Milenial

6 Manfaat OVO PayLater Untuk Generasi Milenial

Ovo PayLater, solusi belanja tanpa kartu kredit
sumber gambar: Tokopedia

Ajaib.co.id – Semakin ke sini, teknologi semakin memudahkan masyarakat untuk berbelanja terlebih generasi milenial yang diproyeksi sebagai generasi penggerak e-commerce atau belanja online di masa depan. Untuk menggandeng perkembangan tersebut, perusahaan teknologi berlomba-lomba untuk memahami milenial dengan memberikan opsi dalam pembayaran. Jika dulu kartu kredit berguna sebagai opsi untuk pembayaran selain uang tunai, kini milenial dimanjakan dengan sistem pembayaran bernama PayLater dan OVO hadir sebagai salah satu aplikasi yang menawarkan fitur tersebut bernama OVO PayLater.

Sama seperti namanya, PayLater atau dikenal Buy Now, Pay Later (BNPL) merupakan solusi untuk konsumen yang memungkinkan mereka membeli atau membayar barang dan jasa tanpa harus membayar terlebih dahulu, setelah itu konsumen bisa membayar barang atau jasa di kemudian hari dalam bentuk cicilan di kemudian hari. Mekanismenya mirip seperti kartu kredit, tetapi PayLater tidak membutuhkan kartu fisik dan tanpa jaminan

Bagaimana Cara Kerja PayLater?

Jika kamu pernah menggunakan kartu kredit, mungkin kamu sudah sedikit memahami cara kerja PayLater. Perbedaan yang mendasari antara PayLater dengan kartu kredit adalah kartu kredit harus menggunakan kartu, sementara penggunaan hanya melalui aplikasi penyedia misalnya OVO, kemudian konsumen hanya tinggal memilih periode pembayaran 30 hari ke depan atau cicilan 3, 6 hingga 12 bulan.

Ada banyak perusahaan yang menawarkan jasa serupa, tetapi salah satu produk yang populer dan paling banyak digunakan oleh konsumen adalah layanan PayLater dari OVO. Muncul sebagai salah satu produk PayLater pertama di Indonesia, produk besutan pihak OVO ini merevolusi model baru dalam bertransaksi di ekosistem e-commerce karena memudahkan konsumen untuk mendapatkan barang atau jasa yang diinginkan.

Banyak yang menganggap PayLater hanya akan menjadi dampak negatif bagi keuangan karena mengajarkan konsumen untuk boros. Namun, nyatanya jika dikelola sesuai dengan kebutuhan, PayLater bisa menjadi alat yang bermanfaat dalam menunjang kehidupan sehari-hari. Berikut beberapa keunggulan dan manfaat dari OVO PayLater yang berguna bagi kehidupan milenial.

Proses Pendaftaran Mudah

Sudah menjadi rahasia umum bahwa tidak mudah untuk bisa mengajukan kartu kredit bank. Ada banyak syarat yang harus dipenuhi nasabah agar pengajuannya diterima. Tidak heran jika konsumen cenderung malas untuk mengajukan pembuatan kartu kredit. Cara daftar dan aktivasi OVO PayLater yang mudah serta cepat menjadi pilihan utama bagi konsumen untuk saat ini.

Konsumen hanya perlu mengunduh aplikasi OVO kemudian melakukan pengajuan dengan dengan memasukkan data diri seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), nomor telepon, alamat rumah, hingga pekerjaan. Setelah itu, kamu hanya perlu menunggu tim OVO untuk memverifikasi keaslian data tersebut kurang dari 1 hari. Jika berhasil diverifikasi, kamu akan mendapatkan informasi limit PayLater yang bisa kamu gunakan untuk membayar barang atau jasa. Tidak heran jika kebanyakan generasi Y dan Z menggunakan OVO PayLater.

Terdaftar dan diawasi OJK

Salah satu keunggulan yang dimiliki layanan PayLater besutan OVO ini adalah produknya terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Ini artinya, setiap aktivitas yang dilakukan menggunakan fitur ini terjamin keamanannya. Tentunya hal ini akan memberikan rasa kenyamanan dan keamanan bagi konsumen untuk bertransaksi di e-commerce tanpa takut akan penipuan atau biaya tersembunyi yang merugikan konsumen.

Hal ini dikarenakan banyak kasus penipuan yang memanfaatkan ketidaktahuan konsumen tentang finansial, kemudian mengiming-imingi mereka untuk menggunakan produk PayLater tetapi tidak mencantumkan biaya keseluruhan secara transparan. Oleh karena itu, sebuah produk keuangan harus terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Masa Tenor Pembayaran yang Fleksibel

Manfaat PayLater lainnya adalah keuntungan terkait pembayaran cicilan. PayLater yang diluncurkan pada tahun lalu ini menawarkan tenor pembayaran yang bervariasi, mulai dari 3, 6, hingga 12 bulan. Selain itu, konsumen juga dapat membayar tagihan penuh dalam waktu satu bulan setelah menggunakan PayLater. Sebelum belanja, pastikan untuk menyesuaikan tenor pembayaran dan jatuh tempo dengan kondisi keuangan.

Promo Menarik

Kelebihan OVO PayLater selanjutnya adalah menawarkan promo menarik bagi penggunanya. Kamu bayangkan, fitur ini digunakan untuk metode pembayaran di e-commerce berpeluang mendapatkan promo menarik, seperti cashback hingga potongan harga produk tertentu. Udah dibayarin untuk belanja, dapat potongan harga pula. Siapa sih yang tidak tertarik?

Tidak Perlu Top-up

Keunggulan lain menggunakan PayLater yang sudah dipakai lebih dari 15 juta pengguna ini adalah konsumen tidak perlu mengisi ulang saldo seperti e-wallet pada umumnya, karena uang konsumen bukan berasal dari saldo yang diisi ulang ke aplikasi, melainkan limit yang sudah disesuaikan dengan kondisi finansial konsumen. Jika limit kamu tertulis Rp5.000.000, maka kamu tidak bisa menggunakan uang lebih dari nilai tersebut untuk membayar barang atau jasa di e-commerce.

Siapa Saja Bisa Menggunakannya

Jika pihak bank mengharuskan nasabah memiliki pendapatan sebulan setidaknya Rp5.000.000 agar pengajuan kartu kreditnya diterima, PayLater milik OVO tidak mengharuskan penggunanya memiliki gaji minimal Rp.5.000.000. Hal ini tentu memberikan keuntungan bagi fresh graduate atau first jobber yang baru pertama kali terjun ke dunia profesional dan mendapatkan gaji pertamanya.

Keunggulan yang dimiliki OVO PayLater ini tidak lain dan tidak bukan bertujuan untuk membantu masyarakat di berbagai kalangan untuk memenuhi kebutuhannya. Dengan dimudahkannya masyarakat di kalangan mana pun untuk memanfaatkan fitur PayLater, daya beli akan meningkat diikuti dengan meningkatnya ekonomi negara yang berdampak pada nilai Gross Domestic Product (GDP).

Ini artinya jika kamu menggunakan fitur PayLater, kamu turut berperan dalam meningkatkan ekonomi negara. Keren, kan?

Artikel Terkait