Investasi, Investor Pemula

Bagaimana Robo Inves Bisa Membantu Investor Pemula

robo inves

Pernah dengan robo inves? Istilah yang biasa dikenal robo advisor ini adalah alat yang mempermudah kamu berinvestasi. Seperti apa? Simak ulasan redaksi Ajaib berikut ini.

Apakah kamu investor baru yang masih merasa tidak percaya diri untuk berinvestasi sendiri? Pastinya masih banyak milenial yang saat ini sudah mulai berpikir soal investasi, namun membutuhkan lebih banyak referensi dan juga saran terkait investasi terbaik yang bisa dijalankan,

Tentunya, menghubungi konsultan finansial bisa menjadi salah satu pilihan. Namun bukan hanya itu saja, saat ini, kemajuan teknologi juga sudah bisa dimanfaatkan sebagai solusi finansial dan investasi. Teknologi robo inves ini dikenal sebagai Robo Advisor.

Apa Itu Robo Inves (Robo Advisor)

Robo Advisor merupakan salah satu fasilitas atau program yang kerap kali digunakan dalam dunia keuangan khususnya investasi. Penggunaannya bisa dibilang belum terlalu populer di tanah air. Namun demikian, jenis fasilitas ini sudah sering digunakan di Amerika Serikat, oleh mereka para individu-individu pelaku investasi.

Perangkat lunak Robo advisor akan membantu calon investor dengan menggunakan algoritma yang telah terprogram padanya. Dengan memproses beragam data berkaitan dengan dunia investasi, Robo advisor akan memberikan layanan weatlh management meliputi:

  • Konsultasi finansial mandiri tanpa bantuan seorang konsultan. Seorang investor akan diminta memasukkan data-data mengenai profil dirinya berkaitan dengan kondisi financial dan investasi.
  • Membuat portofolio investasi yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing investor.

Dalam memberikan rekomendasinya, Robo advisor membuat keputusan semata-mata hanya berdasarkan data yang diinput di dalamnya. Oleh karena itu, investor tidak akan mendapati rekomendasi berkaitan dengan hal-hal yang bersifat pribadi atau melibatkan emosi.

Robo advisor direkomendasikan bagi para investor yang gemar mengelola sendiri investasinya. Atau investor baru yang ingin belajar otodidak cara investasi, namun mengharapkan portfolio investasinya bisa optimal.

Tentu saja, Robo Advisor bukan seseorang yang bisa kamu temui atau bicara pada level emosional. Karena Robo advisor hanya mampu membuat keputusan dan rekomendasi berdasarkan data yang telah diinput dan seluruh rekomendasi yang diberikan berbasis online.

Bagaimanakah Cara Kerja Robo Inves (Robo Advisor)?

Robo Advisor (Robo Inves) merupakan platform digital dengan sepervisi manusia yang sangat kecil bahkan hampir tidak ada. Oleh karenanya, Robo Advisor memiliki cara kerja yang telah terprogram secara baku. Yakni:

  • Mengumpulkan informasi mengenai klien berkaitan dengan keadaan finansial klien bersangkutan. Selain itu juga tujuan atau target yang hendak dicapai melalui investasi yang akan dilakukan.
  • Informasi tersebut dikumpulkan melalui survei online yang harus diisi dengan data sebenarnya oleh klien.
  • Robo Advisor kemudian akan menggunakan data yang telah dihimpun untuk diolah sehingga menghasilkan saran-saran investasi, bahkan menginvestasikan aset-aset yang dimiliki oleh klien secara otomatis.

Kelebihan Robo Inves

Sebagai produk dari perkembangan teknologi, Robo advisor memiliki beberapa kelebihan yang memudahkan klien dalam melakukan investasi:

  • Pembuatan akun yang tergolong mudah.
  • Memberikan pelayanan yang lengkap : perencanaan target yang baik, memanajemen portfolio, jaminan keamanan, layanan customer service yang baik, pembelajaran lengkap mengenai investasi
  • Tarif yang tergolong rendah jika dibandingkan dengan tarif seorang perencana keuangan.

Tarif Penggunaan Robo Inves

Salah satu keunggulan dari Robo inves terdapat pada tarifnya yang tergolong lebih terjangkau jika dibandingkan dengan konsultan keuangan tradisional (manusia). Dikutip dari investopedia.com, kebanyakan penggunaan fasilitas Robo Advisor dikenakan tarif flat per tahun. Yakni sekitar 0,2% – 0,5% dari total saldo yang dimiliki investor.

Tentu tarif tersebut jauh lebih murah jika dibandingkan dengan konsultan tradisional yang tarifnya berkisar antara 1% hingga 2% dari total dana yang dikelola. Bahkan, biaya yang dikeluarkan bisa lebih mahal untuk sistem pembayaran berdasarkan komisi.

Oleh karena itulah, saat ini sudah semakin banyak perusahaan investasi yang menawarkan fasilitas robo inves untuk mengelola portfolio para investor.

Robo Inves Terbaik Tahun 2019

Semakin berkembangnya layanan robo advisor akan memberikan banyak pilihan. Namun tidak jarang hal ini juga bisa membuat investor bingung memilih. Berikut ini adalah daftar 3 Robo Advisor terbaik berdasarkan investopedia.com

Wealthfront

Untuk dapat menggunakan Wealthfront, maka investor harus memiliki akun minimal sebesar $500. Keunggulan Wealthfront terletak pada kemampuannya merencanakan keuangan dengan goal-planning yang dapat memberikan gambaran besar. Biaya yang dikenakan oleh Wealthfront rata-rata sebesar 0,25%.

M1 Finance

Kelebihan dari M1 Finance adalah kemampuan kostumisasinya yang tinggi. Sehingga memungkinkan investor memiliki portfolio dengan personalisasi yang akurat. Pada dasarnya, M1 Finance terdaftar sebagai broker dan bukan robo advisor.

Namun demikian, M1 Finance memungkinkan investasi otomatis sesuai dengan data yang telah dipersonalisasi. Untuk menggunakan M1 Finance, seorang investor harus memiliki akun minimal $100 dengan biaya 0.

Betterment

Ada dua cara untuk menggunakan robo advisor Betterment :

  • Mensinkronkan semua akun finansial yang investor miliki, sehingga bisa mengetahui gambaran menyeluruh dari aset yang dimiliki. Hal ini dapat dilakukan tanpa perlu berinvestasi melalui Betterment.
  • Menggunakan Betterment untuk berinvestasi di salah satu portfolio yang telah disediakan atau investor bisa membuat portfolionya sendiri.

Kelebihan dari Betterment adalah tidak adanya minimal akun yang ditentukan untuk menggunakannya. Sedangkan biaya untuk penggunaan robo advisor ini berkisar antara 0,2%-0,4%. 

Saat ini robo inves memang belum tersedia di Indonesia. Namun cara kerjanya yang praktis, membuat penggunaan robo advisor semakin digemari oleh para investor di negara maju seperti Amerika Serikat dan Singapura.

Tentu bukan mustahil jika ke depannya teknologi robo advisor juga mulai merambah ke Indonesia. Apalagi, generasi millenial sudah memililki kesadaran tinggi untuk mulai berinvestasi. Termasuk dalam penggunaan berbagai teknologi dan platform yang berkaitan dengan teknologi keuangan dan investasi. 

Bacaan menarik lainnya:

Fuady, Munir. (2001). Pasar Modal Modern (Tinjauan Hukum). Bandung : Citra Aditya Bhakti


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait