisnismu berbeda

Kamu pasti sepakat bahwa menuliskan ide ke dalam tulisan bukan hal yang mudah. Tidak sedikit proposal usaha yang gagal bukan karena tidak baik, tapi karena tidak menarik di mata investor. Daripada membuat mereka bingung dengan bahasa dan aspek teknis dari ide bisnis kamu, cobalah kamu fokus pada keunggulan dan perbedaan yang bisa kamu bawa dalam bisnis tersebut.

#3 Pahami big picture bisnis dan kuasai detail

Hal penting dalam sebuah rencana bisnis adalah rencana bisnis. Dalam jangka panjang, proposal usaha kamu membutuhkan perbaikan berkelanjutan. Kamu hanya perlu memberikan aspek teknis yang krusial dan selalu prioritaskan pembaca business plan memahami gambaran besar dari ide bisnismu.

#4 Lakukan semua sesuai kemampuan

Ketika kamu melihat karya proposal bisnis mahasiswa maupun calon pengusaha muda, tidak sedikit ide yang mereka tuangkan memiliki aroma futuristik yang kuat. Seolah membuat bisnis seperti sedang merancang alat untuk masa depan. Padahal bisnis pada dasarnya simpel, bagaimana cara menghasilkan uang kan? Jadi, ketika kamu ingin membuat business plan, hindari untuk terlalu berangan-angan jauh dengan bisnis yang hendak kamu ciptakan, mulailah dulu dari kapasitas dan kapabilitas yang kamu mampu saat ini.

Contoh Proposal Bisnis

Nama Perusahaan: PT Ubi Bola Manis
Visi: Menjadikan ubi sebagai makanan populer uang dikemas secata menarik di kalangan masyarakat
Tujuan utama: Mensosialisasikan produk makanan berbahan dasar ubi kepada masyarakat dalam bentuk dan packaging yang menarik, serta mampu menjalankan bisnis sekaligus membantu para petani untuk memasarkan ubi khas Indonesia
Latar Belakang
a. Konsumen ubi “sepi peminat”
b. Banyak masyarakat yang kurang mengetahui bahwa ubi bisa dijadikan sebagai makanan pokok pengganti beras dan memiliki rasa yang enak.
c. Banyak petani ubi yang belum maksimal memasarkan ubi hasil panennya
Survei Pasar
Analisis calon pembeli: Toko Ubi Bandung Manis dibuat dengan segmentasi seluruh lapisan masyarakat dari anak-anak hingga orang dewasa. Tempat ini cocok digunakan sebagai tempat berkumpul bersama keluarga, teman, dan rekan kerja.
Kebutuhan masyarakat yang terpenuhi: Kebutuhan makanan akan sumber karbohidrat. Selain hidangan nasi dan lauk, ubi juga bisa disajikan dengan lauk dan dapat menggantikan kebutuhan makanan berat. Selain itu, masyarakat Indonesia juga memiliki kebutuhan akan camilan yang dapat dipenuhi dengan komposisi ubi sebagai dessert.
Peluang Bisnis
Peluang Produk Ubi BandungManis: Ketertarikan pada sarana pra sarana kedai dan produk bercita rasa pemenuhan dessert dan makanan berat berbasis ubi.
Lokasi Kedai Ubi Bandung Manis: Pusat kota Bandung, alasan: strategis, masyarakat Bandung cinta kuliner fresh dan unik.
Tren masyarakat hari ini:
a. Berfoto “Selfie”
b. Tren untuk mengupload foto di media sosial
c. Tren untuk menginformasikan aktivitas pribadi di media sosial
d. Tren untuk menginformasikan “lokasi saat ini” di media sosial
Perubahan Gaya hidup
a. Masyarakat Indonesia lebih cenderung makan di luar rumah
b. Masyarakat cenderung mencari hal praktis/cepat saji
c. Masyarakat semakin memerhatikan gizi setiap makanan: pola hidup sehat
Rumusan Masalah
a. Mencari sumber lahan
b. produksi ubi
c. Distribusi bahan tempat pembuatan Ubi Bandung Manis
d. Sistem produksi bahan baku ubi manis pada lahan mandiri
e. Lokasi kedai di tengah kota sehingga jarak distribusi bahan baku dari lahan produksi terbilang jauh
Solusi Permasalahan
a. Bekerja sama dengan petani ubi untuk membantu memproduksi bahan baku ubi manis
b. Pengembangan dilakukan dengan menambah lahan milik sendiri, juga mempekerjakan orang baru untuk bekerja (membuka lapangan pekerjaan)
c. Menyiapkan distributor yang optimal
Deskripsi Bisnis
Ubi Bandung Manis merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang makanan berbahan dasar ubi yang disajikan dalam berbagai rasa yang unik dan pas di lidah orang Indonesia.
Cita rasa manis diwakilkan oleh ubi yang diberi saus bermacam rasa: vanilla, cokelat, green tea, keju, tiramisu, taro, susu, dan juga saus buah. Cita rasa asin diwakilkan oleh ubi itu sendiri, yaitu produk ubi rebus yang diberi bumbu cita rasa khas Indonesia seperti bumbu rendang, opor, dan gulai.
Dengan produk tersebut, diharapkan nilai jual ubi meningkat, seiring kebermanfaatannya menjadi bahan makanan pokok alternatif selain nasi.
Produk
Manis: Vanilla, Oreo, Green tea, Cokelat, Tiramisu, Cappuchino, Red velvet, Taro, Aneka rasa buah, Es krim, Yogurt, Keju
Asin: Saus padang Saus bolognese, Saus tiram, Saus asam manis, Cabe hijau, rendang, opor, kari ayam, baso, soto,
Keunikan Ubi Bandung Manis
Menunggu hidangan disajikan: Pelanggan diberikan fasilitas bermain di mejanya masing-masing. Terdapat papan ular tangga, monopoli, kartu uno di meja.
Tujuannya: memberikan rasa nyaman ketika harus menunggu. Ini juga bisa meningkatkan interaksi pengunjung dengan orang yang mereka ajak datang, dibanding hanya dihabiskan dengan gadget.
Sistem penjualan: Kedai dibuat seperti prasmanan khusus untuk memilih topping atau pilihan bumbu, apakah pembeli akan memilih rasa asin atau manis.
Desain Kedai Kedai: dibuat dengan nuansa “localized” yang mengandung unsur kota Bandungkuno, cat tembok dihiasi dengan gambar-gambar akar ubi, kursi-kursi terbuat dari kayu-kayu batang pohon, pintu masuk dihias dengan ungu-cokelat sesuai dengan ubi dan kota Bandung itu sendiri.
Jasa Event Organizer: Pembeli yang berulang tahun dan mengunjungi toko bisa mendapat hidangan gratis dan surprise dari karyawan. Namun, mereka harus menunjukkan foto copy KTP.
Kesimpulan
Bisnis makanan dari bahan baku ubi ini diprediksi dapat memperoleh keuntungan. Masyarakat semakin termotivasi untuk mencari makanan lain di luar nasi sebagai makanan pokok sumber karbohidrat.

Itulah beberapa hal terkait proposal bisnis yang bisa kamu gunakan untuk membuka usaha. Dengan contoh proposal usaha makanan Ubi Bandung Manis di atas, diharapkan kamu bisa membuat bisnis plan yang baik.

Artikel Terkait