Apa Itu Surat Pengantar? Seberapa Penting Surat Ini?

Surat Pengantar

Surat pengantar salah satu surat sakti yang bisa menjadi pintu pembuka untuk Anda mendapatkan surat-surat resmi lainnya. Ingin punya surat izin nikah? Pasti Anda membutuhkan surat ini untuk berbagai keperluan administrasi pernikahan Anda.

Ingin membuktikan kepada HRD kantor atau calon kantor bahwa Anda tidak pernah terlibat tindakan kriminal? Anda tentunya harus membuat SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian), dan untuk membuat surat ini membutuhkan surat dari RT dan RW, atau kelurahan di lingkungan rumah Anda. Itu contoh yang menggambarkan betapa pentingnya surat jenis ini.

Menelusuri betapa sakralnya, maka ada baiknya kita telusuri seluk beluk tentang surat jenis ini.

Apa Surat Pengantar Itu?

Surat pengantar adalah surat yang diperuntukkan untuk memberitahukan pihak yang dituju bahwa hal yang ingin dilakukan oleh si pembawa surat telah diketahui dan atas izin seseorang yang bertanggung jawab.

Sebagai contoh Anda seorang pegawai atau calon pegawai yang diminta untuk memberikan surat SKCK. Anda harus membawa surat yang ditandatangani pejabat lingkungan rumah, yaitu RT, RW dan kelurahan. Lalu surat itu ditunjukkan kepada pihak kepolisian agar SKCK Anda dapat diterbitkan.

Format Surat

Secara umum format surat pengantar tidak jauh berbeda dari surat resmi yang lainnya. Apabila surat tersebut dikeluarkan, ditulis, atau dibuat oleh suatu instansi atau perusahaan maka perlu adanya kop surat yang berisi nama dan alamat instansi atau perusahaan tersebut. Kemudian alamat yang dituju, isi surat, penutup dan tanda tangan serta nama pembuat surat. Berikut penjabaran selengkapnya:

·        Kop Surat

Jika jenis surat resmi, maka harus ada kop surat tertera di atasnya. Kop surat berfungsi untuk menunjukkan surat tersebut dibuat secara resmi. Anda bisa mengisi kop surat dengan nama perusahaan atau instansi, alamat, dan nomor telepon yang menerbitkan surat tersebut.

·        Bahasa Surat

Sebagian besar bahasa yang digunakan dalam surat ini adalah bahasa formal. Alangkah baiknya Anda menggunakan bahasa yang sesuai PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia). Gunakan kalimat yang singkat, padat dan juga jelas.

·        Tanggal Surat

Tanggal surat merupakan salah satu bagian penting yang harus ada dalam surat resmi. Di dalam tanggal tertera kapan surat dibuat dan sampai kapan masa berlaku dari surat tersebut.

·        Informasi

Harus tertera informasi yang jelas dan validitasnya bisa dipertanggungjawabkan.

·        Pemberi dan Penerima

Surat ini biasanya ditujukan kepada pihak atau orang tertentu saja, sehingga harus mencantumkan nama pemberi dan penerimanya. Penulisan nama di sini juga harus lengkap beserta jabatan maupun instansi terkait.

·        Tanda Tangan dan Stempel

Dan yang terakhir dan harus ada dalam surat ini adalah tanda tangan dan stempel. Walaupun sudah terdapat kop surat dan memiliki bahasa yang bagus, tanpa keduanya maka kemungkinan besar surat Anda ditolak.

Kegunaan

Surat ini mempunyai kegunaan untuk meyakinkan perusahaan atau instansi yang dituju bahwa pembawa surat tersebut tepercaya atau resmi di bawah tanggung jawab yang mengeluarkan suratnya. Jadi jika terjadi apa-apa dengan data dari pemilik surat tersebut maka orang pertama yang bisa ditanya adalah penerbit surat tersebut.

Contoh Penggunaan

Surat ini biasanya paling sering ditemui untuk keperluan dokumen resmi yang dikeluarkan pemerintahan, kepolisian, perusahaan dan pendidikan. Berikut jenis surat yang sering dibuat oleh masyarakat pada umumnya, mungkin salah satunya Anda pernah membuatnya:

· Surat pengantar RT, RW , dan kelurahan

· Surat Pengantar Magang atau Praktek Kerja Lapangan (PKL)

· Surat Pengantar dari Perusahaan

· Surat Pengantar Dinas Kerja

· Surat Pengantar untuk Surat Kuasa

· Surat Pengantar SKCK

· Surat Pengantar Keterangan Tidak Mampu

· Surat Pengantar Dokumen atau Berkas

· Surat Pengantar Dokumen Pernikahan

Ketika Anda beranjak dewasa, cepat atau lambat akan membutuhkan surat-surat tertentu. Meskipun isi surat ini singkat, namun penggunaanya sering kali ditemui dan dibutuhkan untuk mengurus dokumen-dokumen penting Anda. Jadi pastikan format suratnya sudah benar agar dipercaya oleh instansi atau perusahaan yang membutuhkannya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait