Perencanaan Keuangan

6 Cara Berhemat dengan Anggaran Ketat, Berani?

Berhemat

Ajaib.co.id – Ketika kamu sudah memiliki anggaran yang ketat, tidak mudah untuk menemukan cara tambahan untuk berhemat. Tetapi selalu penting untuk menyisihkan setidaknya sedikit untuk masa depan, tidak peduli berapa banyak pendapatan yang kamu dapatkan saat ini.

Dengan penyesuaian keuangan yang tepat, kamu masih bisa bertahan dengan keadaan finansial yang berada di ujung jurang. Bahkan jika keadaanmu saat ini baik-baik saja secara finansial, tidak ada salahnya untuk lebih berhemat lagi, bukan?

Berikut adalah enam cara kamu dapat menghemat uang bahkan ketika kamu bekerja keras untuk hidup dengan anggaran terbatas.

1. Ubah Layanan Televisi Kamu

Salah satu cara termudah untuk mencari uang untuk dimasukkan ke dalam rekening bank kamu adalah dengan membatalkan layanan TV kabel atau satelit kamu dan beralih ke alternatif yang lebih murah. 

Banyak penyedia TV-berbayar terbesar menaikkan tarif untuk tahun 2020. Dan sekarang cukup mudah untuk mendapatkan berbagai pilihan hiburan dari layanan streaming yang menarik dengan biaya hanya puluhan ribu per bulan — meskipun kamu membutuhkan koneksi internet untuk mengaksesnya.

Netflix, mungkin alternatif layanan TV yang paling terkenal, dapat diakses langsung di TV kamu — seharga Rp139.000 hingga Rp169.000 per bulan — selama perangkat lainnya memiliki atau dapat mengunduh aplikasi Netflix. Kamu juga dapat menonton Netflix melalui konsol permainan video atau pemutar Blu-Ray.

Opsi untuk beralih ke layanan yang lebih fleksibel dapat kamu pertimbangkan, apalagi jika biaya TV kabel kamu saat ini seharga dua kali lipat dari harga layanan streaming. Kamu bisa menyimpan setengah dari tagihan tersebut untuk masuk ke rekening tabungan milikmu.

2. Lihatlah Tagihan Makanan Kamu

Cara lain untuk menghemat uang adalah mengubah cara kamu makan. Mungkin hal terbaik yang dapat kamu lakukan adalah berhenti atau mengurangi makan di luar. 

Jauh lebih murah memakan sisa makanan dari makan malam kemarin daripada pergi makan siang. Biaya makan di luar cenderung naik lebih cepat daripada biaya bahan makanan. Dalam 12 bulan yang berakhir pada Juli 2019, harga makanan yang dibeli untuk makan di rumah naik 0,6% sementara biaya makan di luar meningkat 1,8% .

Kamu juga bisa mempertimbangkan untuk tidak memakan atau mengurangi daging. Meskipun produk lain juga bisa mahal, terutama jika kamu membeli opsi segar dan organik.

Daging biasanya berharga lebih mahal per gramnya, apalagi jika kamu memakan daging untuk makanan sehari-hari. Kamu juga dapat menghemat uang dengan membeli buah, kacang, dan sayuran beku atau kalengan.

3. Potong Setiap Kategori, Sedikit Saja

Saat kamu menghemat uang, kamu mungkin sudah memotong semua barang yang tidak perlu dari anggaran kamu. Langkah selanjutnya mungkin menghemat Rp50.000 hingga Rp100.000 per kategori dalam anggaran kamu dan menyisihkan uang itu.

Kamu sering dapat menghemat Rp50.000 per minggu di toko grosir dengan meletakkan kembali dua atau tiga item dari daftar kamu. 

Jika kamu menghemat bahan bakar dengan menggabungkan perjalanan, mengambil angkutan umum, atau berjalan kaki jika memungkinkan, kamu dapat mengurangi jumlah yang kamu belanjakan untuk bensin setiap bulan bahkan lebih dari Rp100.000. 

Mengurangi anggaran di setiap kategori memang membutuhkan waktu untuk penyesuaian, namun demi kebaikan di masa depan, tidak ada salahnya untuk mencoba melakukannya dan membuatnya menjadi kebiasaan yang baru.

4. Beralih ke Uang Tunai untuk Biaya Harian Kamu

Meskipun mungkin tidak praktis untuk membayar uang sewa atau tagihan utilitas kamu, beralih ke uang tunai untuk pengeluaran lain dapat membantu kamu mengurangi pengeluaran kamu. Menggunakan uang tunai membatasi pengeluaran kamu dan membantu kamu menjadi lebih sadar akan pilihan-pilihan kamu.

Bahan makanan dan hiburan adalah dua kategori utama untuk menjadi uang tunai saja. Begitu juga pakaian dan makanan di luar rumah.

Di berbagai penelitian, banyak yang membuktikan jika uang tunai membantumu mengatur keuangan menjadi lebih baik dan tampak lebih nyata. Jika kamu tergoda dengan pembayaran digital, kamu perlu memikirkannya dua kali lagi.

5. Berusahalah Melunasi Utang Kamu

Utang berbunga tinggi, seperti kartu kredit, dapat menghabiskan penghasilan bulanan kamu. Kamu mungkin akan terkejut dengan berapa banyak kamu membayar bunga setiap bulan jika kamu melihat saldo pada kartu kredit kamu: Tingkat persentase tahunan rata-rata pada rekening kartu kredit yang diakses bunga pada November 2019 adalah 16,88% .

Mengambil langkah untuk melunasi kartu kredit kamu secepat mungkin akan membebaskan uang tambahan dalam anggaran kamu dan memungkinkan kamu melakukan lebih banyak hal dengan uang kamu. Jika kamu ingin lebih nyaman dan menabung, menyingkirkan utang kamu adalah langkah yang penting.

6. Temukan Cara untuk Mengurangi Biaya Besar

Lihatlah item terbesar dalam anggaran keseluruhan kamu. Apakah pembayaran mobil kamu terlalu banyak? Bisakah kamu menemukan tempat tinggal yang lebih murah yang masih bagus? Bisakah kamu pindah dengan teman sekamar untuk menghemat sewa?

Kamu akan selalu menemukan cara untuk berhemat dan menjadi ketat pada anggaran. Semua hal yang kamu lakukan bukan untuk hal yang sia-sia, tapi untuk masa depan yang lebih nyaman dan tenang.

Opsi-opsi ini mungkin merupakan langkah terakhir yang kamu ambil saat mencari cara untuk meningkatkan tabungan kamu, tetapi mereka benar-benar dapat membantu kamu menghemat sejumlah uang pada tagihan kamu setiap bulan. Semakin rendah kamu menjaga biaya ini, semakin mudah untuk tetap berpegang pada anggaran kamu. Semangat!

Artikel Terkait