Ekonomi

Apa yang Dimaksud Kegiatan Ekonomi di Dalam Masyarakat?

Sumber: Shutterstock

Ajaib.co.id – Untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, setiap orang harus bekerja. Di mana, penghasilan yang didapat dari pekerjaan tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup seperti biaya makan, pakaian, dan tempat tinggal. Dari proses memenuhi kebutuhan hidup, maka lahirlah kegiatan ekonomi atau economic activity berupa transaksi jual dan beli barang-barang kebutuhan.

Kegiatan ekonomi ini tentu harus berjalan saling menguntungkan, di mana antara pembeli dan penjual harus sama-sama terpenuhi kebutuhannya. Kebutuhan akan barang yang dibeli dan keuntungan yang didapat dari barang terjual. Selain itu, masih ada banyak jenis dan contoh dari kegiatan ekonomi di masyarakat. Untuk memahami secara lebih mendalam, yuk simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Kegiatan Ekonomi

Pada dasarnya, kegiatan ekonomi merupakan suatu aktivitas yang dilakukan oleh setiap manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, baik berupa barang atau jasa. Economic activity yang melibatkan uang pada pertukaran barang dan jasa dilakukan oleh semua lapisan masyarakat. Hal ini dapat dilihat pada seseorang yang membeli makanan sebesar Rp15.000 atau karyawan yang mendapatkan gaji setiap bulannya.

Kegiatan pertukaran uang untuk produk barang dan jasa ini yang membuat setiap manusia dapat bertahan hidup dan saling berkesinambungan. Misalnya saja pedagang makanan yang mendapatkan keuntungan dari pembeli dan pembeli yang mendapatkan makanan untuk kebutuhannya. Lalu, apa sebenarnya tujuan dari economic activity itu sendiri? 

Tujuan dari kegiatan ekonomi adalah sebagai berikut:

  • Sarana dalam memenuhi kebutuhan setiap konsumen.
  • Sarana dalam menghasilkan keuntungan bagi setiap produsen.

Dapat disimpulkan bahwa economic activity merupakan tindakan dalam menghasilkan, memperjualbelikan, serta mendistribusikan produk barang dan jasa yang melibatkan transaksi keuangan.

Jenis-Jenis Kegiatan Ekonomi

Kegiatan ekonomi dibagi berdasarkan jenis-jenisnya yaitu produksi, konsumsi, dan distribusi. Ketiga jenis economic activity ini saling berkesinambungan yang dapat memenuhi kehidupan setiap pelaku ekonomi. Berikut penjelasannya:

Produksi

Kegiatan produksi merupakan aktivitas yang dilakukan dengan tujuan untuk menambah dan menghasilkan nilai guna barang serta jasa. Hasil produksi ini berupa barang mentah, setengah jadi, hingga barang jadi sekalipun. Oleh karena itu, produksi merupakan kegiatan penting dalam memenuhi kebutuhan hidup setiap orang terhadap suatu barang.

Konsumsi 

Konsumsi merupakan kegiatan dalam proses memakai, mengurangi, dan menghabiskan setiap nilai guna akan sebuah barang. Pelaku dari kegiatan konsumsi disebut dengan konsumen berupa orang-orang yang tidak dapat hidup tanpa adanya economic activity. Selain itu, kegiatan konsumsi identik dengan kata membeli suatu produk barang maupun jasa.

Distribusi 

Distribusi merupakan kegiatan berupa proses menyalurkan barang dan jasa yang dilakukan produsen ke konsumen. Kegiatan ini tentu mempengaruhi kemudahan produsen dalam memasarkan barangnya serta konsumen yang terpenuhi barang kebutuhannya.

Para Pelaku Kegiatan Ekonomi

Pelaku dari kegiatan ekonomi ini dapat diartikan baik sebagai individu, kelompok orang, maupun lembaga yang melakukan aktivitas atau kegiatan ekonomi. Para pelaku ini melakukan kegiatan ekonomi yang meliputi produksi, konsumsi, serta distribusi pada kehidupannya sehari-hari. Para pelaku ekonomi di antaranya:

Rumah Tangga Konsumsi atau Konsumen

Salah satu dari pelaku ekonomi adalah rumah tangga konsumsi, baik individu maupun kelompok. Peran dari pelaku ekonomi ini adalah sebagai pengguna dari barang dan jasa yang diproduksi oleh rumah tangga produksi sehingga mereka dapat memberikan kemakmuran bagi para pelaku ekonomi terutama rumah tangga produksi.

Rumah Tangga Produksi atau Produsen

Pelaku ekonomi ini merupakan sekelompok orang atau individu yang melakukan kegiatan produksi dalam menghasilkan barang maupun jasa. Di mana, menjadi tugas mereka untuk memenuhi setiap kebutuhan rumah tangga konsumsi atau konsumen.

Perusahaan

Perusahaan juga merupakan salah satu dari pelaku ekonomi yang berperan dalam menyediakan barang dan jasa bagi setiap rumah tangga konsumsi. Ada banyak perusahaan di Indonesia yang bergerak di berbagai bidang meliputi perusahaan BUMN, swasta, hingga koperasi.

Pemerintah

Peran juga tidak kalah pentingnya dalam kegiatan ekonomi suatu negara. Dalam hal ini pemerintah memiliki wewenang yang dapat mengendalikan setiap kebijakan kegiatan ekonomi agar bisa dinikmati setiap masyarakat.

Contoh Kegiatan Ekonomi di Dalam Masyarakat 

Untuk lebih memahami istilah dari economic activity, kamu dapat melihatnya berdasarkan contoh yang ada di masyarakat atau lingkungan sekitar dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa contoh economic activity di antaranya, sebagai berikut:

Kegiatan Ekonomi Produksi

Salah satu contoh economic activity pada produksi dapat dilihat dari Indonesia yang merupakan salah satu negara produsen biji kopi berkualitas. Hal ini dimanfaatkan oleh banyak perusahaan besar untuk mengolahnya menjadi minuman berupa bubuk kopi kemasan. Kopi kemasan ini nantinya akan dijual dengan harga yang menyesuaikan biaya produksi.

Kegiatan Ekonomi Distribusi

Contoh dari proses kegiatan distribusi ini dapat dilihat pada pemerintah yang melakukan pemasaran dan penjualan suatu produk unggulan ke negara-negara tetangga. Hal ini merupakan bentuk pendistribusian produk lokal untuk bisa bersaing dengan produk-produk asing lainnya di kancah internasional.

Kegiatan Ekonomi Konsumsi

Setelah proses produksi dan pendistribusian selesai dilakukan, selanjutnya barang atau jasa pastinya akan dikonsumsi. Hal ini dapat dilihat pada seorang konsumen yang membeli barang kebutuhan di toko kelontong untuk keperluan memasak di rumah. Kegiatan ini sebagai bentuk dalam menghabiskan nilai guna barang dalam memenuhi kebutuhan.

Kegiatan Ekonomi yang Memanfaatkan Sumber Daya Alam

Sumber daya alam merupakan hal yang penting untuk memenuhi kebutuhan setiap orang. Dalam hal ini dapat dilihat pada sektor pertanian, perkebunan, serta pertambangan. Misalnya saja perusahaan minyak dan gas yang diolah untuk bisa digunakan oleh masyarakat dalam menunjang kegiatannya sehari-hari.

Kegiatan Ekonomi Perdagangan

Salah satu economic activity berikutnya adalah perdagangan antara penjual dan pembeli. Hal ini dapat dilihat pada economic activity yang ada di pasar. Di mana, antara penjual pembeli bertransaksi untuk mendapatkan barang kebutuhannya yang saling menguntungkan.

Economic activity di dalam kehidupan setiap orang merupakan hal penting yang harus dilakukan. Di mana, hal ini dapat membuat setiap orang bisa bertahan hidup. Oleh karena itu, mengapa economic activity ini harus kamu pahami. Hal ini karena economic activity terjadi setiap harinya tanpa kamu sadari.

Economic activity juga harus didukung dengan kegiatan menyimpan dana yang dimiliki untuk kebutuhan di masa mendatang. Salah satu kegiatan untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan berinvestasi di sejumlah instrumen investasi seperti saham dan reksa dana. Apalagi kini berinvestasi di kedua instrumen tersebut dapat dilakukan secara online melalui smartphone dengan menggunakan aplikasi Ajaib.

Ajaib merupakan media investasi online yang dapat membantu kamu berinvestasi di instrumen saham dan reksa dana. Dengan menggunakan Ajaib, kamu bisa merencanakan keuangan untuk kebutuhan di masa mendatang. Yuk, download aplikasi Ajaib di smartphone kamu untuk mulai berinvestasi sekarang!

Artikel Terkait