Bisnis 2020 Booming Startup, Masih Bergigi Untuk Dapat Cuan

Bisnis 2019 yang Sedang Booming & Siap Hadapi Tantangan di 2020

Awal tahun yang baru kerap dijadikan permulaan untuk banyak rintisan ide bisnis yang dinilai menarik. Salah satu ide usaha yang lama yang masih layak dipertimbangkan adalah startup yang bakal jadi bisnis 2020 booming. Bisnis perusahaan rintisan ini, dalam berbagai bidang, masih dianggap cukup menjanjikan untuk mendulang uang.

Kepercayaan ini tak laih karena adanya bukti sudah banyak pengusaha sukses yang terlahir dari perusahaan sejenis. Nama paling besar mungkin adalah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia Kabinet Indonesia Maju, Nadiem Makarim yang sukses dengan bisnis jasa transportasi online berbasis startup yakni Gojek.

Bisnis startup di Indonesia dinilai masih punya potensi besar. Startup merupakan bisnis baru didirikan dan masih berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat. Namun, bisnis inilah yang sering dicari dan diminati banyak investor. Analisa bisnis di tahun 2017 yang sudah menunjukkan gejala peningkatan minat pada sektor entrepreneurship menggiring tren bisnis 2020 booming dengan menjamurnya startup.

Meski demikian, jenis usahanya maupun strategi bisnis yang diterapkan harus lebih variatif dan efektif. Hal ini karena startup saat ini masih dalam fase bakar uang, sesuatu yang tidak bisa terus menerus dilakukan. Calon pengusaha yang masih bersiap untuk memulai bisnisnya harus mencari akal untuk segera balik modal.

Perputaran uang dalam bisnis adalah hal penting karena itu startup yang sekedar bertahan dari dana investor untuk bisnis jelas tak akan mampu bersain apalagi jadi sumber uang. Karena itulah, tren startup masih akan jadi peluang usaha yang menjanjikan namun dengan banyak catatan di baliknya.

Bisnis 2020 Booming Startup, Terdepan Dengan Pengecualian

Awal tahun 2020 dihebohkan dengan kabar rapper asal Amerika Serikat, Jay Z yang menyuntikkan dana pada bisnis waralaba kopi asal Indonesia, Kopi Kenangan. Perusahaan milik Jay Z dan sejumlah rekannya memberikan modal pada gerai kopi untuk mengembangkan diri lebih jauh lagi. Salam sukses dari merk kopi lokal ini mungkin juga akan diikuti oleh brand lainnya.

Fakta ini mengindikasikan jika tren startup kini juga akan merambah pada bisnis kuliner. Sejumlah sektor yang sebelumnya tak terpikirkan untuk dikembangkan secara online mungkin bisa menjadi peluang bagi startup menjadikannya bisnis 2020 booming dan tentu saja ladang uang.

Sementara itu, keterkaitan antara dunia startup dan dunia digital tak bisa dilepaskan begitu saja. Identiknya ialah startup memberikan sentuhan bisnis online dan pemanfaatan media sosial untuk menjadi inovasi terkini. Hal inilah yang menjadi sebabnya startup begitu digandrungi anak muda baik sebagai pelaku maupun pangsa pasar.

Setidaknya terdapat 5 (lima) alasan mengapa startup menjadi begitu sexy dan menarik di mata pebisnis dan investor yaitu:

  • Tingginya jumlah pengguna internet
  • Banyaknya masalah sosial
  • Dukungan pemerintah
  • Tidak butuh banyak orang (ataupun lahan luas)
  • Punya dampak luas bagi masyarakat

#Analisa Fenomena Bisnis Startup 2019 di Dunia

Tren bisnis startup terjadi di Amerika, India, Inggris, Kanada dan Indonesia. Ya, Indonesia merupakan negara di Asia yang mengalami tingkat pertumbuhan startup tertinggi. Analis bisnis di negara-negara maju sudah melakukan pengamatan (overview) pada bisnis startup. Penelitian dan reportase yang dilakukan oleh Inc. data scientist dan Startup Genome research directorArnobio Morelix menunjukkan bahwa 83% index pertumbuhan bisnis startup di kwartal 4 tahun 2018 relatif stabil saat dibandingkan dengan 3 bulan sebelumnya.

Tapi stabilitas itu tidak sepenuhnya mensinyalkan hal yang positif. Saat bisnis besar di Amerika melaju bersama pasar saham ke tingkat yang lebih tinggi, bisnis-bisnis kecil tampaknya mulai memasuki tahap awal kemerosotan. Hal ini dapat mengakibatkan kemandekan ekonomi karena para entrepreneur adalah garda depan penciptaan lapangan kerja dan upah kerja. Perusahaan-perusahaan pemula tidak tumbuh sepesat sebelumnya, dan tingkat pertumbuhannya berada di titik terendah sejak 2010.

#Analisa Fenomena Bisnis Startup di Indonesia

Sedangkan di Indonesia, optimisme masih menyertai fenomena bisnis startup yang jumlahnya lebih dari 2000 perusahaan. Ranking popularitas kategorinya adalah startup SaaS (Software-as-a-Service), Fintech, Edtech, Travel, On-Demand Service, dan Marketplace.

Sepanjang 2018, investasi untuk startup unicorn telah mengecilkan jumlah dana untuk startup lain. Menurut Startup Report 2018, pengumuman pendanaan untuk 54 startup non-unicorn pada 2018 mengungkapkan nilai total sekitar $3 miliar, sedangkan hanya untuk 4 unicorn diperkirakan mencapai sekitar $2,5 miliar. Meskipun terasa kecil secara nominal, pendanaan tahun 2018 hampir dua kali lipat tahun sebelumnya.

#Potensi dan Tantangan Bisnis 2020 Booming Startup

Jumlah penduduk dan pengguna internet yang terus meningkat merupakan jaminan bagi tingginya potensi pertumbuhan startup di Indonesia. Tantangannya adalah dinamika pergeseran minat masyarakat yang semakin cepat sehingga juga menggeser minat untuk membeli layanan yang ditawarkan startup. Mungkin produk yang dihasilkan sempat booming dalam beberapa saat, namun kemudian lesu. Rekomendasi 10 ide dan peluang bisnis booming startup pada 2020 dari para analis adalah sebagai berikut:

  1. Hiburan
  2. Akses
  3. Layanan Online
  4. Dunia Perempuan
  5. Dunia Anak
  6. Konsultasi Kesehatan
  7. Jasa Penerjemah
  8. Perawatan Hewan
  9. Virtual Augmented Reality
  10. Layanan Pemerintahan
  11. Dunia Pendidikan.

#Kiat Bijak BerStartup

Pendiri yang tak kuat mental akan menyerah dan melepaskan perusahaan rintisannya. Pendiri yang kuat pasti akan memutar otak, tidak menyerah, berani gagal, dan mau bangun lagi. Pendiri yang baik akan memimpin timnya untuk terus menciptakan inovasi sesuai minat masyarakat dan melakukan riset pasar secara cermat dan mendalam. Kesalahan paling dasar adalah menciptakan solusi berdasar problem diri sendiri atau teman dekat, di mana mayoritas populasi mungkin tidak menghadapi masalah yang sama.

#Kiat Membangun Bisnis Startup yang Sukses

Startup mungkin menjadi peluang bisnis 2020 booming yang menjanjikan. Kamu bisa menjadi salah satu pemainnya yang bisa mencicipi manisnya kesuksesan ini. Namun hal ini tak akan bisa diwujudkan jika gagal membangunnnya. Berikut adalah tips sukses membangun startup untuk bisnis terbarumu.

  • Bersiaplah untuk Berkomitmen Jangka Panjang

Banyak orang bermimpi besar tetapi tidak berhasil. Sebuah bisnis bisa jadi lebih banyak atau bahkan jauh lebih banyak menuntut perhatian daripada merawat bayi yang baru lahir.

Tanyakan pada diri sendiri apakah kamu bersedia untuk melakukan hal tersebut dan memberikan segalanya – hati dan jiwa. Memulai bisnis akan membutuhkan berjam-jam kerja keras, berminggu-minggu dan berbulan-bulan tanpa liburan, sangat sedikit waktu untuk keluarga dan teman-teman (pada awalnya), dan kemungkinan rencana kamu akan meningkat seiring waktu.

Tidak ada ruang untuk penundaan dan alasan. Sebelum kamu menginvestasikan waktu dan uang ke dalam sebuah startup, jujurlah ​​dengan diri kamu sendiri, dan pertimbangkan apakah kamu siap untuk melakukannya dalam jangka panjang. Jika kamu sudah merasa yakin dan siap, maka lakukanlah!

  • Memahami Lanskap Investasi

Bagaimana kamu akan mendanai bisnis kamu? Apakah kamu akan mulai secara acak? Apakah kamu punya teman dan keluarga yang bisa berinvestasi? Sudahkah kamu mempertimbangkan kampanye crowdfunding? Mungkin, biaya awal kamu memerlukan investasi malaikat atau usaha, dan kamu sudah menunjukkan daya tarik dari awal.

Jika model bisnis kamu menarik dan menghasilkan sedikit keuntungan, kamu mungkin dapat mengesankan para pemodal ventura. Tetapi menarik investor hanyalah langkah pertama.

Pertimbangkan nilai keseluruhan yang dibawa investor ke meja. Mitra investasi yang kuat akan memberikan keahlian, koneksi, pengembangan keterampilan yang tak ternilai, dan lebih banyak lagi – sebuah penawaran dalam pertukaran untuk ekuitas yang sepadan dengan kontribusi mereka.

  • Pertimbangkan Pembayaran Alternatif, Termasuk Cryptocurrency

Cryptocurrency dapat menjadi keuntungan bagi startup. Dunia tidak diragukan lagi bergerak menuju ekosistem digital, dan pembayaran digital adalah bagian besar dari transisi itu.

Menerima pembayaran crypto dapat membantu bisnis kamu tumbuh dan sukses. Sebagai permulaan, bisnis dapat mengambil manfaat dari biaya transaksi yang rendah bila dibandingkan dengan sistem pembayaran tradisional seperti Visa dan biaya gesekan kartu kredit Mastercard. Pembayaran langsung dan tidak bergantung pada perantara. Ini menghilangkan biaya yang dibebankan bank atau prosesor lainnya.

Sementara itu, pembayaran crypto lebih aman daripada lembaga perbankan tradisional. Bank mendapatkan terlalu banyak data dan menyimpannya, sementara ada lebih banyak privasi dengan mata uang virtual.

Saat transaksi terjadi, hal yang paling kamu ketahui adalah identitas transaksi, sementara pemroses pembayaran cryptocurrency memerlukan nama dan alamat pengiriman kamu. Tidak ada informasi tambahan yang dibagikan kepada siapa pun.

Startup tidak diragukan lagi bisa mendapatkan keuntungan dari transaksi moneter yang aman dan terjamin. Jika kamu tidak terbiasa dengan cryptocurrency seperti Bitcoin, Ether, dan definisi Ripple, teliti bagaimana mata uang digital ini dapat mengubah bisnis kamu. Belajarlah hal ini karena akan sangat menguntungkan bagi jalannya bisnis kamu.

  • Jangan Mengabaikan Kompetisi

Kamu mungkin berpikir kamu telah datang dengan ide inovatif, tetapi dalam semua kemungkinan, sudah ada bisnis mapan yang bekerja di sepanjang garis itu. Bahkan jika kamu beroperasi di industri niche, kamu harus menyadari pesaing kamu.

Teliti kinerja kompetitif, rantai pasokan, pemasaran, dan segala sesuatu yang dapat membantu kamu mengidentifikasi keunggulan kompetitif. Kamu juga akan belajar satu atau dua hal tentang menjalankan bisnis kamu.

Terulah berinovasi dengan produkmu saat ini, karena kamu harus percaya jika banyak perusahaan akan meniru produk atau caramu bekerja dalam waktu yang singkat. Jangan biarkan startupmu mandek dalam satu jalan dan tidak berkembang mengikuti zaman. Terulah berinovasi!

  • Menjadi Kesuksesan Operasional

Seberapa berhasil kamu menangani kebutuhan operasional bisnis kamu akan membuat atau menghancurkan startup kamu. Buat rencana yang hati-hati mengenai rantai pasokan kamu, di mana kamu akan mencari sumber materi kamu, bagaimana kamu akan pergi ke pasar, cara terbaik untuk menjangkau pelanggan potensial, aspek teknis pemasaran termasuk pengembangan situs web dan media sosial, pembayaran, menyimpan catatan dan banyak lainnya aspek operasi sehari-hari.

Berundinglah dengan tim awalmu bagaiamana startupmu akan bekerja dan buatlah visi misi yang dapat diraih dalam jangka waktu 3 tahun. Apa tujuanmu dan bagaimana kamu akan meraih tujuanmu itu.

Kesuksesan operasional startup akan membawa kesuksesan juga pada perusahaan dan akan menjadi keuntungan yang menjanjikan bagi keberlangsungan startupmu sendiri. Jadi, rencanakan sematang mungkin dan se-efktif mungkin. Jangan buang-buang waktu lagi!

Nah itu dia tips-tips yang bisa kami berikan unutk membangun startup kecilmu. Dimulai dari keyakinan diri sendiri untuk bisa memberikan segala-galanya termasuk waktu dan tenagamu untuk dapat menjalankannya. Hingga bagaimana kamu dapat meriah kesuksesan secara finansial maupun internal.

Jadi, sudah siapkah kamu menjadi bagian dari bisnis 2020 booming startup di Indonesia dan mulai membuka usaha tersebut? Pastikan kamu tahu jawabannya dan mengaplikasikannya sesegera mungkin.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait