Perencanaan Keuangan

Kata-kata Motivasi Singkat Soal Manajemen Keuangan, Wajib Tahu!

tentang manajemen keuangan

Motivasi adalah sesuatu yang dibutuhkan manusia untuk mencapai tujuannya. Kadang dalam perjalanan hidup, kita merasa lelah dengan kegagalan dan patah semangat apalagi ketika menghadapi masalah. Untuk itulah, keberadaan kata-kata motivasi singkat diperlukan, untuk mengingatkan kita agar kembali mengejar cita-cita.

Bagi sebagian orang, untaian kata-kata mutiara ini memang terkesan sesuatu yang kosong. Namun bagi sebagian lagi, isinya sanggup untuk membuat orang mengenyahkan rasa putus asa yang dirasakannya. Tentu saja dengan membaca kalimat motivasi bukan cara untuk benar-benar membuat hidupmu lebih sukses namun paling tidak bisa untuk mengubah pola pikir yang awalnya pesimis menjadi kembali bersemangat.

Misalkan saja kamu merasa sulit menjadi orang tua, mungkin petuah dari praktisi anak bisa menjadi sumber inspirasi untuk mempersiapkan langkah berikutnya sebagai orang tua yang baik. Namun kebanyakan kata-kata motivasi yang paling banyak dicari ialah soal mencari cinta sejati.

Mungkin karena banyak orang beranggapan jika menemukan pasangan yang tepat akan memberimu kebahagiaan yang hakiki. Namun sebenarnya, kalimat motivasi bukan hanya bisa diaplikasikan satu-satunya pada persoalan romansa belaka. Perihal yang lebih serius seperti soal keuangan maupun karier bisa menerapkan isi dari kalimat motivasi pula.

Jika dimanfaatkan dengan tepat, waktu yang kerap kamu luangkan untuk membaca kata-kata motivasi singkat di buku maupun sosial media tak akan sia-sia. Kadang setelah membaca kalimat inspirasi tersebut, kamu jadi punya semangat untuk memulai berbagai hal yang sebelumnya tertunda.

Misalnya saja kalau selama ini sulit berpikiran positif, kamu mulai berusaha mengubah mindset yang ada. Bisa pula jika kerap membaca kata-kata motivasi dari para jutawan, kamu akan tergerak untuk mengubah caramu mengatur keuangan pribadi atau mencari alternatif lain untuk mendapatkan penghasilan.

Jangan remehkan kekuatan kata-kata dan dampaknya pada dirimu ya.

Kata-Kata Motivasi Singkat Untuk Manajemen Keuangan Pribadi yang Lebih Baik

Banyak dari generasi milenial yang masih sulit menerapkan pengaturan manajemen keuangan yang baik. Bahkan bagi yang bekerja di bidang manajemen keuangan pun, menerapkannya untuk kondisi finanasial pribadi bukan hal yang gampang.

Kalau kamu sedang mencoba mencari alternatif untuk meningkatkan semangatmu membenahi soal keuangan mungkin bisa mencari kata-kata motivasi yang membangun. Mungkin kamu sudah tahu soal teknik atau metode keuangan terbaik, namun tetap saja kamu harus konsisten mengaplikasikannya. Tanpa sikap disiplin dan konsisten maka sia-sia saja semua metode keuangan yang kamu ketahui.

Dalam hal inilah, kalimat motivasi bisa berguna. Berbagai petuah bijak ini bisa menjadi reminder bagimu untuk tetap konsisten dan tidak mengubah arah begitu saja. Dengan demikian, tujuanmu akan tetap tercapai tanpa harus gagal lagi.

Mungkin kamu jengah dengan kalimat motivasi berpanjang lebar yang seakan tidak ada isi dan faedahnya. Jangan jadikan hal itu alasan untuk tidak mencari inspirasi motivasi dirimu. Kamu bisa memilih kata-kata motivasi singkat yang efektivitasnya sama dan memberikan dampak bagi dirimu.

Mengelola keuangan bukanlah hal atau pekerjaan yang mudah dilakukan. Nyatanya, masih banyak orang yang merasa kesulitan dalam mengelola keuangannya. Hal tersebut dikarenakan mereka tidak tahu bagaimana cara mengelola keuangan dengan baik.

Tentunya, kamu membutuhkan kata-kata singkat mengenai manajemen keuangan. Dengan begitu, kamu bisa memahami cara mengelola keuangan dengan benar. Banyak kata-kata singkat tentang manajemen keuangan yang bisa jadi acuanmu. Berikut beberapa kata singkat menurut tokoh-tokoh dunia.

  • Mengelola Utang

Jika kamu belum memiliki kemampuan untuk mengelola keuangan, gunakan kartu debit terlebih dahulu, agar kamu tidak boros dan menumpuk utang di kartu kredit.” – T. Harv Eker

Selain bisa digunakan untuk mempermudah pembayaran dan menikmati promo, kartu kredit juga bisa membuat kamu harus berutang kepada bank. Memiliki kartu kredit mungkin memberikan prestis tersendiri buatmu, terlihat keren di mata teman-teman. Namun apakah dampaknya bisa kamu tanggulangi? Jika tidak yakin, coba baca kembali kalimat petuah dari motivator terkenal asal Amerika ini.

Tidak ada jalan pintas, kalau kamu ingin keluar dari utang.” – Dave Ramsey

Seseorang tentunya memerlukan proses, waktu, dan kesabaran untuk keluar dari masalah utang. Maka dari itu, kamu bisa menggunakan utang itu untuk kebutuhan-kebutuhan produktif dan sumber dana tersebut diukur sesuai kemampuan perusahaan

Utang yang konsumtif dapat menimbulkan masalah keuangan. Sebaiknya hindari berutang dalam bentuk apapun, apalagi untuk kebutuhan konsumtif karena kamu harus membayarnya tanpa sumber pendapatan tambahan. Sebelum berutang, pastikan kamu telah mengetahui cara membayar utang tersebut.

  • Finansial

Perencanaan keuangan yang benar, seperti membuat anggaran, menabung, berinvestasi, dan menyiapkan dana untuk masa pensiun bisa membantu kamu hidup lebih sejahtera, meskipun ada badai keuangan.” – Ben Bernanke

Mungkin kamu merasa hidup terlalu tidak pasti sehingga malas untuk membuat perencanaan keuangan yang ketat. Namun apapun itu, paling tidak kebutuhan untuk menabung dan pensiun adalah suatu hal yang tak terhindarkan. Karena itulah kamu harus terus melakukannya tak peduli apapun kondisinya.

Saran dari mantan Ketua The Fed Amerika ini bertujuan sebagai panduan untuk melangkah dan mewujudkan berbagai tujuan di masa mendatang. Tanpa adanya perencanaan keuangan, kamu akan kesulitan dalam mengelola keuangan. Nama besar Bernanske yang merupakan ekonomo handal ini paling tidak bisa membuatmu yakin akan efektivitas kata-katanya ini.

  • Mengelola Kas

Orang yang bisa mengendalikan arus kas adalah orang yang memiliki kekuatan.” – Mark W Boyer

Kita harus memiliki kendali atas keuangan kita sendiri. Jangan biarkan kebiasan belanja impulsif merusakan perencaaan keuangan yang sudah kamu susun susah payah. Jangan biarkan pula orang lain mempengaruhi keputusan keuangan yang harus kamu buat tanpa pertimbangan berarti.

Sikap tegas ini tak bisa begitu saja dimiliki kecuali bahwa kamu sudah benar-benar paham bahwa kondisi keuanganmu adalah wilayah pribadimu. Ketahui pula bahwa semua ketegasan dan keputusanmu berdampak bagi kondisi keuangan yang pastinya memberikan efek bagi kenyamanan hidupmu. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menyusun anggaran keuangan dan catatan keuangan harian.

Berhati-hatilah dengan pengeluaran kecil. Keretakan kecil bisa menenggelamkan kapal yang besar.” – Benjamin Franklin

Mungkin kamu membuat pos pengeluaran yang detail soal biaya tagihan listrik, asuransi dan banyak hal lainnya. Namun tanpa kamu sadari, kamu mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk hal-hal tidak penting lainnya. Misalnya saja kebiasaan mampir minimarket untuk memberi camilan atau jajan minuman kekinian yang nominalnya cukup besar jika dikalkulasi.

Berbagai pengeluaran kecil tapi sering yang tidak disadari yang bisa membuat lubang di penganggaranmu. Lubang yang kamu sangka kecil ini yang terus menerus menghilangkan uangmu tanpa disadari sehingga akhirnya bocor besar terjadi.

Kita juga harus memperhatikan pengeluaran-pengeluaran kecil. Misalnya, pengeluaran untuk nongkrong, parkir, belanja online, dan lainnya. Jangan sampai kamu menyepelekan pengeluaran kecil.

  • Menabung dan Investasi

Sebelum kamu membayar orang lain (belanja, cicilan, sewa rumah), pastikan juga kamu telah membayar diri kamu terlebih dahulu.” – Green Stickman

Kamu harus bersikap egois. Sebelum membayar orang lain, kamu harus membayar dirimu sendiri terlebih dahulu. Kamu bisa membayar dirimu sendiri dengan menyisihkan uang untuk tabungan segera setelah menerima gaji.

Setelah itu barulah alokasikan sisanya untuk membayar berbagai kebutuhan baik primer maupun sekunder atau bahkan tersier. Biasakanlah untuk menabung atau berinvestasi setelah menerima pendapatan. Sebelum gajimu dipakai, gunakan dulu untuk menabung dan berinvestasi.

Semakin banyak uang yang bekerja untuk kamu, semakin sedikit waktu yang kamu keluarkan untuk bekerja dalam mendapatkan uang.” – Idowu Koyenikan

Kata-kata motivasi singkat yang satu ini mungkin adalah saran keuangan terbaik yang bisa kamu dapatkan untuk menyeimbangkan hidupmu maupun kondisi finansial pribadimu. Banyak orang bekerja dengan begitu keras untuk mendapatkan uang sampai lupa nikmatnya memiliki uang tersebut. Kamu bisa bekerja dua shift di kantor dan hasilnya adalah sakit-sakitan tanpa sempat menikmati uang yang kamu dapatkan.

Jika kamu ingin menghindari situasi seperti ini maka kamu harus bisa berinvestasi sejak dini. Investasi adalah cara untuk mengembangkan nilai uangmu tanpa perlu membuang seluruh waktu yang kamu miliki. Kamu bisa saja pergi berlibur dengan keluarga atau sekedar menikmati waktu luang di rumah dan investasimu tetap akan bekerja dan menghasilkan.

Investasi telah membuat uang bekerja untuk kamu. Setelah investasi berjalan, kamu tidak perlu bekerja untuk mendapatkan pemasukan.

  • Literasi Keuangan

Jangan menyia-nyiakan kesalahan. Dapatkan pelajaran dan pengalaman dari sebuah kesalahan.” – Roberti Kiyosaki

Dalam mengelola keuangan, kita tentunya sering melakukan kesalahan, seperti menentukan strategi investasi, membeli produk asuransi, dan lainnya. Permasalahan ini salah satunya disebabkan oleh rendahnya tingkat literasi keuangan yang kamu kuasai.

Kamu mungkin tidak paham berapa banyak uang yang harus disisihkan untuk tabungan atau bagaimana prioritas keuanganmu harus disusun. Agar tak jatuh dalam kesalahan ini, perbanyak ilmu keuanganmu paling tidak untuk mengatur isi dompet sendiri. Meskipun kamu tidak mengelola bisnis sendiri, kamu harus tetap mengerti soal hal ini.

Kamu bisa mengambil pelajaran dari beberapa kesalahan keuangan yang kamu buat. Cermati pula kesalahan keuangan yang dibuat orang terdekatmu untuk mendapatkan pelajaran yang lebih banyak. Sebab, kamu akan menjadi orang yang lebih berpengalaman.

Ketika bicara soal uang, acuh bukanlah sikap yang baik. Apa yang tidak kamu ketahui bisa menyakitkan dirimu.” – Sandra S. Simmons

Terkadang, ketidaktahuan adalah anugerah. Namun tidak demikian dengan perencanaan keuangan. Semakin banyak kamu melek akan literasi keuangan maka kamu akan semakin kaya pengetahuan dan tahu solusi terbaik bagaimana mengatur uangmu.

Banyak sekali hal yang bisa dipelajari mengenai keuangan. Salah satunya adalah kasus orang kaya yang bangkrut, sakit, dan tidak memiliki asuransi. Hal ini salah satunya karena mereka tidak tahu bahwa nilai uang yang mereka miliki bisa susut sewaktu-waktu.

Banyak kasus orang yang masih bekerja saat pensiun, karena mereka tidak memiliki uang untuk membiayai kebutuhannya sehari-hari. Hal ini juga karena tidak paham bahwa memasuki masa pensiun berarti kamu memiliki pengeluaran yang paling tidak sama namun penghasilan yang menyusut jauh.

Berbagai kata-kata motivasi singkat soal dunia keuangan di atas paling tidak bisa kamu jadikan acuan untuk manajemen pribadi yang lebih baik. Pilih satu kalimat inspirasi favoritmu dan lihat sejauh mana isinya bisa memberikan efeknya buatmu.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait