Apa itu Valas? Yuk Cari Tahu Pengertiannya di Sini!

apa itu valas
apa itu valas

Ajaib.co.id – Bagi kamu yang masih bertanya-tanya mengenai apa itu valas, redaksi Ajaib memiliki jawabannya. Oleh karenanya, simak ulasan ini yang akan membahas apa itu valas beserta fungsi-fungsinya.

Apa itu Valas?

Valuta asing atau valas merupakan istilah yang cukup populer di kalangan masyarakat. Namun, masih banyak orang yang belum memahami istilah tersebut. Padahal, valas juga bisa menjadi salah satu bentuk investasi.

Jadi, apa itu valas bisa diartikan sebagai mata uang yang digunakan dalam perdagangan internasional. Salah satu mata uang asing yang paling populer di dunia adalah Dollar AS.

Jika kamu pernah membeli barang di luar negeri, maka kamu harus menggunakan kurs mata uang asing untuk bertransaksi.

Melihat pergerakan harga yang cepat, valas sering menjadi salah satu bentuk investasi yang diminati oleh banyak orang. Sebab, return investasi dan labanya lebih tinggi dibanding nilai rata-rata perdagangan lainnya.

Maka dari itu, valas juga memiliki risiko yang cukup tinggi sebagai bentuk investasi. Berikut ini adalah penjelasan mengenai valuta asing:

Fungsi dari Valas

Setelah mengetahui penjelasan mengenai valas, berikut ini adalah beberapa fungsinya:

Alat Tukar

Jika kamu ingin bepergian ke luar negeri, maka harus menyesuaikan mata uang yang diakui secara sah di Negara tersebut.

Mata uang asing yang paling sering digunakan dalam dunia internasional adalah Dollar AS, Yen Jepang, Euro, Poundsterling, Dollar Australia, dan Franc Swiss.

Pengendali Kurs

Seandainya kurs mata uang Rupiah melemah terhadap Dollar AS, maka nilai tukar mata uang Rupiahnya akan semakin mahal terhadap Dollar AS.

Artinya, Dollar AS mengalami apresiasi (peningkatan) terhadap mata uang Rupiah. Kemudian, mata uang Rupiah mengalami depresiasi (penurunan) terhadap Dollar AS.

Jika kurs mata uangnya meningkat, kurs Rupiah terhadap Dollar AS akan semakin murah. Kurs mata uang tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor, yaitu utang luar negeri, nilai pasar, kondisi politik, devisa, dan lainnya.

Alat Transaksi Internasional

Valas juga bisa dijadikan sebagai salah satu alat transaksi internasional. Misalnya, Indonesia memiliki utang kepada Negara lain, maka dapat membayar utang dan bunganya dengan valuta asing yang sesuai.

Sebaliknya, jika ada Negara yang memiliki utang kepada Indonesia, maka bisa membayarnya dengan mata uang asing yang sesuai dengan Rupiah.

Memudahkan Perdagangan Internasional

Fungsi lain dari valas adalah alat yang memudahkan proses perdagangan internasional. Dengan begitu, maka proses pembayarannya tidak perlu menggunakan sistem barter.

Jika tidak ada valuta asing, maka transaksi di dalam perdagangan internasional akan semakin sulit.

Jenis-jenis Valas

Valas terbagi menjadi dua jenis, yaitu valuta asing fisik dan valuta asing non-fisik. Berikut ini adalah penjelasan mengenai kedua jenis valuta asing:

Valuta Asing Fisik

Valas fisik adalah uang asing yang berbentuk fisik. Contohnya, uang kartal dan uang logam. Valuta asing fisik juga berfungsi di dalam perdagangan internasional.

Valuta Asing Non-Fisik

Valas asing non-fisik adalah uang asing yang berbentuk uang giral atau surat berharga. Contoh dari valuta asing non-fisik adalah cek, wesel, traveller’s cheque, dan lainnya.

Tips Investasi Valas Bagi Pemula

Sebelum krisis moneter, sudah banyak orang yang menyimpan uangnya dalam bentuk Dollar AS. Sehingga, nilai tukar mata uang Rupiah yang sebelumnya Rp2.000, naik menjadi Rp16.650. Namun, investasi valas tetap menarik untuk dilakukan.

Investasi valas bisa menjadi pilihan untuk menjamin masa depanmu. Bagi kamu yang masih pemula, berikut ini adalah tips berinvestasi valuta asing:

Mencari Tahu Soal Valas

Bentuk investasi valas cukup beragam, seperti tabungan, reksa dana, dan deposito. Kamu juga akan dibuat bingung dengan banyaknya mata uang asing yang akan dipilih.

Supaya kamu bisa berinvestasi valuta asing, maka bisa belajar atau bertanya dengan orang yang berpengalaman. Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari risiko.

Memahami Cara dan Aturan Main

Sebelum memulai investasi valas, sebaiknya kamu memahami aturan mainnya terlebih dahulu.

Cara pertama, kamu harus membedakan kurs beli dan kurs jual di bank. Kurs beli merupakan nilai yang ditawarkan oleh bank saat membeli valuta asing dari kamu. Sementara itu, kurs jual adalah harga jual yang ditawarkan oleh bank kepada nasabah.

Cara kedua, kamu harus teliti saat memilih tempat untuk membeli valas. Kamu bisa memilih tempat yang terpercaya, seperti bank atau lembaga keuangan resmi.

Terakhir, memperhatikan momen. Nilai valas sendiri bisa mengalami fluktuatif (naik-turun). Jadi, kamu harus lebih teliti lagi dalam membeli valuta asing.

Berinvestasi Valas di Masa Mendatang

Setelah mengetahui penjelasan di atas, valuta asing atau valas merupakan mata uang asing yang digunakan untuk bertransaksi di luar negeri.

Tentunya, valas sangat berguna bagi kamu yang ingin bepergian ke luar negeri. Jangan lupa juga untuk menyisihkan uang saku dalam kurs mata uang asing di Negara tujuan destinasimu.

Jika kamu ingin berinvestasi valas, maka hal yang perlu diperhatikan adalah nilainya yang berubah-ubah.

Cara Mengecek Kurs Mata Uang Asing

Kurs mata uang asing sangat penting ketika kamu ingin berinvestasi valas. Maka dari itu, kamu harus memeriksa kurs mata uang asing secara rutin.

Berikut ini adalah cara mengecek kurs mata uang asing yang bisa kamu lakukan:

Menggunakan Mesin Pencari

Cara paling mudah yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan mesin pencari di browser. Kamu bisa mencari informasi tersebut melalui smartphone, laptop, komputer, dan lainnya.

Setelah itu, kamu hanya tinggal mengetik kurs mata uang yang diinginkan.

Gunakan Aplikasi di Smartphone

Cara yang satu ini juga cukup mudah dilakukan. Kamu hanya perlu memasang aplikasi currency converter, kemudian cari kurs mata uang yang diinginkan.

Kunjungi Laman Resmi Bank

Jika kamu ingin mengetahui informasi lengkap mengenai kurs mata uang asing, maka bisa mengunjungi laman resmi bank.

Itulah tadi penjelasan mengenai valas dan fungsinya. Dengan begitu, masa depanmu akan terjamin jika berinvestasi. Namun, kamu harus tetap memperhatikan risikonya.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait