Investor Saham Pemula, Saham

Alasan Investasi Saham Penting untuk Dilakukan Sejak Dini

alasan investasi saham

Ajaib.co.id – Apakah kamu sedang mencari jawaban untuk alasan investasi saham itu penting? Kami akan membahasnya secara lengkap di sini.

Secara umum, pengertian dari investasi adalah penanaman aset atau dana oleh sebuah perusahaan atau perorangan. Penanaman dana ini untuk jangka waktu tertentu demi memperoleh imbal balik yang lebih besar di masa depan.

Instrumen investasi ada bermacam-macam dengan tingkat pengembalian yang berbeda-beda tentunya. Saham merupakan salah satu instrumen investasi yang diyakini dapat memberikan imbal hasil yang relatif tinggi di masa depan. Apalagi jika kita memilih berinvestasi pada saham perusahaan yang memiliki kinerja baik dan punya prospek bisnis yang menjanjikan. 

Invetasi saham kini menjadi tren di kalangan milenial. Pasalnya, jumlah investor saham di Indonesia saat ini sudah meningkat drastis bahkan didominasi oleh milenial. Terlihat di berbagai platform sosial media. Ada banyak anak muda yang membagikan sering membagikan informasi dan pengetahuan tentang investasi saham. Bahkan mengkapanyekan tentang alasan investasi saham harus dilakukan sejak dini.

Keuntungan Tinggi dan Profit yang Maksimal

Investasi adalah salah satu cara untuk melawan inflasi. Tahu kah kamu bahwa setiap tahun nilai uang selalu turun karena tergerus inflasi? Kamu pasti menyadari bahwa setiap tahun selalu ada kenaikan harga barang dan jasa apa pun itu. Kenaikan harga tersebut disebabkan oleh inflasi.

Contohnya, harga satu mangkok bakso sepuluh tahun bisa dihargai hanya dengan Rp5.000. Namun karena adanya inflasi setiap tahun membuat harga semangkok bakso naik dan menjadi Rp20.000 per mangkok saat ini.

Artinya nilai uang Rp5 ribu saat ini sudah menurun. Jika sepuluh tahun yang lalu bisa membeli semangkok bakso mungkin sekarang hanya bisa membeli dua buah gorengan.

Untuk itu sebaiknya kamu jangan hanya menabung di bank yang hanya memberikan keuntungan bunga pertahun sekitar 2%. Sedangkan tingkat inflasi pertahun bisa 3 sampai 5%, nantinya uang yang kamu simpan di tabungan bank tidak akan berkembang.

Investasi saham terbukti merupakan investasi yang dapat memberikan imbal hasil lebih besar dibandingkan dengan tabungan di bank. Rudiyanto, Direktur PT Panin Aset Managent pernah melakukan penelitian tentang berapa besar return yang bisa dihasilkan dari berinvestasi saham.

Rudiyanto mengumpulkan data IHSG seama 16 tahun terakhir yaitu dari 1997 – 2013. Dari penelitian tersebut Rudiyanto mendapatkan hasil bahwa keuntungan rata-rata dari berinvestasi saham adalah 20% dalam 1 sampai 5 tahun. Return tersebut akan didapatkan investor dari dividen maupun capital gain. Dividen adalah bagi hasil keuntungan perusahaan kepada para pemegang sahamnya. Sedangkan capital gain adalah keuntungan dari selisih antara harga beli dengan harga jual.

Baca Juga: Cara mendapatkan Dividen

Saham adalah Investasi Jangka Panjang untuk Masa Depan

Return yang besar dari saham membuatnya cocok untuk dijadikan investasi atau tabungan jangka panjang. Apalagi jika kamu memulainya sejak dini, tentu saja profit yang kamu dapatkan akan lebih banyak untuk memenuhi rencana kamu di masa depan.

Kamu bisa mempersiapkan dana untuk membeli mobil, rumah, menikah, pendidikan anak atau dana pensiun lewat hasil penjualan saham yang sudah kamu investasikan. Tentunya jika kamu memilih saham yang tepat, yaitu saham-saham perusahaan yang mempunyai kinerja operasional dan keuangan baik juga tidak pernah mendapat pemberitaan buruk.

Sudah banyak cerita sukses dari para investor saham yang menaruh investasinya untuk jangka panjang lho, seperti Warrent Buffet, Benjamin Graham dan George Soros. Di Indonesia sendiri investor saham yang sukses antara lain Lo Kheng Hong, Andika Sutoro, Ellen May dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Tips Memilih Saham Untuk Pemula

Modal Relatif Kecil

Ketika ingin melakukan investasi, pasti pertanyaan yang muncul pertama kali adalah berapa banyak sih dana yang harus dikeluarkan? Tenang saja, kamu nggak perlu khawatir karena ada banyak instrumen investasi yang bisa kamu jadikan tempat untuk menempatkan sejumlah dana yang ada.

Jadi, buang jauh-jauh deh pikiran kalau investasi saham itu membutuhkan modal yang besar karena meskipun kamu cuma punya modal Rp100.000 aja kamu sudah bisa membeli beberapa slot saham. Untuk kamu yang nggak punya modal cukup, sekarang pun sudah bisa jual-beli saham dengan cara dicicil lho!

Cara Bertransaksi Mudah

Dalam prakteknya, melakukan investasi itu sangatlah mudah dan praktis bila dibandingkan dengan berbagai macam jenis investasi lainnya yang memerlukan membawa surat-surat sertifikat, perjanjian atau menyewa notaris guna memperlancar proses jual-beli.

Sementara ketika kamu berinvestasi saham, kamu hanya perlu menghubungi broker dan melakukannya secara online di platform atau aplikasi saham untuk melanjutkan proses jual-beli.

Waktunya Fleksibel

Salah satu keunggulan dari investasi saham selain modalnya tidak besar dan transaksinya mudah adalah waktunya yang fleksibel karena bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Hal ini sangat cocok untuk kamu yang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu dan tentunya tidak akan mengganggu kegiatan utama kamu atau mengurangi kesibukan kamu.

Karena, kamu tidak perlu datang langsung ke bursa saham untuk membeli atau menjual sebuah saham. Kamu bisa melakukan jual-beli saham dari rumah sekalipun secara online. Namun jika kamu ingin melakukannya secara offline kamu juga bisa dengan datang ke bursa saham.

Sifatnya Transparan dan Likuid

Investasi saham merupakan jenis investasi yang sifatnya transparan. Kamu sebagai investor bisa melihat harga permintaan dan penawaran serta jumlah slot yang diminta atau ditawarkan dari masing-masing perusahaan.

Hal ini diatur oleh lembaga Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Perusahaan yang sudah go public diwajibkan untuk menawarkan sahamnya ke calon investor dengan transparan. Sehingga semua laporan keuangan perusahaan yang sudah terdaftar di bursa saham bisa diakses oleh publik.

Sehingga kamu sebagai investor juga bisa ikut menganalisis kondisi serta prospek perusahaan tersebut. Asik banget kan, selain berinvestasi kamu juga bisa mempelajari berbagai macam perusahaan.

Investasi saham juga bersifat likuid artinya mudah dicairkan dan dijual. Jadi, ketika suatu saat nanti kamu membutuhkan dana secara mendadak, kamu bisa mengandalkan investasi ini untuk dicairkan.

Apa yang Harus Dilakukan Sebelum Berinvestasi Saham?

Selain alasan investasi saham yang disebutkan di atas, ada alasan lain yang tak kalah penting, yaitu berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi negara. Sebab salah satu faktor pendorong pertumbuhan ekonomi suatu negara adalah kegiatan investasi, termasuk investasi saham. Sehingga semakin banyak investor saham di negara kita maka akan semakin tinggi juga pertumbuhan ekonominya.

Kamu sudah melihat bahwa ada banyak alasan mengapa investasi saham perlu dimulai sejak dini. Namun perlu diingat bahwa kamu harus betul-betul memahami investasi saham dengan baik sebelum memulainya. Agar bisa memperoleh keuntungan yang maksimal.

Untuk mempelajarinya, kamu bisa mulai dengan membaca artikel-artikel saham untuk pemula yang ada di halaman belajar Ajaib. Jika kamu sudah mulai mengerti segera mulai investasi saham. Download aplikasi Ajaib yang tersedia di Apps Store maupun Playstore dan membuka rekening saham.

Baca Juga: Langkah-langkah Membuka Rekening Saham di Ajaib

Caranya mudah dan cepat hanya butuh waktu 5 menit dan tidak ada minimal deposit. Semua transaksi saham baik itu jual-beli diproses secara online.

Yuk, jangan cuma habiskan uangmu untuk kebutuhan gaya hidup semata. Mulai sisihkan uangmu untuk berinvestasi saham. Luangkan waktu untuk menambah pengetahuanmu tentang saham dengan Ajaib agar mendapat keuntungan besar di masa mendatang.

Artikel Terkait