7 Cara Pintar Meraih Kebahagiaan dalam Bisnis dan Kehidupan

cara pintar meraih kebahagiaan
cara pintar meraih kebahagiaan

Ada tidak sih cara pintar meraih kebahagiaan? Ada kok. Untuk mengetahuinya, simak ulasan redaksi Ajaib berikut ini mengenai cara pintar meraih kebahagiaan.

Siapa sih yang tidak ingin meraih kebahagiaan dalam bisnis dan kehidupan. Namun nayatanya kedua hal ini cukup sulit untuk diraih secara bersamaan. Pada awalnya seseorang harus memilih dalam memprioritaskan sesuatu. Hal ini mengingat siapapun dari kamu tentunya ingin untuk hidup bahagia.

Maka dari itu, untuk meraih dua hal tersebut perlu dilakukan step-step awal. Yang pastiya ini tidak akan mudah. Namun kamu harus fokus demi tujuan kebahagiaan bisnis dan kehidupan kamu tentunya.

Jika kamu saat ini tengah dihadapkan pada bisnis, sementara kehidupan pribadi kamu juga butuh kebahagiaan, maka fokuslah pada apa yang paling priorias saat ini. Bila kamu bertahun-tahun bertemu dengan berbagai macam relasi bisnis, dan kondisi kamu sudah mapan, namun secara jiwa masih terus mencari apa yang namanya kebahagiaan.

Ini artinya kamu perlu lebih memprioritaskan kehidupan pribadi kamu. Nah, maka dari itu, ada beberapa cara pintar meraih kebahagiaan. Step dalam cara pintar meraih kebahagiaan yang perlu kamu lakukan antara lain:

Lakukan Keinginan Kamu dengan Passion

Hidup kamu akan lebih menarik, apabila kamu mampu dalam melakukan segala aktivitas yang kamu sukai dalam artian positif tentunya. Maka dari itu pastilah ada banyak dari mereka yang begitu takut untuk jujur kepada diri sendiri terkait hal apa yang mereka sukai, hal ini menyebabkan pada akhirnya mereka akan disetir untuk melakukan apa yang orang lain suka.

Jika seperti ini ada baiknya jika kamu menemukan passion kamu untuk kemudian menjalani kehidupan kamu. Bila kamu kemudian menemukan passion kamu dalam 3 hal, yakni dengan menulis, mengajar, dan pelatihan. Maka otomatis dengan kamu berkarir, maka kamu tidak akan juga bisa fokus pada kebahagiaan pribadi kamu.

Syukuri Hidup Kamu

Dengan terus bersyukur atas apa yang kamu peroleh dalam hidup ini, maka ini berarti kamu sudah mencintai apa yang kamu lakukan saat ini. Maka dari itu, kamu perlu berterima kasih atas apa yang kamu miliki, dan mulailah untuk menguatkan mental keberlimpahan. Mungkin sebagian dari kita seringkali kita terlalu fokus kepada apa yang dimiliki orang lain sehingga kita tidak bersyukur atas apa yang sudah kita miliki.

Namun demikian, bersyukur bukanlah berarti kamu setop atau berhenti untuk berkembang. Bersyukur dalam hal ini merupakan sesuatu yang lebih kepada tentang bagaimana kamu berterima kasih atas apa yang sudah kita dapatkan selama ini.

Dari situ kemudian kamu harus berkomitmen untuk menggunakannya agar hidup kamu menjadi lebih baik dan bermakna.

Buatlah Target Hidup

Pada umumnya yang terjadi pada pebisnis yang merupakan seorang pemula, adalah memutuskan dalam memulai bisnis. Hal ini karena kamu pastinya sangat ingin mengejar kekayaan. Maka dari itu terdapat dua pendekatan bisnis yang bisa kamu gunakan.

Pertama adalah bentuk pendekatan yang berorientasi memberi atau pendekatan yang berorientasi menerima. Selanjutnya jika kamu berorientasi dengan memberi, ini artinya usaha kamu akan fokus dalam menciptakan nilai bagi pelanggan, meski terkadang biaya yang kamu keluarkan tentunya akan lebih besar.

Selanjutnya, pendekatan dengan cara menerima, ini berarti kamu harus fokus dalam menekan biaya sekecil-kecilnya dan mendapat uang sebanyak-banyaknya. Adapun tujuan bisnis jangka panjang tidak sekedar mendapatkan uang saja, namun juga lebih kepada nilai yang mampu kamu berikan.

Balance

Balance atau keseimbangan tentunya sangat penting dalam sebauh kebahagiaan. Hubungin ini tentunya berkaitan dengan hubungan personal baik dengan keluarga, pasangan dan teman. Dengan menyeimbangkan hubungan akan membuat waktu kamu dengan orang yang kamu cintai semakin banyak. Selanjutnya, kehidupan kamu pun akan menjadi lebih bahagia.

Jadikan Perusahaan Layaknya Rumah Kedua

Dengan menjadikan perusahaan kamu sebagai rumah kedua maka ini tentunya kamu akan merasa nyaman dan lebih loyal pada pekerjaan kamu. Seorang pemimpin tentunya tidak hanya di dunia, tapi juga bertanggung jawab setelah meninggal dunia.

Maka dari itu dengan membentuk hubungan seperti keluarga akan lebih menarik untuk diterapkan daripada hubungan kaku dan mekanistik antara atasan dan bawahan. Meski demikian hal ini tentunya juga akan membuat kamu akan sedikit sulit untuk menegur bawahan kamu. Namun dengan membentuk budaya kekeluargaan membuat kamu lebih peduli untuk menasihati dan menegur secara bijaksana.

Memimpin dengan Hati

Jika kamu seorang pemimpin, kamu bisa memimpin anak buah kamu dengan hati. Hhal ini dimaksudkan agar kamu juga meningkatkna empati kamu kepada karyawan kamu. Buatlah agar akryawan kamu merasa bahwa kamu merupakan pemimpin yang bijaksana dan merupakanseorang pemimpin yang dapat diandalkan.

kamu bisa menunjukkan kepedulian kamu sebagai pemimpin dalam bisnis kamu kepada staff kamu. Jadikanlah sikap kamu berbaur dengan karyawan kamu tanpa memperdulikan level jabatan, namun tetap bersikap rendah hati dan bijaksana.

Lakukan Langkah Tepat

Jika kamu menjalankan bisnis kamu tentunya kamu harus menjalakan strategi dan langkat yang tepat agar kamu tidak salah kedepannya. Maka dari itu, dalam proses menjalankan bisnis, seringkali kamu mendengar bahwa ada sangat banyak sekali ‘permainan’ di belakangnya.

Terkadang kebahagiaan, juga cukup sering tertutup oleh hal-hal buruk yang kita lakukan. Maka dari itu, kamu harus selalu melakukan perbuatan yang baik dan benar.

Nah itulah penjelasan agar kamu mengetahui step menghadapi kesimbangan hidup dengan kebahagian dalam bisnis dan kehidupan pribadi yang perlu kamu ketahui. Jika kamu ingin tau lebih banyak lagi artikel bisnis dan ekonomi yang inspiring, kamu bisa mendownload aplikasi Ajaib di Google Play Store. Nikmati kemudahan investasinya, selamat mencoba.


 Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait