Investasi

Cara Investasi Bagi Freelancer yang Belum Punya Pendapatan Tetap

Cara Investasi Bagi Freelancer yang Belum Punya Pendapatan Tetap

Pendapatan tetap belum ada tapi mau investasi? Tidak ada salahnya. Bagi kamu para freelancer yang mau melakukan investasi, mungkin sering merasa bahwa berinvestasi adalah hal yang mustahil. Beratnya tantangan keuangan, investasi tetap perlu diperjuangkan untuk melindungi nilai uang yang dimiliki saat ini. Jika tidak, nilainya perlahan tapi pasti akan tergerus oleh inflasi, hingga daya belinya menurun.

Tantangan Kondisi Belum Punya Pendapatan Tetap

Di tengah turbulensi ekonomi dunia saat ini, penurunan penghasilan, perampingan hingga tutupya korporasi dunia sudah jadi berita sehari-hari. Bayangkan berapa banyak individu yang kehilangan pekerjaan tetap sehingga mengubah drastis pola kehidupannya. Tidak rutinnya jumlah pendapatan menyulitkan perencanaan anggaran konsumsi, apalagi investasi. Namun itu bukanlah alasan untuk berhenti berinvestasi, hanya perlu lebih kreatif dan inovatif. 

Cara Investasi Bagi Mahasiswa

Mahasiswa umunya masih rutin disupport secara bulanan oleh ortu, atau kerja sampingan. Cobalah menyisihkan uang setelah menganggarkan keperluan konsumsi dan tabungan jaga-jaga, untuk diinvestasikan. Mahasiswa investasi? Tidak terlalu dini? Semakin dini memulainya, semakin panjang waktu investasi, semakin menjanjikan hasilnya nanti. Betul bukan? Dan jangan beralasan bahwa berinvestasi itu mahal, karena berapapun uangnya, kamu tetap bisa memilih investasi. Coba berinvestasi di produk reksa dana berisiko rendah yang berada dalam pengawasan pemerintah via Otorita Jasa Keuangan. Modal awalnya tidak tanggung-tanggung murahnya, ada yang cuma Rp100.000. Belinya bisa online, mengelolanya pun bisa menggunakan aplikasi

Cara Investasi Bagi Pekerja Lepasan

Freelancer atau pekerja lepasan adalah tenaga profesional dan unprofesional yang bekerja berdasarkan pesanan kontrak proyek, bukan kepegawaian. Ada yang dibayar bertahap hingga pekerjaan selesai, ada yang di akhir, dengan nilai fee-nya sudah fixed dari awal. Dalam sistem pendapatan seperti ini, usahakan untuk memberlakukan rumus 40 : 30 : 30 – yaitu 40% dari fee dianggarkan untuk konsumsi hingga mendapatkan kontrak kerja baru, 30% untuk cicilan (jika ada), 30% untuk tabungan jaga-jaga & investasi.

Kalau kamu menjadi seorang freelancer yang tidak punya cicilan, 30% bisa kamu gunakan untuk tabungan jaga-jaga, 30% untuk investasi. Karena ritme hidup pekerja lepas sarat ketidakpastian, pilihlah produk investasi yang fleksibel penyetoran dan penarikannya seperti reksa dana. Tidak seperti deposito, reksa dana bisa dicairkan kapan saja di mana saja tanpa pinalti. Keuntungannya yang relatif naik turun pun akhirnya tetap memberikan keuntungan. Itulah tips investasi freelancer yang bisa kamu tiru.

Cara Investasi Bagi Ibu Rumah Tangga

Ibu rumah tangga adalah menteri keuangan keluarga yang mendapat anggaran tetap dari kepala keluarga untuk memenuhi semua kebutuhan keluarga, lalu menyisihkan sisanya untuk tabungan jaga-jaga dan investasi. Sayangnya, ibu rumah tangga umumnya cenderung fanatik berinvestasi emas, terutama perhiasan. “Berhias Sambil Menabung” begitu bujukan para toko perhiasan emas kepada para ibu. Nggak salah, karena memang harga emas tren-nya naik terus dan gampang dijual kembali. Namun kelemahannya jaminan keamanan penyimpanannya. Aman jika disimpan di penyewaan safety box bank, tapi repot kalau ingin dipakai sewaktu-waktu. Bahkan, saat sedang dipakai pun bisa dijambret!Karenanya, cobalah untuk melakukan diversifikasi investasi ke reksa dana. Murah, mudah, aman.

Cara Investasi Bagi Manula

Saat muda, berinvestasi untuk masa tua. Waktu sudah tua, jika ada dana lebih, berinvestasilah  untuk cucu-cucu tersayang. Kalau dana itu cuma untuk traktir makan, traktir jalan-jalan, kan habis begitu saja. Tapi kalau dialihkan ke investasi demi membantu masa depan mereka, kan keren! Di saat perjuangan menuju masa depan semakin berat, support seperti ini pasti sangat berarti bagi mereka.

Nah itu dia beberapa cara investasi buat kamu yang masih belum memiliki penghasilan tetap. Lalu investasi apa yang harus kamu pilih? Banyak investasi yang bisa kamu pilih, mulai dari investasi saham, reksa dana, hingga investasi emas. Semuanya bisa kamu pilih sesuai kemampuan, kebutuhan, dan juga tujuan investasimu. Ajaib adalah salah satu platform investasi saham dan reksa dana online yang bisa membantu kamu menyetorkan dana untuk diinvestasikan di perusahaan-perusahaan saham. Jadi tunggu apalagi? Investasi sekarang di Ajaib.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait