Cara Membuat Caption yang Bagus untuk Instagram

caption yang bagus
caption yang bagus

Jika kamu masih bingung bagaimana membuat caption yang bagus, berikut redaksi Ajaib berikan cara terbaik dalam memberikan caption

Instagram menjadi salah satu media sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat, terutama kalangan anak muda.

Setelah diakuisisi oleh Facebook, Instagram menghadirkan berbagai fitur yang membuat penggunanya nyaman menggunakan media sosial ini.

Selain menghasilkan foto dan video, kamu juga harus mengunggahnya dengan penggunaan caption yang bagus. Hal ini dilakukan agar Instagram kamu terlihat lebih menarik.

Kamu bisa memberikan caption yang bagus atau tulisan menarik untuk mengajak followers Instagrammu agar memberikan “like”.

Jika kamu masih bingung bagaimana membuat caption yang bagus, berikut ini adalah cara dan tips untuk membuat Instagrammu lebih menarik:

Membuat Caption yang Punya Makna

Saat kamu menuliskan keterangan pada foto dan video, pikirkan kembali mengenai tujuan atau makna dibalik unggahan tersebut.

Apakah kamu ingin berinteraksi dengan followers dari caption tersebut? Atau kamu ingin berbagi cerita kepada followers?

Maka dari itu, kamu harus mengetahui dan memikirkan alasan utama mengapa membuat unggahan tersebut. Hal itu adalah langkah awal untuk menciptakan deskripsi foto yang menarik.

Menarik Respon dari Followers

Kamu juga bisa membuat caption yang dapat menarik respon atau diskusi percakapan dari followers. Misalnya, kamu bisa menulis caption “Aku suka minum cafe latte saat nongkrong di coffee shop. Kalau minuman favoritmu apa?”.

Kamu bisa menggunakan pertanyaan yang terbuka, seperti memancing respon dari pertanyaan “iya” atau “tidak”.

Mengajak Followers untuk Melakukan Tindakan

Selain cara di atas, kamu juga bisa mengajak followers untuk melakukan sebuah tindakan. Misalnya, kamu bisa mengajak mereka untuk membaca tulisan terbarumu di blog atau menjawab sebuah pertanyaan.

Meskipun begitu, kamu jangan terlalu sering mengajak mereka untuk melakukan sesuatu, karena mereka akan merasa bosan.

Punya Nilai Lebih

Kamu bisa menggunakan keterangan foto untuk memberikan informasi, inspirasi, dan mengundang tawa. Dengan memberi nilai lebih, kamu akan mendorong mereka untuk memberi feedback.

Memikirkan Orang Lain

Cara paling tepat untuk mendapat respon dari followers kamu adalah membayangkan diri kamu ketika berada di posisi mereka.

Kamu bisa memberikan pertanyaan, seperti apakah followers saya akan peduli? Kemudian, apa yang akan saya pikirkan jika unggahan ini memiliki keterangan yang dapat merefleksikan diri?

Jadilah Diri Sendiri

Hindarilah keinginan untuk terlihat bersaing atau menonjol di Instagram. Kamu bisa menjadi diri sendiri atau membuat unggahan yang menggambarkan dirimu sendiri.

Membuat Cerita di dalam Unggahan

Salah satu cara terbaik yang bisa kamu lakukan adalah mendorong keterlibatan atau respon dengan bercerita di Instagrammu.

Kamu bisa berbagi tentang tantangan atau cerita yang berkaitan dengan kehidupan followers. Dengan bercerita, kamu akan menunjukkan kepribadian atau menciptakan sebuah hubungan yang lebih nyata dengan mereka.

Itulah cara membuat caption yang bagus agar Instagram kamu terlihat lebih menarik. Setiap foto atau video yang kamu unggah, dapat memberikan dampak positif bagi followers jika kamu membuat caption yang menginspirasi.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait