Dunia Kerja

Memahami Pengertian Audit, Jenis, dan Tahapannya

Memahami Pengertian Audit, Jenis, dan Tahapannya

Ajaib.co.id – Rasanya semua orang tahu bahwa pengertian audit adalah pemeriksaan yang dilakukan pada laporan keuangan. Pelaksanannya selalu berhasil membuat orang ketar-ketir. Dikhawatirkan ada kesalahan yang kemudian menghasilkan sanksi atau hukuman tertentu.

Ketika bekerja di kantor, kita tahu bahwa perusahaan akan bekerja lebih keras menjelang masa audit tiba. Bukan hanya di industri swasta, hal serupa juga berlaku untuk kantor pemerintah. Audit sendiri memang ditujukan untuk membuat semua hal, khususnya keuangan, berjalan dengan efektif dan efisien.

Namun tahukah kamu bahwa pengertian audit bukan hanya sekedar pemeriksaan keuangan saja? Ada banyak jenis audit yang bisa dilakukan dengan tujuannya masing-masing. Tahapan yang harus dipenuhi juga cukup komplek untuk mencapai hasil optimal.

Ada baiknya kamu memahami prinsip auditing secara sederhana. Selain bisa bersiap ketika sewaktu-waktu laporanmu akan diaudit, mungkin kamu juga bisa menerapkannya secara simple di usahamu. Sebenarnya audit harus dilakukan oleh auditor profesional. Namun kita tahu bahwa jasa ini jelas mahal sehingga tak ada salahnya mencoba memahami lebih dulu.

Pengertian Audit, Bertujuan Untuk Penggunaan Dana yang Optimal

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), audit adalah pemeriksaan pembukuan tentang keuangan (perusahaan, bank, dan sebagainya) secara berkala; pengujian efektivitas keluar masuknya uang dan penilaian kewajaran laporan yang dihasilkannya. Umumnya orang memahami kata audit sebagai istilah untuk tindakan dalam industri keuangan dan akuntansi saja.

Namun sebenarnya pengertian audit bisa diaplikasikan pada hampir semua industri. Misalnya saja untuk industri komputer yang maksudnya adalah pemeriksaan pada sistem komputasi yang disusun. Namun pengertian audit secara mendasar bisa dikatakan sebagai pemeriksaan.

Tujuan audit untuk memastikan semua berjalan sesuai dengan tujuan dan peruntukkannya. Segala hal yang di luar itu dianggap sebagai kesalahan sehingga hasil yang dicapai juga kurang optimal. Sementara dalam arti luas, audit merupakan laporan keuangan yang diperiksa untuk memberikan pendapat atas kebenaran dalam mengambil sebuah keputusan.

Biasanya kita paling sering mendengar istilah audit ketika pemberitaan kasus korupsi. Untuk kasus seperti ini biasanya audit dilakukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Para ahli inilah yang akan menetapkan apakah dana atau laporan keuangan yang disusun sudah sesuai dengan rencana awalnya atau belum.

Pengertian Audit Menurut Ahlinya

Audit merupakan pengumpulan dan evaluasi bukti tentang informasi yang digunakan untuk melaporkan tingkat kesesuaian antara informasi yang didapat dengan kriteria yang telah ditetapkan. Audit harus dilakukan oleh orang yang kompeten dan independen.

Yuk lihat apa sih sebenarnya pengertian audit menurut para ahli yang berpengalaman.

,Arens and Loebbecke (Auditing: An Integrated Approach, Edisi 8, 2000:9) menyebutkan bahwa audit adalah sebuah proses kegiatan untuk mengumpulkan bukti mengenai informasi untuk menentukan dan melaporkan tingkat kesamaan antara informasi dan kriteria yang sudah ditetapkan. Prosesnya harus dilakukan oleh orang yang kompeten dan independen.

Ahli lainnya, William F. Meisser, Jr, memaparkan pengertian audit sebagai sebuah proses sistematik yang bertujuan mengevaluasi tindakan atau kejadian ekonomi untuk memastikan tingkat kesamaan antara kriteria dan penugasan yang sudah diatur. Hasil penugasan itu disesuaikan pihak yang berkepentingan.

Lain halnya dengan A Statement of Basic Auditing Concepts. Dia mendefinisikan audit sebagai proses sistematik untuk mengevaluasi bukti secara fakta tentang tindakan ekonomi dalam menentukan tingkat kesesuaian antara asersi tersebut.

Jenis-Jenis Audit

Masyarakat umum mungkin tidak menyadari bahwa ada jenis audit yang berbeda yang bisa diaplikasikan. Namun sebenarnya audit dapat dibagi menjadi dua kelompok yakni berdasarkan pemeriksaan dan luasnya.

1. Jenis Audit Menurut Pemeriksaan

  • Audit Laporan Keuangan, yaitu pemeriksaan yang berisikan mengenai pengumpulan dan hasil evaluasi bukti laporan. Kegiatan audit ini dilakukan oleh pihak eksternal.
  • Audit Operasional memiliki definisi sebagai berikut: Pemeriksaan semua bagian operasional, mulai dari metode kerja sebuah organisasi hingga prosedur kerjanya. Targetnya adalah meninjau kelanjutan efisiensi dan egektivitas kinerja sebuah perusahaan.
  • Audit Ketaatan memiliki arti sebagai berikut: Klien diperiksa secara ketat dalam melakukan pekerjaan sesuai prosedur atau belum. Prosedurnya ditetapkan oleh pihak yang punya otoritas lebih tinggi.
  • Audit Kinerja didefinisikan sebagai proses pemeriksaan kepada instansi pemerintah dalam menenukan nilai ekonomis, efisiensi dan efektivitas. Audit ini bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

2. Jenis Audit Berdasarkan Luas Pemeriksaan

  • Audit Umum adalah proses pemeriksaan berdasarkan standar profesional akuntan dengan memperhatikan kode etik yang berlaku.
  • Audit Khusus adalah perusahaan meminta pemeriksaan untuk ruang lingkup tertentu saja. Sebagai contoh, perusahaan ingin mengaudit keuangan untuk memeriksa kas perusahaan.

Tahapan Audit

Kita sudah sepakat bahwa audit harus dilakukan oleh orang yang ahli dan independen. Pasalnya, proses audit sendiri sangat rumit dan butuh waktu. Tak heran biasanya proses auditing butuh waktu lama baru sampai pada pengungkapan (disclosure).

Prosesnnya yang rumit ini dilakukan dalam berbagai tahapan berbeda. Tujuannya apalagi kalau bukan menghindari kesalahan sekecil apapun untuk hasil yang disampaikan nantinya. Sebelum auditor, orang yang melakukan audit, memberikan pendapat (opininya), mereka harus melaksanakan tahap-tahap audit.

Adapun tahap-tahap audit menurut Arens dkk (2008) yaitu sebagai berikut:

  1. Perencanaan dan pencanangan pendekatan audit.
  2. Pengujian pengendalian dan transaksi.
  3. Pelaksanaan dan mengikuti prosedur analitis dan pengujian terinci atas saldo.
  4. Penyelesaian dan penerbitan laporan audit.

Dari beberapa penjelasan di atas kamu bisa mengambil kesimpulan bahwa sebuah perusahaan sangat dekat dengan sebuah proses audit. Bahkan bisa dikatakan jika semua aktivitas keuangan harus layak dipertanggungjawabkan ketika masa audit tiba.

Pengertian audit akhirnya bukan hanya soal pemeriksaan saja namun meluasi hingga ke dampak yang dihasilkan. Nah, untuk mendapatkan sebuah hasil audit yang memuaskan dan layak, sebuah perusahaan harus mempertimbangkan proses pencatatan dan penyajian laporan keuangan yang baik dan sesuai dengan penggunaan akuntansi yang di terima secara umum.

Bacaan menarik lainnya:

Baridwan, Zaki. (2004). Intermediate Accounting.Yogyakarta: BPFE
Sirri, E. R., & Tufano, P. (1998). Costly search and mutual fund flows. Journal of finance, 1589-1622.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait