Milenial, Properti, Rumah Tangga Masa Kini

Jasa Bangun Rumah Online Jadi Solusi Renovasi Hemat

Ajaib.co.id – Bagi kamu yang memiliki keperluan untuk renovasi rumah, kini kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan jasa bangun rumah yang sudah banyak ditawarkan lewat internet. Lantaran, seperti diketahui keperluan akan renovasi rumah dianggap cukup sensitif karena menyangkut biaya yang perlu dikeluarkan tidaklah kecil.

Biaya renovasi rumah yang besar atau tidak sesuai estimasi awal bisa disebabkan oleh beberapa hal di antaranya:

  • Tidak adanya perencanaan yang matang.
  • Tidak melakukan survei.
  • Tidak mempertimbangkan kondisi rumah.

Ketiga hal ini bisa menjadi faktor utama mengapa biaya renovasi rumah milikmu begitu besar. Salah satunya disebabkan oleh tidak adanya perencanaan yang matang.  Oleh sebab itu, semua itu harus dipertimbangkan secara matang dari sisi desain, bahan-bahan material yang akan digunakan, estimasi pengerjaan, dll.

Solusi dari besarnya biaya renovasi yang seringkali dialami keluarga milenial tersebut bisa kamu atasi dengan meminta bantuan jasa bangun rumah terpercaya, jasa bangun rumah ini bisa kamu temukan dengan mudah lewat koneksi teman maupun mencarinya langsung di marketplace.

Bila kamu menggunakan jasa tukang bangunan, kamu bisa mengajukan bahan-bahan material apa saja yang nanti akan digunakan saat renovasi rumah, serta desain rumah seperti apa yang kamu inginkan. Kemudian, pihak jasa renovasi rumah tersebut akan memberikan rincian dalam Rencana Anggaran Biaya (RAB).

Proses yang Perlu Kamu Lalui Saat Menggunakan Jasa Tukang Bangunan Profesional

Pada umumnya, ada beberapa tahapan yang perlu kamu lalui ketika kamu menggunakan jasa tukang bangunan terpercaya sebelum benar-benar akan memulai proses renovasi rumah di antaranya:

1. Tukang Bangunan Melakukan Survei

Sebelum memulai proses renovasi rumah, tukang bangunan akan melakukan survei terlebih dahulu ke rumah yang ingin direnovasi untuk mengetahui hal-hal apa saja yang perlu dilakukan oleh tukang bangunan tersebut.

2. Penentuan Renovasi Rumah Terkait Desain, Material, dll.

Setelah tukang bangunan melihat kondisi rumah yang ingin direnovasi, kemudian pemilik rumah bersama tukang bangunan akan mulai berdiskusi terkait masalah desain, penggunaan bahan material, sistem pembayaran, dll.

3. Pembuatan Rencana Biaya Anggaran (RAB)

Setelah mengetahui ruang lingkup pekerjaan terkait desain, bahan material, dll. Pihak penyedia jasa tukang bangunan akan membuatkan sebuah draft yang berisikan rincian daftar bahan material beserta harganya untuk diperlihatkan kepada pemilik rumah. Namun, bila pemilik rumah meminta untuk dibuatkan desain gambar akan dikenakan biaya tambahan. 

4. Lakukan Kesepakatan dengan Jasa Bangun Rumah

Bila kamu sudah setuju dengan biaya renovasi rumah yang ditawarkan, kamu bisa menentukan sistem pembayaran misalnya harian maupun borongan. Semua itu bisa disesuaikan dengan anggaran renovasi rumah yang kamu miliki.

5. Membayar Tukang Bangunan Secara Harian Bisa Berpotensi Membuat Biaya Renovasimu Membengkak

Bagi kamu yang tidak ingin dipusingkan dengan berbagai biaya seperti pembelian bahan material dan lain sebagainya. Kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan jasa bangun rumah dengan sistem borongan.

Di mana, biaya renovasi sudah disepakati di awal sehingga kamu tidak akan mengalami over budget. Lantaran, biaya renovasi dengan sistem borongan sudah meliputi seluruh biaya yang diperlukan ketika kamu melakukan renovasi rumah dari bahan material, upah pekerja, dll. 

Walaupun demikian, kamu tetap perlu cermat dan hati-hati dalam memilih jasa tukang bangunan yang akan mengerjakan proyek renovasi di rumahmu tersebut. Mengapa? Tak jarang, banyak keluarga milenial harus menanggung kerugian akibat para pekerja bangunan kabur. Sehingga, kamu perlu mencari jasa tukang bangunan lainnya untuk menyelesaikan proyek renovasi yang terbengkalai tersebut.

Alhasil, kamu perlu mengeluarkan biaya lebih lagi saat melakukan renovasi rumah. Oleh sebab itu, pilihlah usaha jasa bangun rumah yang benar-benar terpercaya di mana kamu bisa mengetahuinya dari biaya hingga lamanya pengerjaan renovasi yang ditawarkan saat melakukan diskusi dengan mereka.

Bila kamu menganggap bahwa biaya renovasi rumah yang ditawarkan sangat murah, tentunya kamu patut curiga dengan jasa bangun rumah tersebut. Hal yang ditakutkan adalah umur bangunan yang tidak bisa tahan lama akibat penggunaan bahan-bahan material yang tidak berkualitas.

Jika sudah demikian, kamu perlu menyiapkan uang lebih lagi untuk memperbaiki material-material bangunan yang rusak akibat kualitas material yang jelek.

Tips Memilih Jasa Bangun Rumah

Selain faktor biaya, ada pula faktor-faktor lainnya yang bisa kamu pertimbangkan saat memilih jasa renovasi rumah antara lain:

Pilih Jasa Renovasi Rumah yang Menyediakan RAB

Jasa renovasi rumah yang baik adalah mereka yang bisa menyediakan Rencana Anggaran Biaya (RAB) secara rinci dari bahan-bahan material yang digunakan, dan biaya-biaya lainnya.

Pembuatan RAB ini dinilai sangat penting agar tidak terjadi kesalahpahaman antara pemilik rumah dan jasa renovasi rumah yang kamu sewa. Karena sebenarnya RAB adalah gambaran secara garis besar apa yang akan jasa tukang bangunan lakukan selama proses renovasi berlangsung.

Jadi, kamu tidak perlu kaget lagi bila renovasi rumah milikmu misalnya menggunakan bahan material A, karena sudah jelas tertulis dalam RAB bahwa proses pengerjaan renovasi tersebut akan menggunakan bahan material A.

Track Record Jasa Renovasi Rumah

Hasil atau bukti proyek yang pernah diselesaikan oleh jasa renovasi rumah juga tidak kalah penting sebagai bahan pertimbanganmu saat menggunakan jasa mereka.

Bila kamu punya waktu, kamu bisa langsung mencari tahu di tempat mereka sebelumnya mengerjakan proyek renovasi, apakah selama mengerjakan proyek renovasi tersebut ada keluhan dari pemilik rumah atau tidak.

Untuk mempermudah kamu untuk mendapatkan jasa renovasi rumah terbaik, kamu bisa mencarinya di marketplace seperti Sejasa, dll.

Di mana, selain banyak usaha yang menawarkan jasa renovasi rumah, kamu juga bisa melihat proyek-proyek sebelumnya yang pernah dikerjakan seperti bangun rumah, tambah ruangan, tambah lantai, perbaikan lantai, perbaikan tembok, perbaikan atap, perbaikan plafon, instalasi kanopi, dan garasi.

Itulah tips-tips dalam memilih jasa renovasi rumah terbaik, salah satu cara terbaik dalam mendapatkan jasa renovasi rumah terpercaya adalah lewat referensi orang terdekat yang pernah menggunakan jasa dari tukang bangunan tersebut.

Artikel Terkait