Investasi, Milenial

Cara Memilih Investasi yang Baik untuk Milenial

Ajaib.co.id – Seperti yang kita ketahui, generasi milenial saat ini sudah memiliki penghasilan sendiri. Namun, mereka sulit menabung karena gaya hidup yang tinggi.

Generasi milenial juga mulai tertarik untuk berinvestasi. Salah satu cara memilih investasi yang baik untuk milenial adalah menyisihkan dana atau tabungan terlebih dahulu.

Tentunya, kamu akan mendapatkan uang tambahan ketika berinvestasi. Saat ini, sudah banyak jenis investasi yang bisa kamu pilih untuk tabungan di masa mendatang. Jika ingin mendapatkan keuntungan yang besar, kamu harus siap menghadapi risiko yang besar pula.

Contoh investasi dengan risiko besar adalah saham. Sementara investasi yang cukup aman dilakukan adalah emas.

Selain itu, investasi juga menjadi opsi terbaik bagi milenial yang ingin sukses. Jika kamu mengetahui cara memilih investasi yang baik, maka akan berhasil menjadi seorang investor yang sukses.

Bagi kamu yang ingin memulai investasi, berikut ini adalah cara memilih investasi yang baik untuk milenial:

Cara Memilih Investasi yang Baik

Tetapkan dari Sekarang

Jangan sampai kamu menunggu mapan untuk memulai berinvestasi. Seharusnya, kamu berinvestasi untuk mapan. Maka dari itu, kamu harus memulai investasi dari sekarang.

Jika kamu umurmu sudah matang, maka harus menetapkan tujuan berinvestasi. Sebaiknya, investasi dilakukan dalam jangka panjang. Hal itu bertujuan agar kamu tidak memiliki beban finansial saat tua nanti.

Lakukan Diversifikasi

Diversifikasi merupakan pembagian modal yang kamu miliki ke beberapa aset. Contohnya, diversifikasi emas/logam mulia, saham, surat utang hingga properti.

Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kegagalan jika ada salah satu aset kamu mengalami kerugian. Sebab, masih ada aset lain yang dapat menghasilkan keuntungan. Selain itu, beban yang dirasakan akibat kerugian pun jadi berkurang.

Pilih Investasi yang Tepat

Terdapat berbagai jenis investasi yang bisa kamu temukan di bursa saham. Kamu dapat memilih jenis investasi yang sesuai dengan kemampuan finansial mu.

Setiap jenis investasi tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Tentunya, ada risiko yang dimiliki.

Jenis investasi dengan risiko dan imbalan yang besar adalah saham, reksa dana, obligasi, dan deposito. Jika ingin berinvestasi saham, maka siapkan mental dan mempelajari cara berinvestasi saham agar mengetahui risikonya.

Mulai dari Investasi Kecil

Kamu bisa mulai berinvestasi dengan modal yang minim. Pilihlah investasi yang aman dengan performa terbaik selama lima tahun hingga 10 tahun.

Selain itu, kamu juga bisa berkonsultasi kepada broker. Untuk bahan referensi, kamu bisa membaca buku mengenai tips berinvestasi saham untuk pemula dan mengikuti pergerakan saham di internet.

Tidak Perlu Terus Memantau

Jangan sampai terlalu memantau, karena akan membuat kamu khawatir saat membuat keputusan.

Sebetulnya, tujuan utama dari investasi adalah menghasilkan kekayaan dalam jangka waktu panjang. Maka dari itu, kamu memantau investasimu setiap satu bulan sekali.

Jenis Investasi yang Menguntungkan untuk Milenial

Bagi kamu yang belum tahu cara memilih investasi yang baik, berikut ini adalah jenis-jenis investasi yang bisa dicoba oleh milenial:

Emas

Emas merupakan salah satu jenis investasi yang paling diminati oleh banyak orang, terutama generasi milenial.

Hal itu dikarenakan emas memiliki nilai yang stabil dan selalu naik setiap tahunnya. Terdapat dua jenis investasi emas, yaitu perhiasan dan emas murni.

Biasanya, investasi emas yang paling diminati adalah emas murni. Sebab, memiliki berat mulai dari 1 gram hingga 100 gram.

Jika kamu ingin berinvestasi emas, maka bisa membelinya di Kantor ANTAM atau agen penyedia emas terpercaya. Salah satunya adalah Pegadaian.

Selain itu, berbagai bank di Indonesia juga menyediakan layanan investasi emas dengan cara cicil atau bayar langsung.

Saham

Saham juga menjadi salah satu jenis investasi terbaik yang bisa dilakukan oleh generasi milenial. Jika kamu memiliki saham, maka disebut sebagai owner atau pemilik perusahaan.

Investasi saham semakin diminati oleh banyak orang. Saat ini, generasi milenial mencari tahu seluk beluk soal investasi saham melalui internet.

Kamu bisa mencari perusahaan dengan reputasi yang baik, terutama dalam hal finansial.

Reksa Dana

Jenis investasi yang satu ini juga diminati oleh generasi milenial. Sebab, mereka bisa berinvestasi reksa dana melalui sosial media dan marketplace yang sangat cocok untuk milenial.

Sudah banyak orang yang beralih ke reksa dana, karena investasinya bisa disalurkan ke beberapa instrumen. Artinya, kamu tidak hanya berinvestasi di satu perusahaan saja, namun juga di beberapa perusahaan.

Tentunya, hal itu akan membuat kamu tetap memiliki keuntungan jika ada satu perusahaan yang menurun.

Deposito

Deposito merupakan jenis investasi yang terbilang mudah didapatkan, kemudian dapat dilakukan oleh seluruh bank di Indonesia.

Produk investasi ini menawarkan suku bunga tetap dan tinggi dari suku bunga tabungan. Dengan begitu, para nasabah bisa menentukan jangka waktu investasi sesuai yang ditawarkan oleh pihak bank.

Umumnya, jangka waktu 1, 3, 5, 12, dan 12 bulan. Dalam kurun waktu tersebut, kamu tidak boleh mengambil deposito dan harus memiliki rekening berbeda.

Keuntungan dari deposito pun tidak terlalu besar, karena suku bunga yang ditetapkan adalah 3% hingga 3,15%.

Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba jenis investasi ini agar kamu tidak salah langkah dalam berinvestasi.

Properti

Investasi properti terbilang cukup menjanjikan, karena berkaitan dengan kebutuhan utama masyarakat saat ini.

Setiap orang pastinya menginginkan hunian untuk ditinggali, disewakan, dijual, atau pun investasi lainnya.

Sama seperti emas, investasi properti juga berkembang setiap tahunnya. Sehingga, banyak orang yang beralih ke jenis investasi ini.

Jika kamu ingin berinvestasi properti, maka harus memahami terlebih dahulu mengenai kelebihan atau keuntungan yang dihasilkan dari investasi ini.

Apabila terjadi bencana alam, maka investasi properti milikmu akan mengalami kerugian. Salah satu cara untuk mengatasi hal itu adalah mengasuransikannya. Kamu harus mengeluarkan biaya untuk asuransi.

Itulah penjelasan mengenai cara memilih investasi yang baik untuk milenial. Dengan begitu, kamu bisa menentukan dan mengaplikasikannya agar mendapatkan keuntungan yang besar. Selain itu, kamu juga bisa menabung untuk masa depan.

Artikel Terkait