Investasi

4 Mata Uang Dunia yang Berpengaruh pada Perekonomian

mata uang dunia

Ajaib.co.id.-Pandemi Virus Corona memberikan dampak ganda di lini perekonomian Indonesia. Aktivitas ekonomi merosot tajam sehingga menyebabkan perlemahan di berbagai sektor. Akibatnya, rupiah masuk dalam daftar mata uang dunia paling lemah saat ini.

Dikutip dari pemberitaan CNBC Indonesia, uang rupiah kini berada di 10 besar dari bawah dalam klasemen mata uang dunia. Pada awal tahun 2020 sebenarnya, mata uang kita ini pernah mengalami penguatan terbaik hingga 2%.

Bahkan rupiah pernah menggenggam status sebagai nama mata uang terbaik dunia. Namun dalam sebulan terakhir, rupiah anjlok 14,31% di hadapan greenback. Secara year to date, depresiasi rupiah lebih parah lagi yaitu 17,44%. Kondisi ini menjadi fase paling buruk pasca krisis moneter tahun1998.

Terbukti dengan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat pada 2 April 2020 berkisar di angka Rp 16.525. Penyebabnya karena sentimen negatif Corona sehingga menyebabkan investor angkat kaki dan membawa serta aliran modal yang selama ini menopang rupiah.

Pergerakan rupiah memang sangat rentan oleh keluar masuknya hot money tersebut sebagai sumber devisa. Pos pendapatan devisa lainnya belum maksimal sehingga ketika terjadi capital flow maka sangay mungkin rupiah mengalami pelemahan. Namun sebenarnya pelemahan juga terjadi pada mata uang dunia lainnya. Pasalnya Covid-19 terjadi hampir di semua negara di dunia sehingga menyebabkan resesi ekonomi global.

Mau Investasi Valas? Berikut Daftar Mata Uang Dunia yang Fundamentalnya Kuat

Sebagai alat pembayaran yang sah, uang yang kini beredar di masyarakat dunia begitu beragam. Mengapa? Karena setiap negara pasti memiliki mata uangnya masing-masing yang dijadikan sebagai alat pertukaran dan pembayaran yang sah di negara tersebut.

Ketika nilai tukar rupiah mengkhawatirkan seperti saat ini banyak orang yang berinvestasi dalam dolar AS juga mendapatkan keuntungan. Harus diakui jika mata uang negeri Paman Sam itu begitu kokohnya dalam perdagangan mata uang sehingga menjadi pilihan aman bagi banyak orang.

Bagi sebagian kalangan yang masih awam mungkin mempertanyakan alasan ada mata uang salah satu negara lebih kuat dibandingkan negara lain. Toh sebagai alat transaksi, uang tetap berlaku di mana saja meskipun memiliki nilai yang berbeda. Hal ini tak lain disebabkan sistem yang berlaku saat ini dan sebagian besar dilatarbelakangi kondisi perekonomian negara tersebut.

Tahukah kamu bahwa mata uang yang beredar di dunia saat ini, ternyata memiliki peranan atau pengaruh besar terhadap perekonomian secara global? Ada sejumlah mata uang dunia yang memiliki pengaruh yang besar terhadap perekonomian global. Mata uang tersebut relatif lebih kuat menghadapi tekanan yang terjadi.

Salah satu alasannya karena fundamental ekonomi negara tersebut yang kuat. Dalam kasus pandemi virus Corona ini, negara tersebut memiliki cadangan devisa yang stabil dari pos pendapatannya. Transaksi yang berjalan selama ini sudah sangat kuat dan menghasilkan persediaan yang memadai. Keberadaan investor asing tidak terlalu berpengaruh banyak atas kondisi ekonomi dan mata uang negara tersebut.

Mau tahu dari negara mana saja itu? Berikut ini Ajaib sudah menyiapkan daftar 4 mata uang dunia yang paling berpengaruh. Daftar ini bisa menjadi pertimbangan bagimu jika ingin berinvestasi dalam valuta asing baik berupa deposito, pasar uang atau trading valas.

1. Mata Uang USD (Dollar Amerika)

Siapa yang tak tahu mata uang milik negara Paman Sam ini? Hingga saat ini, dolar Amerika (USD) masih menjadi acuan bagi perekonomian dunia. Buktinya, semua harga komoditi yang diperdagangkan di seluruh dunia mengacu terhadap nilai dari dolar Amerika ini.

Sebut saja harga emas, harga minyak dll. Saat ini nilai kurs mata uang USD ke Rupiah senilai Rp16.525 pada t2 April 2020 dilansir dari berita Kompas.com. Meskipun ikut terdampak pandemi Corona namun mata uang dolar AS masih perkasa menghadapi mata uang dunia lainnya.

Selain digunakan untuk perdagangan secara global, Dolar Amerika juga banyak dijadikan sebagai alat pembayaran yang sah di berbagai negara selain mata uang lokal yang berlaku tentunya. USD juga banyak dijadikan sebagai investasi contohnya saja trading valas.

2. Mata Uang Euro

Euro merupakan mata uang dunia lainnya yang berpengaruh besar dalam perekonomian global. Currency ini dijadikan alat pembayaran yang sah di negara-negara Eropa yang menjadi bagian dari Uni Eropa.

Jika kita melihat perkembangan dari negara-negara Eropa, tentu saja mereka semua kebanyakan negara maju yang memiliki kekuatan ekonomi yang baik. Sebut saja Inggris, Jerman, Prancis dll. Hal ini juga berpengaruh pada kekuatan mata uangnya di dunia.

Sehingga tak heran jika, Euro menjadi mata uang dunia terbesar kedua yang menempel ketat dolar Amerika dalam volume perdagangkan secara global. Bahkan jika dilihat dari nilainya, harga Euro menjadi salah satu yang tertinggi di dunia saat ini, yaitu 1Euro = Rp18,064,2 seperti dikutip dari Morningstar (3 Oktober 2019).

3. Poundsterling (GBP)

Mata uang dunia berikutnya adalah milik Britania Raya yaitu Great Britain Pound sterling (GBP). Meskipun sempat tergabung dalam Uni Eropa namun Britania tetap menggunakan mata uangnya sampai peca Brexit seperti saat ini.

Poundsterling menjadi pembayaran yang sah digunakan di negara-negara persemakmuran Inggris. Sebut saja Inggris, Wales, Skotlandia, dan Irlandia. Poundsterling juga menjadi aset berharga yang dimiliki oleh Britania Raya bahkan dunia sebagai mata uang cadangan terbesar namun masih kalah dibandingkan USD dan Euro.

Nilai dari Great Britain Poundsterling ini menjadi salah satu mata uang dunia yang tertinggi mengalahkan Euro dan USD. Pada perdagangan 2 April 2020, nilai kurs mata uang rupiah terhadap poundsterling tercatat berada di level Rp20.454,36.

4. Mata Uang Jepang (Japanese Yen)

Mata uang dunia yang kuat bukan hanya dominasi benua biru dan Amerika saja. Salah satu negara Asia juga tercatat memiliki mata uang yang kuat di perdagangan global yakni Yen dari Jepang. Sepak terjang negara Jepang memang sudah tidak diragukan lagi dalam hal perekonomian baik di kawasan regional asia ataupun dunia.

Seperti diketahui, Tokyo yang menjadi ibu kota Jepang, dinobatkan sebagai kota dengan biaya hidup termahal di dunia. Selain aktivitas ekspor ke sejumlah negara-negara Asia, mata uang Yen sering diperdagangkan di kawasan Asia. Sehingga tak heran jika mata uang dunia satu ini juga disebut sebagai mata uang negara asia.

Meski demikian, saat ini yen juga merasakan sentimen negatif akibat dampak Virus Corona yang dialami warga negaranya. Terbukti rupiah terhadap yen menguat 0,71 persen ke Rp 150,66 pada 2 April 2020 karena tekanan dolar AS atas perekonomian negara matahari terbit ini.

Itulah empat mata uang dunia paling berpengaruh di dunia saat ini, yang mana dari keempatnya banyak dijadikan investasi dalam bentuk simpanan seperti valas di sejumlah bank di Indonesia. Sebenarnya masih ada sejumlah mata uang asing lain yang bisa dijadikan investasi misalnya saja dolar Australia, riyal Arab Saudi atau won Korea Selatan.

Hanya saja memang kekuatannya belum sekokoh dan stabil seperti empat mata uang dunia yang telah disebutkan di atas. Namun berinvestasi valas memang membutuhkan modal yang lebih besar daripada rupiah. Keunggulannya, nilai investasimu tidak akan mudah terpengaruh sentimen negatif yang muncul di pasar lokal.

Tunggu apalagi koleksi yuk satu diantara empat mata uang dunia paling berpengaruh terhadap perekonomian saat ini diatas. Namun perlu diingat bahwa investasi mata uang asing memiliki sifat yang mudah naik atau turun sehingga kamu perlu memperhatikan dan mengecek harga nilai kurs jual dan beli. Pasalnya, bank atau money changer memiliki harga kurs jual dan beli mata uang asing yang berbeda-beda agar kamu bisa memaksimalkan keuntungan dari investasi mata uang asing itu sendiri.

Bacaan menarik lainnya:

Sukirno, Sadono. (2010). Makroekonomi: Teori Pengantar. Jakarta: PT.Rajagrafindo Persada


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait