Dunia Kerja

Fresh Graduate Perlu Simak 4 Tips Cari Pekerjaan Ini

fresh graduate

Ajaib.co.id – Sebagai fresh graduate, mencari kerja itu sebenarnya susah-susah mudah. Namun, bila kamu sudah mengetahui caranya, hal ini bisa menjadi lebih mudah. Lalu, apa saja tips untuk mencari pekerjaan bagi lulusan baru ini?

Tidak lama setelah susah payah menyusun skripsi dan wisuda, kamu akan diperhadapkan dengan sebuah tantangan baru: mencari pekerjaan. Sebagai fresh graduate, mencari pekerjaan setelah kamu lulus tentu bukan hal yang mudah.

Mungkin saja kita merasa minder atau insecure ketika melihat teman-teman sesama fresh graduate mendapatkan pekerjaan lebih cepat dari biasanya. Atau mungkin, kita merasa tertekan dengan lingkungan sekitar yang kerap kali menanyakan tentang kapan mulai bekerja.

Fase awal sebagai fresh graduate memang bisa terasa berat, namun jangan takut, dengan melakukan riset dan persiapan yang matang, kamu akan mendapatkan cara yang baik dan kepercayaan diri untuk sukses mendapat pekerjaan pertamamu. Dalam artikel ini, redaksi Ajaib akan membahas mengenai tips bagi para fresh graduate dalam mencari pekerjaan baru. Penasaran, kan? Yuk, simak selengkapnya di sini!

Jujur pada Diri Sendiri

Sebelum kamu memulai melakukan job hunting, menyusun CV, atau mengirim surat lamaran kerja, ada satu tahap yang harus kamu lakukan, yaitu renungkan dan tanyakan pada dirimu sendiri tentang apa yang kamu anggap penting dalam hidupmu.

Cobalah untuk mencari tahu apa saja nilai-nilai yang kamu pegang karena memahami apa yang penting bagi dirimu adalah sebuah langkah vital dalam pertimbangan pilihan karier nanti. Apakah kamu sanggup mengambil pekerjaan yang mengharuskanmu untuk tinggal jauh dari keluarga?

Kalau tidak, artinya kamu perlu mencari pekerjaan dengan lokasi dan penempatan yang lebih spesifik. Apakah kamu cukup sabar menghadapi orang-orang yang meminta bantuanmu? Kalau tidak, artinya mungkin pekerjaan di bidang customer service bukanlah pilihan tepat untukmu.

Intinya, nilai atau value yang kamu pegang adalah bagian penting di dalam diri, fokuslah untuk mencari pekerjaan yang sejalan dengannya karena ini akan memudahkan dalam memutuskan jalan karier dan masa depan.

Kuasai Soft Skill-mu

Banyak dari employers mementingkan soft skill, bahkan terkadang soft skill jadi lebih diperhatikan daripada skill teknis ataupun pengalaman. Soft skill seperti komunikasi, teamwork, dan sikap yang positif menjadi indikator bagi mereka untuk menilai seberapa baik kamu akan bisa beradaptasi dengan lingkungan dan budaya pekerjaan dan perusahaan mereka.

Oleh karena itu, dengan mengembangkan soft skill yang baik sejak dini, maka kamu bisa menjadi lebih unggul dari para fresh graduate lainnya. Komunikasi adalah kunci bagi semua tempat kerja manapun. Keterampilan dalam komunikasi verbal atau komunikasi tertulis merupakan faktor penting dalam membangun hubungan atau relasi profesional di tempat kerja dan dalam menentukan bagaimana kamu dipandang oleh orang lain.

Kemampuan untuk mengekspresikan pikiran dengan jelas menjadi sangat penting untuk situasi pekerjaan umum seperti briefing proyek, presentasi, dan rapat.

Teamwork maksudnya adalah skill atau kemampuan untuk bekerja sama dengan baik bersama orang lain untuk mencapai tujuan. Dalam mencari karyawan baru, employers memperhatikan mereka yang mampu membangun hubungan baik dengan yang lain ketika mengerjakan suatu tugas. Selain untuk menyelesaikan pekerjaan, skill ini juga untuk membangun hubungan pertemanan.

Sikap yang positif adalah hal yang menarik bagi perekrut pekerjaan dan pewawancara. Seorang yang bisa fokus dalam tindakan dan memberi solusi adalah sangat bernilai bagi perusahaan manapun. Membangun sikap yang positif bisa dimulai dari situasi sehari-hari, seperti ketika terjebak dalam kemacetan. Alih-alih mengeluh dan menjadi stres, kamu bisa mencoba untuk mencari rute alternatif.

Berpikir seperti seorang entrepreneur

Inovasi adalah hal yang utama bagi banyak perusahaan masa kini. Oleh karena itu, fresh graduate yang memiliki latar belakang kewirausahaan atau yang mampu berpikir seperti seorang wirausaha sekarang menjadi penting.

Kamu tidak perlu membuat bisnis atau usaha, namun kamu bisa tunjukkan kalau kamu mampu berpikir di unik layaknya seorang entrepreneur yang memegang banyak tanggung jawab dan memiliki skill tinggi dalam memecahkan masalah.

Kamu bisa mulai dengan media sosial. Buatlah unggahan atau post tentang sesuatu yang menarik bagimu dan bagikan ide untuk membuatnya menjadi sebuah bisnis atau usaha. Jadikan kegiatan menulis dan merancang ide sebagai alat untuk berlatih.

Skill seperti ini akan sangat membantu dalam mencari pekerjaan karena kamu akan terbiasa untuk berdiskusi dan menyampaikan pikiranmu dengan cara yang terstruktur. Dengan memiliki kemampuan berpikir seperti wirausaha, perusahaan akan melihatmu sebagai kandidat yang baik untuk mereka pekerjakan.

Lakukan Riset untuk Pekerjaan yang Kamu Lamar

Ketika melamar pekerjaan, pastikan untuk melakukan riset tentang pekerjaan yang kamu inginkan—mengenai tuntutannya maupun jenis industrinya.

Dengan ini, kamu bisa mendapat gambaran dan penilaian yang lebih realistis sehingga bisa membantumu mengatur ekspektasi dan rangkaian skill atau keterampilan yang dapat kamu kembangkan sebelumnya.

Misalnya, pekerjaan pemasaran atau marketing tentu tidak hanya tentang kreativitas dan skill sosial saja, namun industri pemasaran juga memerlukan kemampuan menganalisis data sehingga skill matematika-mu akan bernilai lebih.

Carilah informasi tentang rincian pekerjaan dan persyaratannya untuk suatu posisi dengan mencari deskripsi langsung atau melihat kualifikasi pekerjaan yang serupa.

Dengan mengetahui persyaratan minimum dan yang diutamakan, kamu dapat menentukan apakah pencapaianmu sudah sejalan dan mumpuni untuk posisi yang sedang dicari perusahaan.

Lakukan juga riset kecil untuk hal gaji. Ini dapat kamu lakukan dengan menanyakan keluarga atau kenalan yang sudah bekerja di industri pekerjaan yang kamu incar. Besaran gaji awal memang bervariasi di berbagai industri. Riset online juga bisa membantumu sebagai fresh graduate untuk mengetahui gambaran akan skala atau range dari gaji pada industri tertentu.

Dengan demikian, informasi yang kamu dapatkan dengan melakukan riset seperti ini akan membuatmu lebih paham akan suatu pekerjaan yang kamu cari.

Inilah empat tips yang wajib para fresh graduate ketahui dalam mencari pekerjaan. Besar harapan kami informasi ini boleh membantu kamu yang sedang mencari pekerjaan. Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait