Saham

IHSG Diprediksi Menguat! Ini 5 Rekomendasi Saham Hari Ini

rekomendasi saham hari ini

Ajaib.co.id – Di tengah wabah virus corona, adakah rekomendasi saham hari ini? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya kamu simak ulasan berikut ini.

Sepanjang perdagangan kemarin, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak di rentang 4.317,71 – 4.545,36. Bahkan sempat terjadi penghentian perdagangan sementara selama 30 menit (trading halt) usai IHSG tercatat anjlok sebesar 5% atau 227.28 poin turun ke angka 4.318,29 pada pukul 10.20 WIB kemarin.

Namun, saat penutupan setidaknya ada 85 saham yang menguat dan sebanyak 332 saham jatuh, lalu 106 saham stagnan seperti pada perdagangan sebelumnya. Sementara pada perdagangan Rabu (01/04/2020), IHSG diprediksi kembali teruskan penguatan sehingga ada beberapa rekomendasi saham hari ini yang layak untuk dibeli.

Sekedar informasi bahwa pada perdagangan Selasa (31/03/2020) kemarin, IHSG ditutup menguat sebesar 2,82% ke level 4.538,93. Kenaikan tersebut menandai penutupan perdagangan akhir Maret 2020 yang ditunjang oleh kelonjakan harga saham di sektor konsumer mencapai 6,26%.

Sedangkan total transaksi yang dilakukan oleh investor pada perdagangan Selasa kemarin mencapai 7,01 miliar saham dengan nilai Rp 7,91 triliun. Adapun beberapa saham yang berkapitalisasi pasar jumbo jadi penekan indeks, seperti diketahui saham BBRI melemah sebesar 6,81 persen, ASII anjlok 6,86 persen, BBNI turun menjadi 6,77 persen, dan BMRI yang juga ikutan menukik sebesar 6,88 persen.

Salah satu analisis dari Bank Panin Sekuritas, William Hartanto memberikan prediksinya bahwa IHSG akan cenderung bergerak menguat di rentang 4.400 hingga 4.760. Adapun kenaikan IHSG dinilai akan terjadi karena adanya rebound setelah di awal tahun mengalami koreksi 27,95%.

Hal serupa juga diutarakan oleh analisis Binaartha Sekuritas M. Nafan Aji Gusta Utama yang menilai bahwa IHSG berpotensi melanjutkan penguatan menuju ke resistance terdekat. Area resistance yang ia prediksi di rentang 4.697,67-4.883,15.

Sedangkan untuk level supportnya ada di rentang level 4.304,7 sampai 4.397,44. Lalu rekomendasi saham hari ini menurut William diantaranya PT Adaro Energy Tbk (ADRO), PT Indika Energy Tbk (INDY), PT Bukit Asam Tbk (PTBA) dan PT United Tractors Tbk (UNTR).

Hal sebaliknya diungkapkan oleh analisis Artha Sekuritas Indonesia, Dennies Christoper Jordan. Dirinya memprediksi kalau perdagangan IHSG hari ini cenderung bergerak mix melemah karena kekhawatiran investor adanya penyebaran virus corona ini diperkirakan masih terus membayangi pergerakan saham.

Menurut prediksinya, IHSG akan berada di rentang 4.355 sampai 4.447 untuk level support, sementara level resistance-nya ada di rentang antara 4.600 hingga 4.661. Untuk rekomendasi saham hari ini, Artha Sekuritas tidak merekomendasikan untuk beli melainkan hold di saham Bank BCA (BBCA). Hal ini karena situasi pasar masih dianggap volatif dan berpotensi melemah kembali.

Penyebaran Virus Corona Menginfeksi Pasar Saham Global

Penyebaran virus corona yang semakin hebat ini membuat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tertekan hebat. Hal itu tak cuma terjadi di Indonesia saja, wabah virus yang berasal dari Wuhan, Cina ini juga menginfeksi pasar saham Amerika Serikat.

Beberapa pakar menyebutkan bahwa pergerakan IHSG selama sepekan ini ditentukan oleh pergerakan perdagangan pasar global. Diprediksi indeks masih terus mengekor pergerakan saham di Amerika.

Sementara itu, tingkat penyebaran virus corona ini terus melesat di luar Cina khususnya di Amerika Serikat, Korea Selatan, dan Italia yang menggerogoti pertahanan pasar saham mereka.

Apalagi hingga kini AS tercatat sebagai negara dengan kasus corona tertinggi di dunia sebanyak lebih dari 163.000 kasus, dengan total kematian mencapai 3.017 orang. Jika diadakan tes massal di Amerika, jumlah tersebut kemungkinan besar bisa bertambah banyak.

Ketidakpastian kapan akan penyelesaian virus corona ini membuat banyak investor cemas, maka dari itu disarankan untuk lebih jeli dalam melakukan investasi.

Para investor bisa melirik sektor perbankan dan telekomunikasi, karena sektor-sektor tersebut dirasa masih solid sebagai pilihan investasi. Selain itu kinerjanya hingga saat ini pun tergolong cukup baik, serta punya ketahanan yang kuat terhadap goncangan yang tengah terjadi fundamental.

Hal itu karena kedua emiten sektor tersebut punya fundamental yang baik. Meski begitu, investor diharapkan terus memonitor pergerakan teknis IHSG dikarenakan ketakutan akan virus corona ini masih jadi sentimen negatif pasar saham.

Masalahnya, sampai saat ini sentimen pendongkrak IHSG baik secara domestik maupun global masih sangat minim. Oleh karena itu, investor jangan terlalu gegabah dan menunggu melihat potensi terjadinya rebound.

Selain itu, ada baiknya investor tidak mengoleksi saham-saham lapis dua dan tiga yang berisiko di tengah banyaknya aksi jual saham serta pengalihan modal ke aset yang lebih aman atau safe heaven. Kemudian dengan adanya rencana pemberlakuan aturan IMEI yang semakin dekat yakni 18 April 2020 diprediksi bisa jadi pendongkrak saham di sektor telekomunikasi.

Untuk pilihan rekomendasi saham ini ada saham PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA), lalu perusahaan retail dan distributor perangkat elektronik masih cukup baik. Walaupun kinerja dari ERAA ini sempat memerah di level lebih dari 10 persen pada awal Maret lalu, tapi perusahaan terpantau punya fundamental yang bagus.

Dalam 6 bulan terakhir performa perusahaannya sendiri meningkat sebesar 6,58 persen, jadi tak ada salahnya kamu mengoleksi saham ERAA ke dalam portfoliomu.

Berikut beberapa rekomendasi saham hari ini lainnya yang bisa dipilih, yaitu:

  • PT Bank Danamon Tbk (BDMN)
  • PT Kalbe Farma Tbk (KLBF)
  • PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk (MIKA)
  • PT London Sumatera Tbk (LSIP)
  • PT Indosat Ooredoo Tbk (ISAT)

Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait