Obligasi

Jenis Obligasi Negara yang Cocok Dipilih Investor Pemula

Jenis Obligasi Negara yang Sesuai untuk Pemula

Ajaib.co.id – Pernah dengar istilah obligasi? Tahukah kamu apa sebenarnya obligasi itu? Dikutip dari artikel Otoritas Jasa Keuangan (OJK), obligasi adalah instrumen surat utang yang tersedia dalam jangka menengah maupun jangka panjang yang dapat diperjualbelikan. 

Obligasi ini berisikan perjanjian dari pihak yang menerbitkan efek untuk membayarkan imbalan berupa bunga atau kupon pada periode tertentu serta melunasi pokok utang pada akhir waktu yang telah ditentukan, kepada pihak pembeli surat utang tersebut.  Dibandingkan dengan saham, instrumen ini adalah investasi yang relatif memiliki risiko menengah dengan pertumbuhan nilai investasi yang juga relatif stabil. 

Nah, jenis obligasi juga dibeda-bedakan atas penerbitnya yaitu obligasi negara berupa surat utang yang diterbitkan oleh pemerintah suatu negara, dan obligasi korporasi berupa obligasi yang diterbitkan oleh perusahaan. 

Bagi pemula, obligasi negara jelas lebih menggiurkan dan minim risiko dibandingkan dengan obligasi korporasi. Karenanya, kali ini akan dibahas mengenai obligasi negara dan jenis obligasi yang cocok untuk pemula

Obligasi Negara

Sama seperti namanya, obligasi negara adalah surat utang yang diterbitkan oleh pemerintahan suatu negara melalui Kementerian Keuangan. Pada prinsipnya, obligasi negara dapat dibeli di pasar sekunder oleh individu dan atau institusi sesuai dengan ketentuannya masing-masing. Hal ini juga bisa juga berarti, negara berutang kepada kamu jika kamu membeli obligasi. 

Nah, di Indonesia, obligasi negara dibedakan atas pengakuan utang dalam denominasi yang umumnya adalah rupiah dan dolar Amerika Serikat.

Beberapa contoh produk obligasi yang dikeluarkan oleh pemerintah di antaranya adalah;

1. Obligasi FR atau Fixed Rate

Obligasi FR atau Fixed Rate merupakan surat utang yang diterbitkan dalam mata uang rupiah dengan kupon tetap dalam jangka waktu tertentu. Pembayaran kupon akan dilakukan secara bertahap dan pengembalian nilai pokok akan dilakukan pada saat jatuh tempo. 

Berdasarkan sumber DBS, minimum investasi untuk FR adalah Rp100 juta dengan kelipatan Rp1 juta. Jenis obligasi ini juga dapat dijual kembali dengan minimum penjualan Rp100 juta dengan kelipatan Rp1 juta. 

2. Obligasi Negara Seri INDON

Seri jenis obligasi ini adalah surat utang yang diterbitkan dalam denominasi dolar Amerika Serikat dengan kupon tetap dalam jangka waktu tertentu. Produk ini merupakan jenis obligasi yang umumnya tidak terproteksi. 

Minimum investasi produk INDON adalah USD 10.000 dengan kelipatan USD 1.000 dengan minimum penjualan kembali yakni USD 10.000 dengan kelipatan USD 1.000. 

3. Obligasi Negara Seri INDOIS

INDOIS adalah surat utang jangka panjang yang diterbitkan dengan atau tanpa kupon khususnya ditawarkan dalam tempo di atas 12 bulan. 

Jenis obligasi ini ditawarkan dalam denominasi dolar Amerika Serikat yang dijamin pembayaran kupon dan pokoknya oleh pemerintah, sesuai dengan masa berlakunya.

4. Obligasi Negara Ritel (ORI)

Berdasarkan sumber Kemenkeu, Obligasi Negara Ritel atau ORI adalah penawaran surat berharga negara (SBN) yang diperuntukkan kepada individu atau perseroan melalui mitra distribusi di pasar perdana kepada warga negara Indonesia. 

Kupon yang ditawarkan adalah tetap dengan minimal pembelian yang cukup terjangkau yakni Rp1 juta dengan maksimal pembelian adalah Rp3 miliar dan memiliki potensi capital gain/loss. ORI berbentuk warkat dan kemudian dapat diperdagangkan kepada investor domestik. 

5. Saving Bond Ritel (SBR)

Sama seperti ORI, Saving Bond Ritel juga adalah jenis obligasi yang diperuntukkan bagi individu warga negara Indonesia dengan fasilitas kupon mengembang dengan kupon minimal yang telah disesuaikan. 

Pembelian SBR juga cukup terjangkau yakni Rp1 juta dengan tenggat jatuh tempo berkisar 2 tahun dengan fasilitas early redemption. 

6. Sukuk Negara Ritel

Masih berdasarkan sumber Kemenkeu, Sukuk Negara Ritel atau Sukuk Ritel adalah produk surat utang yang ditawarkan dengan prinsip syariah yang ditawarkan kepada individu warga negara Indonesia. 

Sukuk ritel memiliki imbalan tetap yang dibayarkan secara berkala setiap bulan, bertenor tiga tahun dengan pemesanan yang juga cukup terjangkau yakni Rp1 juta. Jenis obligasi ini tidak mengandung unsur judi ataupun riba karena sudah sesuai dengan syariah yang ditetapkan oleh Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI). 

7. Sukuk Tabungan

Sama seperti Sukuk Negara Ritel, Sukuk Tabungan adalah jenis obligasi yang ditawarkan dengan pengelolaan investasi berbasis prinsip syariah dan diperuntukkan bagi individu warga negara Indonesia. 

Memiliki tenor 2 tahun, sukuk tabungan menawarkan imbalan mengembang dengan ketersediaan imbalan minimal, namun tidak dapat diperdagangkan atau dialihkan. Tetapi, sukuk tabungan memiliki fasilitas early redemption dan pemesanan obligasi ini juga cukup terjangkau yakni mulai dari Rp1 juta. 

Obligasi FR, Jenis Obligasi Negara yang Menguntungkan

Bukan hanya sekedar memiliki imbal hasil atau yield obligasi yang tinggi, yaitu sekitar 5-7 persen per tahun, obligasi FR juga termasuk instrumen investasi yang sangat aman karena pemerintah Indonesia menjamin 100 persen pembayaran pokok dan kuponnya. Selain itu, pajak yang dikenakan obligasi FR hanyalah 10 persen dari imbal hasil yang diterima.

Untuk lebih jelasnya, di bawah ini adalah beberapa alasan kenapa kamu bisa mempertimbangkan obligasi FR sebagai salah satu portofolio sahammu.

1. Dijamin oleh Negara

Berdasarkan Undang-undang Republik Indonesia nomor 24 tahun 2002 tentang Surat Utang Negara Bab I Pasal 1, Surat Utang Negara merupakan surat berharga berupa surat pengakuan utang dalam mata uang rupiah maupun valuta asing yang dijamin pembayaran pokok dan bunganya oleh negara republik Indonesia sesuai dengan masa berlakunya. 

Bukan hanya itu, obligasi FR ini juga dijamin dengan pembayaran bunga serta nominalnya kepada investor, karena pemerintah akan menjamin uang yang diinvestasikan oleh para nasabah agar tetap aman.

2. Menawarkan Keuntungan Lebih Tinggi dari Deposito

Keuntungan lain dari memilih jenis obligasi negara adalah nilai imbal hasil investasi yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan imbal hasil yang diberikan oleh bank melalui produk deposito. Rata-rata imbal hasil obligasi FR adalah 6-7%, sedangkan deposito hanya berkisar 2,97%.

3. Imbal Hasil Dapat Dikunci saat Membeli

Kelebihan obligasi FR selanjutnya masih berkaitan dengan imbal hasil. Pada saat nasabah membeli obligasi FR, imbal hasilnya akan langsung dikunci. Dengan begitu, investor tidak perlu khawatir akan adanya kemungkinan perubahan nilai bunga.

4. Terdapat Kupon Setiap 6 Bulan

Salah satu kelebihan obligasi FR adalah adanya kupon yang akan ditransfer secara langsung kepada nasabah setiap 6 bulan sekali. Hal itu akan tetap dilakukan meskipun kondisi perekonomian menurun. Kondisi ini tentu akan sangat menguntungkan bagi para investor, sehingga investor bebas khawatir obligasi tersebut gagal bayar.

5. Kupon Diakumulasi Setiap Hari

Kelebihan obligasi fixed rate lainnya adalah akumulasi kupon akan dilakukan setiap hari, sehingga investor bisa melakukan perhitungan keuntungan secara rutin. Selain itu, meskipun investor menjual obligasinya sebelum jatuh tempo, bunga yang didapatkan tidak akan dipotong, sehingga keuntungannya tetap utuh.

6. Bisa Dijual Sebelum Jatuh Tempo

Berbeda dengan jenis obligasi lainnya, obligasi FR ini bisa dijual sebelum jatuh tempo, sehingga sangat cocok digunakan sebagai salah satu cara kamu menyimpan dana darurat. Ketika menjualnya, kamu juga tidak akan dikenakan penalti.

7. Berkontribusi untuk Negara

Selain bisa mendapatkan capital gain dan atau keuntungan dari pembayaran kuponnya, membeli obligasi negara berarti kamu sudah berkontribusi kepada negara karena seluruh dana yang diperoleh dari hasil penerbitan berbagai jenis obligasi negara umumnya digunakan untuk membiayai defisit APBN hingga mendukung pembangunan infrastruktur negara.

Nah, jika kamu ingin berinvestasi dengan membeli obligasi negara, kamu bisa berinvestasi di obligasi FR di Ajaib. Kini jual beli obligasi FR bisa kapan saja (24/7), lebih mudah & praktis karena prosesnya 100% online. Yuk, berkontribusi untuk pembangunan negara dan tetap mendapatkan profit dari kupon pasti yang dibayarkan secara periodik. Yuk, tuntaskan misi investasi kamu bersama Ajaib Bond! Download Ajaib sekarang!


Disclaimer: Investasi Obligasi mengandung risiko dan seluruhnya menjadi tanggung jawab pribadi Anda. harap berinvestasi sesuai profil risiko pribadi AndaAjaib Sekuritas membuat informasi ini melalui riset internal perusahaan, tidak dipengaruhi pihak manapun, dan bukan merupakan rekomendasi, ajakan, usulan ataupun paksaan untuk melakukan transaksi jual/beli Efek termasuk Obligasi. Harga  Obligasi dapat berfluktuasi secara real-time. Harap berinvestasi sesuai keputusan pribadi, serta mempelajari risiko dan informasi produk Obligasi sebagaimana  tercantum dalam setiap dokumen publikasi terkait produk tersebut.

Artikel Terkait