Ajaib.co.id – Bank Mandiri Bisnis adalah sebuah layanan internet banking yang diluncurkan oleh salah satu bank terbesar milik pemerintah yakni Bank Mandiri. Hadirnya layanan Mandiri Bisnis bisa membantu nasabah ketika ingin melakukan transaksi keuangan menjadi lebih cepat dan mudah untuk dilakukan.
Lantaran, transaksi keuangan yang kamu lakukan lewat Mandiri Bisnis dilakukan secara online. Sehingga, kamu tidak perlu harus bolak-balik ke kantor cabang Bank Mandiri yang dirasa buang-buang waktu dan tenaga saja. Di mana, kamu bisa menyelesaikan setiap transaksi yang kamu lakukan lewat laptop maupun ponsel pintar milikmu tanpa adanya batasan jarak dan waktu.
Cara kerja Mandiri Bisnis sama halnya seperti kamu sedang menggunakan layanan internet banking milik BCA, KlikBCA. Bagi kamu yang sudah menjadi nasabah Bank Mandiri, kamu bisa mengajukan permohonan untuk pembuatan akun Bank Mandiri Bisnis.
Sebab, fasilitas internet banking milik Bank Mandiri ini memang diperuntukkan sebagai fitur tambahan bagi para nasabahnya untuk semakin memudahkan mereka untuk bertransaksi secara cepat dan mudah.
Nasabah yang Bisa Mengajukan Mandiri Bisnis
Nasabah-nasabah yang bisa mengajukan fasilitas internet banking Mandiri Bisnis adalah dari segmen perorangan dan perusahaan khususnya bagi perusahaan kecil hingga menengah. Jadi, nasabah Bank Mandiri yang bisa mengajukan fasilitas Mandiri Internet Bisnis bisa berasal dari perorangan ataupun perusahaan.
Persyaratan dan Dokumen Layanan Mandiri Internet Bisnis
Untuk proses pendaftarannya, nasabah bisa datang ke kantor cabang Bank Mandiri terdekat dari domisilimu. Namun, jangan lupa untuk membawa dokumen-dokumen yang menjadi persyaratan pendaftaran di antaranya:
· KTP, buku tabungan Bank Mandiri (perorangan).
· KTP, buku tabungan Bank Mandiri, dan surat kepemilikan perusahaan, dokumen-dokumen ini wajib disiapkan bagi nasabah perusahaan.
· Setelah itu, nasabah perlu mengisi formulir registrasi aplikasi Mandiri Internet Bisnis.
· Kemudian, bila kamu sudah selesai mendaftar, kamu akan diberikan buku petunjuk mengenai cara penggunaan Mandiri Internet Bisnis dan token.
· Token tersebut bisa kamu ambil setelah 14 hari kerja di kantor cabang Bank Mandiri di mana nasabah mendaftar.
· Nasabah akan dikirimkan company ID, User ID, password first time log in yang akan dikirimkan ke email nasabah yang kamu sudah daftarkan sebelumnya.
· Lalu, untuk bisa melakukan transaksi di Bank Mandiri Bisnis, nasabah bisa mengakses website resmi Mandiri Internet Bisnis.
Langkah-langkah di atas adalah bagaimana cara login internet banking Mandiri Bisnis dan melakukan pendaftaran akun Mandiri Bisnis milikmu langsung di kantor cabang Bank Mandiri.
Pastikan sebelum kamu mengajukan layanan Mandiri Internet Bisnis (MIB), kamu sudah menjadi nasabah Bank Mandiri terlebih dahulu dengan memiliki rekening Mandiri Giro atau Mandiri Tabungan Bisnis.
Untuk pengambilan token di Bank Mandiri di mana kamu mendaftar tidak boleh lebih dari 3 bulan sejak pertama kali nasabah melakukan pendaftaran. Bila lebih dari 3 bulan otomatis pengajuan Mandiri Internet Bisnis yang kamu ajukan akan dibatalkan dengan sendirinya oleh sistem.
Tarif Layanan
Keuntungan bagi kamu pemilik fasilitas Mandiri Internet Bisnis adalah nasabah tidak akan dikenakan biaya bulanan alias gratis. Berikut adalah tarif layanan Mandiri Internet Bisnis selengkapnya:
· Biaya token baru bila rusak atau hilang sebesar Rp100.000.
· Biaya transfer intra gratis untuk tanpa berita dan dengan berita.
· Biaya SKN Rp3.500.
· Biaya RTGS Rp15.000
· Tranksasi online Rp6.500.
· Biaya transfer LN (telex $5, provision 0,125% atau min $5,-, full amount $25).
· Payroll, gratis untuk rekening Bank Mandiri, namun untuk rekening bank lainnya dikenakan biaya Rp2.500.
Cara Mengatasi Mandiri Internet Bisnis Terblokir
Pemilik Mandiri Internet Bisnis seringkali terblokir akibat salah memasukkan password sebanyak 3 kali, namun bila kamu mengalami hal ini tidak usah khawatir.
Mengapa? Sebab, kamu bisa dengan mudah mengurus akun Mandiri Internet Bisnis milikmu yang terblokir tersebut dengan langsung menelpon call center Bank Mandiri di 14000 atau bisa datang ke kantor cabang Bank Mandiri terdekat dari domisilimu.
Namun selama pandemi Covid-19, kamu lebih baik mengurus akun Mandiri Internet Bisnis yang terblokir lewat call center Bank Mandiri di 14000, karena lebih praktis dan tidak perlu menunggu antrean.
Nantinya, kamu hanya perlu menjawab beberapa pertanyaan terkait kepemilikan akunmu tersebut agar bisa dicocokan dengan data nasabah yang dimiliki oleh Bank Mandiri. Guna mengetahui apakah benar kamu adalah nasabah yang bersangkutan atau bukan.
Bagi kamu yang mengalami kehilangan token atau rusak, kamu bisa segera datang ke kantor cabang Bank Mandiri terdekat dengan membawa token milikmu yang rusak tersebut. Biasanya, ketika token Bank Mandiri Bisnis milik nasabah bermasalah, kamu akan melihat tulisan “disable”dan di pojok kiri ada tulisan “lock”.
Kamu bisa datang ke kantor cabang Bank Mandiri terdekat dengan membawa beberapa dokumen di antaranya:
· Buku tabungan.
· Kartu ATM Bank Mandiri.
· KTP.
Dalam proses penggantian token baru milik kamu tersebut, kamu akan dikenakan biaya ganti token sebesar Rp100.000. Namun, bila permasalahan yang muncul di token milikmu bertuliskan “disable” berarti token tersebut baterainya habis. Untuk kasus ini, penggantian baterai saja tidak akan dikenakan biaya alias gratis, kecuali harus benar-benar ganti unit baru kamu akan dikenakan biaya Rp100.000.
Jadi, bagi setiap nasabah yang mengalami kerusakan, kehilangan, ataupun habis baterai. Jangan pernah kamu otak-atik sendiri, sebab token ini berhubungan dengan kode verifikasi keamanan yang menyangkut rekening milikmu di Bank Mandiri. Sehingga, cara terbaik untuk mengatasi masalah tersebut adalah datang langsung ke kantor cabang Bank Mandiri.
Demikianlah bagaimana cara membuat akun di Bank Mandiri Bisnis untuk memudahkanmu bertransaksi keuangan secara online lewat website Mandiri Internet Bisnis. Selain lewat website, kamu juga bisa membuka akun Mandiri Bisnis milikmu di aplikasi yang tersedia di Google Play Store dan App Store.