Ajaib.co.id – Tahun ini PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) atau Alfamart menargetkan ekspansi yang kian masif, AMRT menyiapkan alokasi belanja modal atau Capital Expenditure (CapEx) sebesar Rp3,5 triliun.
Alfamart berencana melanjutkan ekspansi gerai setelah menambahkan total 1.275 gerai baru bersama entitas anak. Belanja modal akan difokuskan untuk menambah gerai baru dan memperpanjang sewa lokasi gerai yang telah habis masa sewanya. Selain itu, Alfamart juga berencana melakukan pembelian tanah dan menambah gudang baru.
AMRT menargetkan menambah gerai sekitar 800 Sampai 1.000 unit dengan total CapEx mencapai sebesar Rp3,4 triliun sampai Rp3,5 triliun.
Hingga Kuartal I-2022, AMRT tercatat telah sukses membuka 317 gerai baru dengan serapan CapEx mencapai Rp800 miliar. Ekspansi akan menyasar lokasi-lokasi di luar Jawa, seiring dengan meningkatnya porsi gerai di luar Jawa dalam 5 tahun terakhir.
Sekadar informasi Alfamart tercatat membukukan peningkatan kinerja pada 2021 dengan pendapatan neto sebesar Rp84,9 triliun, tumbuh 11,97% secara YoY dari sebelumnya senilai Rp75,83 triliun pada kinerja tahun 2020. Peningkatan ini didorong oleh pertumbuhan penjualan dan penambahan jumlah gerai AMRT serta entitas anak sepanjang 2021.
Sepanjang kinerja tahun buku 2021 gerai Alfamart dan entitas anak tumbuh sekitar 7,27% atau bertambah 1.275 gerai. Tambahan gerai baru ini membuat total gerai menjadi 18.810 gerai yang terdiri atas 16.492 gerai milik AMRT dan 2.318 gerai milik Entitas Anak. “Pada 2021, pertumbuhan gerai perseroan dan entitas anak menunjukkan peningkatan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Walaupun masih dilanda pandemi COVID-19, tetapi perseroan masih dapat memanfaatkan peluang dengan melakukan ekspansi dengan menempatkan diri makin dekat dengan konsumen sehingga konsumen tetap dapat memenuhi kebutuhannya,” tutur Sekretaris Perusahaan AMRT, Tomin Widian.
Untuk itu tahun ini, Alfamart optimist kinerja dan produktivitas perusahaan dapat lebih baik.
Apalagi, secara nasional riset Nielsen Retail Audit menunjukkan bahwa bisnis ritel tumbuh 9,4% secara YoY, dengan penjualan di perdagangan modern tumbuh 3,1% dibandingkan dengan kinerja tahun 2020. Tercatat, pangsa pasar meningkat dari 29,4% pada tahun 2020 menjadi 30,9% pada 2021.
Sumber: Capex Rp3,5 Triliun, Alfamart (AMRT) Bakal Buka 1000 Toko Baru, dengan perubahan seperlunya.