Bisnis & Kerja Sampingan

7 Aplikasi Game yang Latih Insting Bisnis

Aplikasi game ‘kan cuma buat having fun! Itu stigma universalnya. Padahal sejak era 90-an pun, sudah banyak aplikasi game yang merambah peran simulasi bagi aktivitas serius. Bahkan, dalam tes resmi surat izin mengemudi motor hingga pesawat tempur, aplikasi games sudah membantu manusia mengasah keterampilan. 

Persamaan & Perbedaan Aplikasi Game dengan Realita

Meskipun berbentuk game, nyatanya aplikasi game mengambil kehidupan nyata sebagai inspirasinya. Bahkan dalam Mobile Legends: Bang Bang atau Clash of Clans pun, selalu terselip drama realistis antar karakternya. Jadi sebetulnya, beda aplikasi game dengan kehidupan nyata hanyalah konsekuensinya. Jika kalah perang di aplikasi game, paling-paling BT seharian. Tapi di dunia nyata, konsekuensinya bisa cacat bahkan wafat! 

Fungsi Aplikasi Game Bisnis

Di akhir 90-an, SimCity, SimMovie, SimFarm, SimTower, SimLife, SimAnt sempat jadi ‘demam’ para penggila game. Mereka menyediakan ruang untuk mengasah insting dalam manajemen finansial, seni, agribisnis, teknik sipil, arsitektur, birokrasi pemerintahan, dan segudang keahlian “dewasa” lainnya. Karena ini eranya bisnis dan ekonomi, maka yang nge-hits adalah aplikasi permainan bisnis. Mereka memungkinkan calon entrepreneur milenial mengasah bakat bisnisnyanya. Indonesia adalah negara ke-5 dengan jumlah startup terbanyak di dunia dan siap menjadi salah satu negara dengan ekonomi terkuat. Jadi, harusnya aplikasi game jangan “dimusuhi” sebagai perusak produktivitas, namun diseriusi dengan terencana, karena seperti pepatah “Practice makes perfect!”

Jenis-Jenis Aplikasi Game Bisnis Favorit

1.  Billionair

Aplikasi ini memberikan modal awal berinvestasi bisnis produk atau jasa. Semua unit usaha menjadi bentuk konversi modal yang diberikan untuk melipatgandakannya dan memperoleh profit. 

2.  Make it Rain: Love of Money

Aplikasi ini menampilkan esensi pengelolaan uang seperti: kerja keras untuk mendapatkanya, dan menginvestasikannya kemudian. 

3.  TradeHero

Aplikasi yang mensimulasika aturan, permainan dan naik-turunnya harga saham sesuai dengan dunia nyata. Perusahaan emiten pun perusahaan populer seperti Apple, Coca-Cola, Sony, Nike, dll. 

4.  Monopoly

Aplikasi ini memungkinkan gamer bernegosiasi, mengatur keuangan, mencegah kebangkrutan, memanfaatkan momentum dan mengalahkan lawan bisnis.

5.  Cooking Academy – Restaurant Royale

Aplikasi gratis ini mensimulasikan pembuatan restoran bersuasana nyaman, menu lezat, dan keuntungannya.

6.  Air Tycoon Online

Aplikasi ini menyediakan simulasi pembuatan maskapai penerbangan di mana pun, penjuaan tiket, rute yang menguntungkan, dan ilmu teknis teknologi pesawat.

7.  M&A Game

Registrasi ID pun seperti interview kerja dimana gamer sebagai CEO dari perusahaan minyak, gas, real estate, institusi finansial, teknologi media, dst. Terdapat fitur koneksi ke akun Linkedin, simulasi negosiasi, keuntungan jual-beli perusahaan.

Itulah ketujuh aplikasi game terbaik yang bisa kamu download melalui Google Play Store maupun App Store. 

Ambil Positifnya, Olah Negatifnya

Tentu sukses “berbisnis” di aplikasi games bisnis tidak bisa diambil mentah-mentah sebagai bukti kepiawaian berbisnis di dunia nyata. Tapi, sedikit banyak ada pengaruhnya. Minimal, gamer akan menjadi akrab dengan berbagai istilah bisnis yang nantinya diperlukan. Pelajari kegagalan yang ditemui di aplikasi game, cermati analisanya, siapa tahu nanti ada faedahnya di bisnis nyata.

Bacaan menarik lainnya:

Assauri, Sofjan. (2007). Manajemen Pemasaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Kotler Philip, dan Gary Amstrong. (2012). Principles Of Marketing, Global Edition, 14 Edition. Pearson Education


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait