Apa Itu Surat Pengantar? Seberapa Penting Surat Ini?

Surat Pengantar

Surat pengantar salah satu surat sakti yang bisa menjadi pintu pembuka untuk Anda mendapatkan surat-surat resmi lainnya. Ingin punya surat izin nikah? Pasti Anda membutuhkan surat ini untuk berbagai keperluan administrasi pernikahan Anda.

Ingin membuktikan kepada HRD kantor atau calon kantor bahwa Anda tidak pernah terlibat tindakan kriminal? Anda tentunya harus membuat SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian), dan untuk membuat surat ini membutuhkan surat dari RT dan RW, atau kelurahan di lingkungan rumah Anda. Itu contoh yang menggambarkan betapa pentingnya surat jenis ini.

Menelusuri betapa sakralnya, maka ada baiknya kita telusuri seluk beluk tentang surat jenis ini.

Apa itu Surat Pengantar?

Surat pengantar adalah surat yang diperuntukkan untuk memberitahu kepada pihak yang dituju bahwa hal yang ingin dilakukan oleh si pembawa surat telah diketahui dan atas izin seseorang yang bertanggung jawab.

Sebagai contoh Anda seorang pegawai atau calon pegawai yang diminta untuk memberikan surat SKCK. Anda harus membawa surat yang ditandatangani pejabat lingkungan rumah, yaitu RT, RW dan kelurahan. Lalu surat itu ditunjukkan kepada pihak kepolisian agar SKCK Anda dapat diterbitkan.

Format Surat & Cara Membuat Surat Pengantar

Secara umum format surat pengantar tidak jauh berbeda dari surat resmi yang lainnya. Apabila surat tersebut dikeluarkan, ditulis, atau dibuat oleh suatu instansi atau perusahaan maka perlu adanya kop surat yang berisi nama dan alamat instansi atau perusahaan tersebut. Kemudian alamat yang dituju, isi surat, penutup dan tanda tangan serta nama pembuat surat. Berikut penjabaran selengkapnya:

a. Kop Surat

Jika jenis surat resmi, maka harus ada kop surat tertera di atasnya. Kop surat berfungsi untuk menunjukkan surat tersebut dibuat secara resmi. Anda bisa mengisi 1 kop surat dengan nama perusahaan atau instansi, alamat, dan nomor telepon yang menerbitkan surat tersebut.

b. Bahasa Surat

Sebagian besar bahasa yang digunakan dalam surat ini adalah bahasa formal. Alangkah baiknya Anda menggunakan bahasa yang sesuai ejaan yang disempurnakan, seperti KBBI atau PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia). Gunakan kalimat yang singkat, padat dan juga jelas pada penulisan surat.

c. Tanggal Surat

Tanggal surat merupakan salah satu bagian penting yang harus ada dalam surat resmi. Di dalam tanggal tertera kapan surat dibuat dan sampai kapan masa berlaku dari surat tersebut.

d. Informasi

Harus tertera informasi yang jelas dan validitasnya bisa dipertanggungjawabkan.

e. Pemberi dan Penerima

Surat ini biasanya ditujukan kepada pihak atau orang tertentu saja, sehingga harus mencantumkan nama pemberi atau pengirim surat dan penerimanya. Penulisan nama di sini juga harus lengkap beserta jabatan maupun instansi terkait.

f. Tanda Tangan dan Stempel

Dan yang terakhir dan harus ada dalam surat ini adalah tanda tangan dan stempel. Walaupun sudah terdapat kop surat dan memiliki bahasa yang bagus, tanpa keduanya maka kemungkinan besar surat Anda ditolak.

Kegunaan Surat Pengantar

Surat ini mempunyai kegunaan untuk meyakinkan perusahaan atau instansi yang dituju bahwa pembawa surat tersebut tepercaya atau resmi di bawah tanggung jawab yang mengeluarkan suratnya. Jadi jika terjadi apa-apa dengan data dari pemilik surat tersebut maka orang pertama yang bisa ditanya adalah penerbit surat tersebut.

Contoh Penggunaan

Surat ini biasanya paling sering ditemui untuk keperluan dokumen resmi yang dikeluarkan pemerintahan, kepolisian, perusahaan dan pendidikan. Berikut jenis surat yang sering dibuat oleh masyarakat pada umumnya, mungkin salah satunya Anda pernah membuatnya:

· Surat pengantar ketua RT, RW , dan kelurahan

· Surat Pengantar Magang atau Praktek Kerja Lapangan (PKL)

· Surat Pengantar dari Perusahaan

· Surat Pengantar Dinas Kerja

· Surat Pengantar untuk Surat Kuasa

· Surat Pengantar SKCK

· Surat Pengantar Keterangan Tidak Mampu

· Surat Pengantar Dokumen atau Berkas

· Surat Pengantar Dokumen Pernikahan

Ketika Anda beranjak dewasa, cepat atau lambat akan membutuhkan surat-surat tertentu. Meskipun isi surat ini singkat, namun penggunaanya sering kali ditemui dan dibutuhkan untuk mengurus dokumen-dokumen penting Anda. Jadi pastikan format suratnya sudah benar agar dipercaya oleh instansi atau perusahaan yang membutuhkannya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Contoh Surat Pengantar

#1 Contoh Surat Pengantar Dinas

Surat pengantar dinas adalah salah satu jenis surat resmi yang dibuat perusahaan untuk karyawan yang bertugas di luar. Surat ini digunakan untuk meyakinkan pihak ketiga bahwa orang yang tertulis di dalam surat tersebut benar-benar ditugaskan oleh perusahaan untuk melakukan sesuatu hal.

PT Sentosa Sejahtera

Jalan Raya Panjang No 99C Bandung- Jawa Barat

Telp 0321 89800 Fax. 0312 775758

SURAT PENGANTAR DINAS

NO:88/PT.SIP/I/2020

Berdasarkan peraturan perusahan NO: 13/TT/PTSIP/2019 terkait Audit kantor cabang setiap 3 bulan sekali. Maka dari itu bersama surat pengantar ini kami mengirim:

Nama: Ari Santo

Jabatan : Kepala Personalia

NIP : 125681010

Untuk melakukan audit SOP dan keuangan terhadap PT Sentosa Sejahtera Cabang Jakarta. Oleh karena itu kami mohon kepada seluruh karyawan dan management untuk memberiakan berkas-berkas yang dibutuhkan. Dan kami mohon kerjasamanya demi kelancaran proses audit. Demikian surat pengantar ini kami sampaikan, atas kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Bandung, 12 Fenruari 2020

Direktur Utama

PT Sentosa Sejahtera

Budi Samsuddin

#2 Contoh Surat Pengambilan Barang

Surat ini merupakan surat resmi yang dikeluarkan perusahaan atau instansi sebagai alat bukti pengambilan barang yang sah. Di bawah ini adalah contoh surat yang bisa Anda buat.

PT Meubel Yogyakarta Merdeka

Jalan Raya Kraton Yogya No 67, Yogyakarta

Telp. 167800 Fax.167802 Mobile. 081982828

www.meubelmerdeka.com Email: info@meubelmerdeka.com

Nomor : 011/MM/IX/2020

Perihal : Pengantar Pengambilan Barang

Kepada Yth

Manajer Pemasaran

PT Sedia Meubel Mandiri

Jalan Sisimangaraja No 10

Jakarta Selatan

Dengan hormat,

Melalui surat ini kami sampaikan bahwa Karyawan Kami :

Nama                  : Hari Sulistyo

Jabatan              : Staf Operasional

Akan mengambil barang akan melakukan pengambilan barang berupa:

NamaKode BarangQTY
Lemari Kayu JatiLMKJ5x53
Kursi Kayu JatiKKJT1x412
Meja Kayu JatiMJKJ802
Jendela UkirJDLUK128
Dipan JatiDPJT458

Dengan menggunkan kendaraan:

Jenis Kendaraan : Truk Fuso GL-1200

Nopol                    : B 8888 SKAJ

Demikian surat pengantar ini kami sampaikan, kami mohon bantuannya dan kerjasamanya saat loading barang tersebut agar berjalan lancar.

Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Yogyakarta,15 Februari 2020

Hormat kami,

Arya Kumala S.E

Direktur Utama PT Meubel Yogyakarta Merdeka

#3 Contoh Surat Pengantar Dokumen

Surat pengantar dokumen merupakan surat yang digunakan untuk mengantarkan dokumen penting contohnya seperti surat pengantar proposal, invoice, dan sebagainya.

PT Mandiri Sejahtera

Jln. Pangsud No 56 , Mangunarjo Klaten

Telp. 989990 Fax. 9899901

SURAT PENGANTAR DOKUMEN

No: 80/ SPD/X/2018

Hal: Surat Pengantar Dokumen

Kepada Yth.

Pimpinan Toko Surya Jati

Jln Raya Maospati No. 667 Malang

Dengan Hormat,

Sesuai kesepakatan yang telah disetujui mengenai pembayan tagihan akan dibayarkan pada tanggal 10 setiap bulannya. Oleh sebab itu berrsama surat pengantar ini kami ingin sampaikan Dokumen Tagihan periode Februari 2020.

Demikian surat ini kami sampaikan, kami harap pembayaran tagihan bisa segera diselesaikan tepat pada waktunya. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih

Hormat Kami

PT Mandiri Sejahtera

Mega Arianti W

Manager Finance

#4 Surat Pengantar Pembuatan SKCK

RUKUN TETANGGA 01/03

Kebayoran, Jakarta Selatan

SURAT PENGANTAR

No. : 123/FR/XII/2018

Yang bertanda tangan di bawah ini Ketua RT.01 RW.03, Kebayoran, Jakarta Selatan, menerangkan bahwa :

Nama: Lilin Herlina

Tempat/Tgl Lahir: Madiun, 22 Gustus 1990

Jenis Kelamin: Wanita

Agama: Islam

Alamat: Jalan Senopati, RT01/03, Kebayoran, Jakarta Selatan

Merupakan penduduk dan warga dari RT 01/03, Kebayoran, Jakarta Selatan bermaksud mengurus surat keterangan catatan kepolisian ( SKCK).

Demikian surat pengantar ini dibuat untuk dapat dipergunakan sesuai dengan keperluannya.

Jakarta, 09 Maret 2020

Ketua RT 01/03 Kebayoran

Bambang Hapsari

Demikianlah penjelasan mengenai contoh surat pengantar dan serba-serbi yang mengenai jenis dan kegunaannya. Dengan memahami beberapa contoh di atas diharapkan Anda bisa lebih mudah membuat surat pengantar dengan lebih baik dan sesuai dengan kebutuhan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait