8 Ide Pekerjaan Online yang Bisa Dimulai Sekarang Juga!

ide pekerjaan online
ide pekerjaan online

Butuh ide pekerjaan online? Berikut redaksi Ajaib telah menghimpun delapan ide pekerjaan online yang bisa kamu mulai sekarang juga.

Perkembangan internet yang semakin pesat memberikan perubahan pada cara berbisnis di zaman ini. Apabila dulu kita harus memiliki gerai atau toko untuk memulai bisnis, sekarang sudah tidak perlu lagi. Berbisnis online sudah semakin populer di semua kalangan, termasuk kaum milenial. Sudah banyak para milenial yang meraih sukses dengan berbisnis online.

ide pekerjaan online pun tidak hanya satu atau dua tetapi sudah berkembang pesat dan semakin banyak alternatif pilihannya. Pekerjaan online tidak membutuhkan banyak modal, sebagaimana umumnya berbisnis. Bahkan beberapa pekerjaan tersebut sudah siap dan dapat langsung dimulai.

Apakah kamu berpikir untuk mencari pekerjaan online? Jika iya, mari lihat delapan ide pekerjaan online yang bisa kamu mulai sekarang juga. Pekerjaan-pekerjaan online ini sangat cocok untuk diterapkan kaum milenial yang ahli dalam menggunakan internet. Berikut beberapa pekerjaan tersebut:

Reseller

Dengan menjadi reseller artinya kamu menjual kembali produk yang telah kamu beli. Menjadi reseller bisa sangat menguntungkan, apalagi jika kamu menjual kembali produk dengan merk ternama. Jual kembali produk yang memiliki potensi jual tinggi dan bisa bertahan dalam jangka panjang.

Hindari untuk menjual kembali produk yang hanya populer karena mengikuti tren saja. Karena umumnya tren terkini tidak akan bertahan lama, kecuali bila kamu berencana untuk menjual produk yang sedang tren saat ini dan beralih ke produk baru bila trennya sudah berakhir.

Menjadi reseller berarti kamu membutuhkan modal untuk pengadaan barang. Karena sebenarnya kamu tetap saja menjadi penjual sebuah produk, yang membedakan hanyalah bukan kamu yang memproduksi produk tersebut secara langsung. Kamu bisa melakukan pinjaman usaha untuk memulai pekerjaan online ini.

Dropship

Lain dengan reseller, dropship tidak membutuhkan modal untuk pengadaan usaha. Sistem berjualannya pun sama, yaitu menjual kembali produk yang telah diproduksi oleh bisnis lain. Karena kamu tidak membutuhkan modal untuk menjadi dropshipper atau tidak menyetok barang sendiri.

Maka kamu harus selalu waspada apabila ada produk yang telah habis stoknya. Jangan sampai kamu memasarkan produk padahal produk tersebut sedang tidak ada stok yang siap dijual. Inilah kendala menjadi dropshipper. Jika reseller bisa dengan bebas memasarkan produk yang ingin dijual, dropshipper harus sering berkomunikasi dengan produsen produk untuk menanyakan kesediaan produk.

Banyak sekali vendor atau brand yang membuka kesempatan untuk para dropshipper. Kamu hanya perlu menjual produk mereka ke pasar dengan menetapkan margin harga sendiri.

Pada umumnya, dropshipper juga diperbolehkan untuk menggunakan nama brand pribadinya sebagai pengirim ketika produk sampai ke tangan pembeli. Selain kamu tidak membutuhkan modal untuk pengadaan barang, kamu juga bisa mempromosikan brandmu sendiri. Sangat menarik, bukan?

Toko online pada Marketplace atau Media Sosial

Memikirkan pekerjaan online pasti tidak terlepas dari toko online. Memiliki toko online pada marketplace atau media sosial memang menjadi salah satu pekerjaan online yang paling menguntungkan. Membuat toko online sendiri berarti kamu bisa bebas untuk menjual dan mengelola penjualan produk sesuai yang kamu inginkan. Tinggal bagaimana kamu mengemas toko onlinemu dan melakukan promosinya.

Paling mudah memang membuka toko pada marketplace dan media sosial. Pilihan marketplace yang cocok untuk membuka toko online ada Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan Lazada. Kemudian, untuk media sosial kamu bisa membuat akun Instagram, Twitter, dan Facebook untuk menjual produk dan mempromosikan toko online kamu.

Ada lagi cara lain untuk membuka toko online di internet yaitu dengan membuat website toko kamu sendiri. Sudah banyak sekali software atau layanan yang bisa membantu kamu untuk membuat website toko online, seperti WordPress, WooCommerce, Shopify, atau menggunakan layanan seperti Sirclo.

Namun untuk memiliki website sendiri seperti ini, kamu harus mendatangkan audiens ke website kamu. Berbeda dengan marketplace dan media sosial yang sudah memiliki audiensnya sendiri. Belum lagi berbicara mengenai pengelolaan website yang juga tidak mudah untuk dilakukan.

Affiliate Marketing

Sistem kerja affiliate marketing adalah mempromosikan produk atau jasa dan mendapatkan komisi dari setiap penjualan yang berhasil kamu lakukan. Para affiliate marketer umumnya membuat satu website khusus untuk mereview dan mempromosikan produk bisnis lain sambil menargetkan pengunjung yang lebih spesifik agar peluang produk itu untuk dibeli semakin besar.

Affiliate marketing sudah lama menjadi pilihan pekerjaan online yang menguntungkan dan terbukti sangat efektif membantu bisnis dalam menjual produknya.

Monetisasi Blog

Blog adalah salah satu media yang paling berpengaruh dalam bisnis online. Tidak hanya untuk mengedukasi pembaca tetapi blog ini juga hadir untuk meraih audiens yang lebih luas lagi.

Hal ini juga menjadi salah satu cara untuk menginformasikan tentang berita terbaru terkait bisnis mereka. Bisa kamu lihat perusahaan, baik yang offline maupun online, sekarang sudah memiliki blog sendiri.

Yang perlu dipahami adalah memulai sebuah blog itu mudah tetapi mengembangkan dan mengelolanya yang sulit. Nah, di sini kamu bisa memonetisasi blog dengan mengembangkan dan mendapatkan pembaca yang loyal. Dengan ini, para perusahaan yang memiliki blog tersebut akan bergantung kepada keahlian mengelola blog yang kamu miliki.

Freelance Produk Digital

Di zaman digital seperti ini, penjualan produk digital semakin populer. Mulai dari e-book, penulisan, video, foto, desain, software, dan produk digital lainnya bisa kamu jual di internet. Kamu bisa menjual produk-produk ini melalui platformmu sendiri.

Ada lagi cara paling mudah untuk menjual produk-produk ini yaitu melalui platform freelancer. Di sini, kamu bisa menjual produk digital tersebut sebagai freelancer. Modal untuk memulai pekerjaan online ini pun tidak besar. Keahlianmu lah yang paling dibutuhkan di sini.

Selain fleksibel dalam mengelola waktu, menjadi freelancer juga berarti pendapatan kamu akan bergantung dengan besarnya proyek yang diberikan klien. Perusahaan dan agensi selalu membutuhkan jasa freelancer sehingga pekerjaan online ini sangat potensial untuk menambah pendapatanmu.

Bisnis Konsultan

Ajak teman-teman kamu dengan keahlian yang sama dan bentuk sebuah agensi konsultan lalu jual jasa kalian di internet. Keahlian ini bisa dalam bidang konsultan pemrogaman, keuangan, website, desain, dan sebagainya. Kamu bisa mempromosikan pekerjaan onlinemu ini dan menjangkau klien potensial.

Agensi Digital Marketing

Seperti yang sudah dibahas di awal, perkembangan internet di era digital ini menjadikan pola pemasaran yang juga berubah, yaitu lebih banyak dilakukan melalui internet atau dalam bentuk digital. Ini memunculkan satu lagi pekerjaan online yang potensial yaitu agensi digital marketing.

Digital marketer pada umumnya menangani atau mengelola channel-channel potensial untuk mempromosikan bisnis melalui konten digital yang akan meningkatkan awareness ataupun konversi. Digital marketer juga menganalisa data dan target audiens sehingga sangat dibutuhkan dalam perkembangan sebuah bisnis terutama di channel pemasaran.

Jangan lupa, untuk memiliki pekerjaan online ini, kamu harus memahami metrik analitik seperti pada Google Analytics, SEO, Google AdWords, dan tools digital marketing lainnya.

Itulah 8 pekerjaan online yang bisa kamu coba. Pekerjaan online mana yang paling menarik minat kamu? Mulai sekarang juga dan tingkatkan pendapatanmu!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait