Saham

Alasan Investasi Saham Penting untuk Dilakukan Sejak Dini

alasan investasi saham

Ajaib.co.id – Ada begitu banyak alasan investasi saham itu adalah penting, terlebih dimulai sedini mungkin. Apa saja alasan investasi saham tersebut? Simak ulasan redaksi Ajaib berikut ini untuk mengetahuinya.

Siapa sih yang masih asing dengan istilah investasi? Apalagi kata tersebut sekarang sudah banyak sekali ditemukan di berbagai media massa. Investasi sendiri adalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi suatu negara. Semakin tinggi tingkat investasi, maka akan semakin tinggi juga pertumbuhan ekonominya.

Investasi banyak jenisnya. Mulai dari investasi properti, emas, valas, hingga saham. Di Indonesia, dari sekian banyak jenis investasi yang ada. Namun dari sekian banyak investasi yang ada, saham merupakan jenis yang paling banyak dilirik.

Tetapi tidak demikian dengan kalangan anak muda. Hal ini dikarenakan anak muda lebih suka menghabiskan uangnya untuk belanja atau menabung dibandingkan membeli saham di pasar modal, selain itu pengetahuan yang minim mengenai saham juga salah satu alasan kenapa anak-anak muda masih sedikit yang berinvestasi di saham.

Saham juga lebih populer di kalangan pebisnis dan orang-orang berusia paruh baya, adanya anggapan bahwa investasi saham harus dilakukan ketika memiliki penghasilan fantastis juga menjadi penyebab orang-orang di usia 20-30 tahun enggan melakukan investasi saham.

Padahal, keuntungan yang didapat jika sedari dini mulai berinvestasi saham itu banyak sekali lho! Apalagi mengingat sekarang sudah banyak sekali program dan aplikasi yang mengajak anak muda untuk berinvestasi saham, salah satunya gerakan dari Bursa Efek Indonesia (BEI) yang bernama Yuk Nabung Saham.

Tapi kira-kira kenapa ya investasi saham bisa begitu populer di Indonesia? Melalui investasi saham, kamu bisa mendapat keuntungan dalam jangka panjang minimal lima tahun.

Selain itu harganya juga relatif terjangkau dan sifatnya yang fleksibel membuat investasi saham mudah dilakukan. Tidak hanya itu, berinvestasi di usia dini juga memberikan keuntungan yang luar biasa banyak. Seperti apa sih? Simak alasan investasi saham adalah hal yang penting ini.

Modal Relatif Kecil

Ketika ingin melakukan investasi, pasti pertanyaan yang muncul pertama kali adalah berapa banyak sih dana yang harus dikeluarkan? Tenang saja, kamu nggak perlu khawatir karena ada banyak instrumen investasi yang bisa kamu jadikan tempat untuk menempatkan sejumlah dana yang ada.

Jadi, buang jauh-jauh deh pikiran kalau investasi saham itu membutuhkan modal yang besar karena meskipun kamu cuma punya modal Rp100.000 aja kamu sudah bisa membeli beberapa slot saham. Untuk kamu yang nggak punya modal cukup, sekarang pun sudah bisa jual-beli saham dengan cara dicicil lho!

Cara Bertransaksi Mudah

Dalam prakteknya, melakukan investasi itu sangatlah mudah dan praktis bila dibandingkan dengan berbagai macam jenis investasi lainnya yang memerlukan membawa surat-surat sertifikat, perjanjian atau menyewa notaris guna memperlancar proses jual-beli.

Sementara ketika kamu berinvestasi saham, kamu hanya perlu menghubungi broker dan melakukannya secara online di platform atau aplikasi saham untuk melanjutkan proses jual-beli.

Waktunya Fleksibel

Salah satu keunggulan dari investasi saham selain modalnya tidak besar dan transaksinya mudah adalah waktunya yang fleksibel karena bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Hal ini sangat cocok untuk kamu yang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu dan tentunya tidak akan mengganggu kegiatan utama kamu atau mengurangi kesibukan kamu.

Karena, kamu tidak perlu datang langsung ke bursa saham untuk membeli atau menjual sebuah saham. Kamu bisa melakukan jual-beli saham dari rumah sekalipun secara online. Namun jika kamu ingin melakukannya secara offline kamu juga bisa dengan datang ke bursa saham.

Sifatnya Transparan dan Likuid

Investasi saham merupakan jenis investasi yang sifatnya transparan karena kamu sebagai seorang investor bisa melihat dengan jelas harga permintaan dan penawaran serta jumlah slot yang diminta atau ditawarkan dari masing-masing perusahaan.

Hal ini diatur oleh Lembaga Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang mewajibkan sebuah perusahaan yang sudah go public untuk menawarkan sahamnya ke calon investor dengan transparan, sehingga semua laporan keuangan perusahaan yang sudah terdaftar di bursa saham bisa diakses oleh publik.

Sehingga kamu sebagai investor juga bisa ikut menganalisis kondisi serta prospek perusahaan tersebut. Asik banget kan, selain berinvestasi kamu juga bisa mempelajari berbagai macam perusahaan.

Investasi saham juga bersifat likuid artinya mudah dicairkan dan dijual. Jadi, ketika suatu saat nanti kamu membutuhkan dana secara mendadak, kamu bisa mengandalkan investasi ini untuk dicairkan.

Keuntungan Tinggi dan Profit yang Maksimal

Saham memiliki dua jenis keuntungan, yaitu dividen dan capital gain. Capital gain adalah keuntungan yang akan didapat dari selisih harga beli dan harga jual dari saham yang kamu miliki. Sedangkan dividen adalah keuntungan yang kamu dapatkan dari nilai harga yang sudah ditentukan dari setiap saham yang kamu miliki.

Berinvestasi saham memiliki keuntungan yang lebih tinggi dan lebih banyak hasilnya ketimbang investasi lainnya. Jika kondisi pasar sedang bagus, maka kamu bisa mendapatkan keuntungan hingga 20-30 persen bahkan lebih dalam setahun, berbeda dengan investasi properti atau emas yang mungkin hanya bisa mengalami kenaikan 10-15 persen dalam setahun.

Dengan kamu berinvestasi saham sejak dini, tentu saja profit yang kamu dapatkan akan lebih banyak selama kamu memilih saham yang tepat.

Tabungan Jangka Panjang untuk Masa Depan

Nilai saham dipengaruhi oleh pergerakan inflasi. Jika kamu berinvestasi saham sejak dini, kamu bisa sekalian belajar dan memperkirakan dari awal dana yang kamu investasikan.

Dengan memilih saham yang terpengaruh dengan inflasi, maka kamu bisa mengetahui kapan kira-kira kemungkinan perkembangan nilai saham yang kamu punya. Sehingga kamu bisa membayangkan berapa banyak keuntungan yang kamu dapatkan ketika menyimpan dana kamu dalam saham jangka panjang.

Kenaikan harga saham yang cenderung tinggi juga bisa menyaingi laju inflasi setiap tahun. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kamu menabung uang di saham, karena akan memberikan timbal balik yang relatif tinggi.

Tentu saja, ketika suatu saat kamu membutuhkan uangnya kamu bisa menarik kembali uang yang sudah kamu simpan dengan menjual saham milik kamu. Asik banget kan?

Meskipun banyakalasan investasi saham dimulai sejak dini, namun perlu diingat bahwa kamu harus betul-betul memahami investasi saham dengan baik agar bisa memperoleh keuntungan yang maksimal. Pelajari dulu mengenai investasi saham melalui Ajaib!

Artikel Terkait