Bisnis & Kerja Sampingan

Apa Itu Referral? Ini 4 Kegunaannya di Dunia Bisnis Daring

Ajaib.co.id – Membagi kode referral bukan cuma memberitahukan diskon atau cashback ke orang lain. Melainkan kamu juga akan mendapatkan komisi. Namun apa itu referral? Apa saja kegunaan program referral di dunia bisnis daring?

Kode singkat dan unik yang mengajak seseorang untuk menggunakannya berbelanja atau mendaftarkan diri sebagai anggota atau nasabah merupakan penjelasan apa itu referral. Pada umumnya, sistem referral digunakan oleh pelaku bisnis untuk lebih banyak menjaring pelanggan. Baik bisnis luring seperti multi level marketing (MLM) maupun bisnis daring seperti marketplace hingga aplikasi keuangan.

Cara Kerja Kode Referral

Untuk mengetahui bagaimana cara kerja dan apa itu referral lebih lanjut, mari simak di bawah ini.

Langkah 1: Menetapkan Kode Referral

Buat pelaku bisnis, hal pertama yang harus dilakukan adalah menetapkan kode referral. Beberapa bisnis menggunakan kode statis, di mana semua referensi menggunakan kode yang sama.

Namun tak sedikit yang menetapkan kode unik untuk masing-masing pelanggan atau nasabah (seseorang yang akan merujuk orang lain).

Buat bisnis yang berencana memberikan komisi atau insentif ke pelanggan (yang berhasil mengajak orang lain menggunakan kode tersebut), sebaiknya menggunakan cara kedua. Karena cara tersebut lebih mudah dalam pendataan referral.

Langkah 2: Meminta Pelanggan Membagikan Kode

Setelah itu, bagikan kode kepada pelanggan yang baru saja mendaftar melalui email atau akun pelanggan. Dalam pengiriman kode referral, sebaiknya tulis syarat atau ketentuan sejelas-jelasnya.

Agar pelanggan dapat bertransaksi tanpa terbebani, lalu rela membagikan kode, dan mengajak teman-temannya melakukan hal yang sama. Pelanggan bebas membagikan kodenya, seperti di media sosial, blog, maupun pesan singkat. 

Contoh proses membagikan kode antar pelanggan di sebuah e-commerce sebagai berikut. Si A (pelanggan lama) membagikan kode kepada si B (pelanggan baru) dan si B berbelanja dan memasukkan kode pemberian si A. Biasanya kode referral juga berfungsi sebagai diskon.

Jadi belanjaan si B mendapatkan diskon dan si A mendapatkan komisi atas kinerjanya. Di sisi lain, si B juga mendapatkan kode untuk dibagikan ke orang lain.

Langkah 3: Pengumpulan Kode Referral

Pelaku bisnis akan mengumpulkan dan mendata kode. Proses tersebut didapat ketika pelanggan atau nasabah memasukkan kode ketika checkout atau perusahaan melacak kode referral dari tautan dan cookie.

Referral pelanggan yang paling banyak digunakan akan mendapatkan komisi atau insentif. Namun untuk mendapatkannya, perusahaan memiliki peraturan masing-masing.

Ada yang mensyaratkan satu penggunaan sama dengan satu kali komisi. Ada pula peraturan untuk mendapatkan insentif, sehari minimal ada lima akun yang menggunakan kode tersebut untuk belanja.

Kegunaan Kode Referral

Dari penjelasan referral, kita tahu bahwa hal tersebut sangat menguntungkan pelanggan. Mereka bisa mendapatkan potongan harga sekaligus berlimpah komisi. Namun di lain pihak, referral justru menguntungkan bisnis terutama bisnis daring. Kegunaan kode unik tersebut adalah:

●      Pemasaran

Kode unik tersebut dapat digunakan sebagai salah satu strategi marketing atau pemasaran di dunia e-commerce, marketplace, maupun jasa keuangan.

Apalagi jika kode tersebut berisi potongan diskon dan bebas ongkos kirim. Dengan iming-iming itu, diharapkan semakin banyak orang yang tertarik dan bertransaksi.

●      Menjaring Lebih Banyak Pelanggan

Semakin banyak orang yang berbelanja, semakin tinggi jumlah produk yang terjual, perusahaan akan berkesempatan mendapatkan pelanggan lebih banyak.

Tentunya, hal ini bagus untuk pemasukan perusahaan. Selain itu, bisnismu memiliki peluang untuk berkembang.

●      Pengembangan Produk

Manfaatkan dengan baik pelanggan yang bejibun tersebut. Jika punya e-commerce yang menjual produk fashion dan berencana meluncurkan produk terbaru, kamu bisa melakukan survei kepada pelanggan tentang hal-hal yang menyangkut fashion. Seperti model busana, kualitas kain, baju, cara merawat baju, dan lainnya.

Dengan survei tersebut, kamu akan mendapatkan masukan dan kritikan. Hasil dari survei bisa dijadikan pengembangan produk. Agar banyak pelanggan mengisi survei, tawarkan kode atau pemberian hadiah berupa produk terbaru.

●      Program Loyalitas

Loyalitas pelanggan bisa terbentuk dari kode referral. Meski demikian pembagian kodeharus berjalan beriringan dengan kualitas produk dan layanan pelanggan. Tujuannya agar mereka tetap menggunakan produk atau jasa tersebut.

Untuk menghargai kesetiaan mereka berbelanja menggunakan kode referral atau tidak, berikan program loyalitas. Desain program semenarik mungkin, misalnya pelanggan level gold, platinum, dan diamond.

Masing-masing level memiliki keunggulan seperti gratis ongkos kirim, tawaran diskon, atau berhak mendapatkan merchandise setiap pembelian.

Hal yang Harus Diperhatikan

Seperti yang sudah disinggung di atas, pemberian kode referral saja tidaklah cukup. Pebisnis juga harus memperhatikan kualitas produk dan layanan pelanggan. Karena tujuan program referral sebagai strategi bisnis akan hilang, jika memiliki masalah.

Salah satu masalahnya adalah komplain. Baik komplain karena kualitas barang maupun pengiriman. Jika bisnismu mengalami hal tersebut, hendaknya selesaikan dulu komplainnya, seperti mencari penyebab dan solusi.

Dalam kondisi seperti itu, jangan berikan kode. Karena bisa membuat pelanggan marah. Misal ketika pelanggan komplain mengenai barang belanjaan, tim harus segera menangani komplain.

Setelah komplain teratasi, kamu bisa memberikannya kode referral sekaligus kode diskon tanpa minimum belanja, sebagai tanda terima kasih.

Kode referral juga tersimpan dalam aplikasi investasi reksa dana Ajaib. Di sini, kamu bisa berinvestasi reksa dana mulai Rp100.000 dan berkesempatan mendapatkan reksa dana gratis mulai dari Rp10,000, Rp100.000, hingga Rp1 juta.

Caranya, bagikan kodemu ke teman-teman. Jika dia mendaftar dan berinvestasi dengan memasukkan kode referal tersebut ke kolom kode, kamu akan memperoleh koin Ajaib dan reksa dana gratis. Dan temanmu mendapatkan reksa dana gratis senilai Rp10.000.

Artikel Terkait