Bisnis 2019 yang Sedang Booming & Siap Hadapi Tantangan di 2020

Bisnis 2019 yang Sedang Booming & Siap Hadapi Tantangan di 2020

Bisnis 2019 yang booming menjadi salah satu sakral yang sering terdengar di telinga pebisnis dan investor. Startup merupakan bisnis baru didirikan dan masih berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat. Namun, bisnis inilah yang sering dicari dan diminati banyak investor. Analisa bisnis di tahun 2017 yang sudah menunjukkan gejala peningkatan minat pada sektor entrepreneurship menggiring tren bisnis 2019 booming dengan menjamurnya startup.

Alasan Startup Diminati Pebisnis & Investor

Setidaknya terdapat 5 (lima) alasan mengapa startup menjadi begitu sexy dan menarik di mata pebisnis dan investor yaitu:

  • Tingginya jumlah pengguna internet
  • Banyaknya masalah sosial
  • Dukungan pemerintah
  • Tidak butuh banyak orang (ataupun lahan luas)
  • Punya dampak luas bagi masyarakat

Analisa Fenomena Bisnis Startup 2019 di Dunia

Tren bisnis startup terjadi di Amerika, India, Inggris, Kanada dan Indonesia. Ya, Indonesia merupakan negara di Asia yang mengalami tingkat pertumbuhan startup tertinggi. Analis bisnis di negara-negara maju sudah melakukan pengamatan (overview) pada bisnis startup. Penelitian dan reportase yang dilakukan oleh Inc. data scientist dan Startup Genome research directorArnobio Morelix menunjukkan bahwa 83% index pertumbuhan bisnis startup di kwartal 4 tahun 2018 relatif stabil saat dibandingkan dengan 3 bulan sebelumnya.

Tapi stabilitas itu tidak sepenuhnya mensinyalkan hal yang positif. Saat bisnis besar di Amerika melaju bersama pasar saham ke tingkat yang lebih tinggi, bisnis-bisnis kecil tampaknya mulai memasuki tahap awal kemerosotan. Hal ini dapat mengakibatkan kemandekan ekonomi karena para entrepreneur adalah garda depan penciptaan lapangan kerja dan upah kerja. Perusahaan-perusahaan pemula tidak tumbuh sepesat sebelumnya, dan tingkat pertumbuhannya berada di titik terendah sejak 2010.

Analisa Fenomena Bisnis Startup di Indonesia

Sedangkan di Indonesia, optimisme masih menyertai fenomena bisnis startup yang jumlahnya lebih dari 2000 perusahaan. Ranking popularitas kategorinya adalah startup SaaS (Software-as-a-Service), Fintech, Edtech, Travel, On-Demand Service, dan Marketplace.

Sepanjang 2018, investasi untuk startup unicorn telah mengecilkan jumlah dana untuk startup lain. Menurut Startup Report 2018, pengumuman pendanaan untuk 54 startup non-unicorn pada 2018 mengungkapkan nilai total sekitar $3 miliar, sedangkan hanya untuk 4 unicorn diperkirakan mencapai sekitar $2,5 miliar. Meskipun terasa kecil secara nominal, pendanaan tahun 2018 hampir dua kali lipat tahun sebelumnya.

Potensi dan Tantangannya Bisnis di Tahun 2020

Jumlah penduduk dan pengguna internet yang terus meningkat merupakan jaminan bagi tingginya potensi pertumbuhan startup di Indonesia. Tantangannya adalah dinamika pergeseran minat masyarakat yang semakin cepat. Mungkin produk yang dihasilkan sempat booming dalam beberapa saat, namun kemudian lesu. Rekomendasi 10 ide dan peluang bisnis startup 2020 dari para analis adalah sebagai berikut:

  1. Hiburan
  2. Akses
  3. Layanan Online
  4. Dunia Perempuan
  5. Dunia Anak
  6. Konsultasi Kesehatan
  7. Jasa Penerjemah
  8. Perawatan Hewan
  9. Virtual Augmented Reality
  10. Layanan Pemerintahan
  11. Dunia Pendidikan.

Kiat Bijak BerStartup

Pendiri yang tak kuat mental akan menyerah dan melepaskan perusahaan rintisannya. Pendiri yang kuat pasti akan memutar otak, tidak menyerah, berani gagal, dan mau bangun lagi. Pendiri yang baik akan memimpin timnya untuk terus menciptakan inovasi sesuai minat masyarakat dan melakukan riset pasar secara cermat dan mendalam. Kesalahan paling dasar adalah menciptakan solusi berdasar problem diri sendiri atau teman dekat, di mana mayoritas populasi mungkin tidak menghadapi masalah yang sama.

Jadi, sudah siapkah kamu menjadi bagian dari bisnis startup di Indonesia dan mulai membuka usaha startup di tahun 2020?


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait