6 Cara Sederhana Meningkatkan Keuangan Kamu dalam 1 Tahun

Cara Sederhana Meningkatkan Keuangan

Ajaib.com – Banyak kebiasaan uang yang paling penting dibangun dari waktu ke waktu, antara lain menyimpan, berinvestasi, dan mengurangi pengeluaran. Namun itu bukan tujuan jangka pendek, tetapi solusi jangka panjang. 

Sebenarnya, ada banyak hal yang dapat dicapai dalam waktu satu tahun yang dapat membuat perbedaan besar dalam hidup kamu, terutama meningkatkan keuanganmu.

Berikut adalah enam cara sederhana meningkatkan keuangan tahun ini, yang akan bermanfaat untuk tahun-tahun mendatang.

1. Catat Pengeluaran Bulanan Kamu

Cara sederhana meningkatkan keuangan kamu yang pertama adalah, melacak pengeluaran kamu selama satu bulan. Tugas keuangan ini tampaknya mudah, tetapi merupakan salah satu cara untuk mencari tahu ke mana uang kamu, dan bagaimana kamu mungkin dapat mengalokasikannya dengan lebih baik.

Saat mencatat pengeluaran, gunakan kategori yang masuk akal (tagihan, makanan, transportasi, makan di luar, hiburan, dll.). Di akhir bulan, hitung total yang kamu habiskan di masing-masing kategori.

Pada akhirnya, akan terlihat jelas kategori pengeluaran mana yang perlu disesuaikan kembali. Mungkin akan terjadi sebaliknya, kamu jadi tahu kategori mana yang butuh pengeluaran lebih banyak.

2. Mulai Utamakan Privasi dan Keamanan Online

Dengan banyaknya pelanggaran data dan penipuan keuangan yang terjadi setiap hari, sangat penting untuk secara proaktif melindungi data keuangan dan pribadi kamu. Ada sejumlah strategi mudah untuk melakukan ini, tetapi beberapa yang paling mendasar meliputi:

  • Atur lansiran di rekening bank dan kartu kredit kamu untuk mengantisipasi aktivitas mencurigakan. Jika kamu merasa ada transaksi yang tidak kamu lakukan, segera laporkan ke pihak terkait.
  • Periksa secara rutin akun keuangan kamu dan laporan kredit untuk menghindari penipuan.
  • Gunakan kata sandi unik untuk akun keuangan kamu dan ingat baik-baik. Bisa juga disimpan pada pengelola kata sandi (password manager).
  • Jangan memercayai siapa pun, baik melalui telepon atau melalui email atau teks, yang mengaku berasal dari bank, pialang, atau lembaga keuangan atau pemerintah yang menawarkan hadiah/uang. Pikirkan dengan kepala dingin, dan cari tahu kebenarannya terlebih dahulu.

Tidak ada yang akan membuat kamu 100% aman, tetapi tidak ada salahnya berusaha agar aman dari penipu. Ingatlah, mengamankan keuangan dan data pribadi kamu bukanlah sesuatu yang dapat kamu lakukan sekali dan kemudian lupakan. Kamu harus senantiasa mengupayakannya dalam jangka panjang.

3. Tingkatkan Tabungan Pribadi

Cara sederhana meningkatkan keuangan kamu yang berikutnya adalah, meningkatkan tabunganmu. Sisihkan, bukan sisakan, sejumlah penghasilan untuk ditabung.

Untuk evaluasi tingkat tabungan, coba gunakan langkah-langkah berikut:

  • Hitung penghasilan kamu untuk tahun ini.
  • Hitung tabungan kamu untuk tahun ini.
  • Bagilah tabungan kamu dengan penghasilan kamu.
  • Kalikan dengan 100 untuk mendapatkan persentase.

Sebagai contoh, jika pendapatanmu tahun ini adalah Rp36.000.000 (atau Rp3.000.000 per bulan), dan kamu menabung Rp300.000 setiap bulan, maka tingkat tabungan pribadi kamu adalah 10%.

Setelah kamu mengetahui tingkat tabungan kamu, mari tetapkan tujuan untuk meningkatkan setidaknya satu persen setiap bulannya. Jangan lupa ukur kesuksesanmu dengan mencatat kemajuan yang telah kamu buat sepanjang tahun. 

Para ahli merekomendasikan untuk punya tabungan sebesar 20% dari pendapatan bulanan kamu, baik untuk dana pensiun dan tujuan lainnya.

4. Lakukan Percakapan yang Lebih Baik

Jika kamu memiliki pasangan, jadwalkan waktu untuk membicarakan tujuan, kekhawatiran, dan strategi keuangan kamu. Bersikap terbuka dan jujur ​​tentang uang akan membuat kamu lebih dekat, dan, idealnya, mencegah kemarahan atau frustasi seputar masalah ekonomi.

Berbicara dengan teman/rekan kerja yang tepercaya, terutama yang tahu lebih banyak tentang keuangan, juga bisa mencerahkan. Mereka mungkin bisa memberi kamu nasihat yang solid, atau memberikan motivasi yang kamu butuhkan. Membahas gaji dengan rekan kerja, bila dilakukan dengan hati-hati, dapat memberikan gambaran apakah kamu sudah digaji sesuai dengan kemampuan dan kontribusimu bagi perusahaan.

Melalui percakapan yang berkualitas, kamu bisa menerima masukan berbagai sudut pandang. Manfaatkan pengetahuan orang terdekatmu untuk membuat perencanaan keuanganmu menjadi lebih baik dan rapi.

Biasanya, saran-saran yang akan kamu terima, didasari pada pengalaman personal atau pengalaman yang dari orang lainnya. Jangan terlalu fokus dan yakin jika rencanamu akan berhasil tanpa percakapan yang baik tentang masalah finansial.

5. Tingkatkan Performa Utang

Bila kamu terpaksa harus punya utang, pastikan utang tersebut adalah utang produktif. Dalam artian, utang tersebut harus digunakan untuk menghasilkan uang lagi.

Jika kebetulan utang-utangmu saat ini adalah untuk keperluan konsumsi semata, mari rencanakan untuk meningkatkan performanya tahun ini. Misalnya, dengan melunasi tagihan kartu kredit tepat waktu, dan bayar lebih dari jumlah minimum yang disarankan. Ini dilakukan agar tagihanmu cepat lunas, tanpa dikenakan bunga berlebih.

Jika kamu memiliki pinjaman di online lending (pinjol), usahakan untuk lunas secepatnya. Jangan pernah membuka akun pinjol lain ketika satu saja kamu kesulitan untuk melunasinya.

Pada akhirnya, performa utang yang baik akan membuatmu lebih mudah untuk berutang bagi hal yang lebih penting, misalnya untuk lolos BI Checking ketika mau DP rumah impian.

6. Berpikir Secara Keberlanjutan

Keberlanjutan (sustainability) tidak hanya berlaku pada menjaga alam, tapi juga dompet. Jika kamu mengurangi jumlah pembelian secara keseluruhan, kamu akan menghemat uang. 

Demikian pula, membeli produk yang dibuat secara dengan prinsip sustainability, alias yang dapat digunakan kembali berulang kali, juga dapat membantumu untuk berhemat dalam jangka panjang, dibandingkan dengan barang-barang yang tidak awet. Sebut saja menggunakan kotak makan yang bisa dicuci-pakai, dibandingkan dengan membeli kotak styrofoam untuk membawa bekal.

Jangan terburu-buru mengganti barang-barang yang kamu miliki dengan yang baru, apalagi hanya karena barang tersebut sudah tidak nge-tren. Hemat sekarang, dan miliki perencanaan keuangan yang lebih baik kemudian.

Sudah siap untuk meningkatkan keuanganmu dalam masa mendatang? Gunakan cara-cara sederhana di atas dan jadikan hal tersebut sebagai suatu kebiasaan dalam setahun dan rasakan sendiri perbedaannya.

Artikel ini disadur dari CNBC.com, dengan pengubahan seperlunya.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait