10 Cara Menghemat Uang Agar Tujuan Finansialmu Tercapai

Ajaib: 10 Cara Menghemat Uang Untuk Segera Mencapai Tujuan Finansial Anda
Ajaib: 10 Cara Menghemat Uang Untuk Segera Mencapai Tujuan Finansial Anda

Semua orang tak henti memutar otak mencari cara menghemat uang terbaik agar bisa punya simpanan yang cukup. Sayangnya ini tak mudah dilakukan sedangkan dana untuk kebutuhan lainnya terasa mendesak seperti belanja bulanan atau membayar tagihan rutin. Rasanya berhemat adalah suatu hal yang teramat sulit apalagi jika pendapatanmu saat ini masih pas-pasan.

Kita mengetahui banyak cara berhemat termasuk menyiapkan rekening tabungan khusus yang tidak mudah dicairkan ataupun metode lainnya. Namun tetap saja sulit menghemat uangmu dengan gaya hidup materialisme saat ini yang semakin tinggi. Belum lagi dengan kecanggihan teknologi saat ini yang memudahkan berbelanja dengan online shoping.

Kamu semakin mudah kehilangan dana yang seharusnya ditabung karena tak bisa berhenti belanja online. Tinggal duduk santai, pilih barang, bayar dan barang langsung sampai di rumah dan diterima. Tak heran jika kamu selalu kekurangan uang di akhir bulan karena tak kunjung menemukan cara menghemat uang di usia sekarang.

Tips Menghemat Uang yang Bisa Diaplikasikan di Kehidupan Sehari-hari

Perencana keuangan punya banyak metode berhemat mulai dari yang paling mudah sampai paling rumit. Tapi sebenarnya metode apapun sulit untuk berhasil jika kamu tidak punya tujuan keuangan yang ingin dicapai. Tujuan finanasial ini bisa menjadi motivasi kamu agar hemat uang semaksimal mungkin.

Contohnya ketika masih sekolah, kamu rela tak jajan demi bisa membeli boneka yang diinginkan. Ketika kamu fokus untuk mencapai tujuan keuanganmu, penting untuk menemukan cara untuk menghemat uang di seluruh anggaranmu. Semakin banyak yang dapat kamu simpan, semakin cepat kamu bisa mewujudkan tujuanmu itu.

Tak usah bermimpi melakukan penghematan yang muluk-muluk. Awalilah dengan penghemat yang sederhana dimulai dari kegiatan sehari-hari. Dibandingkan pengeluaran besar seperti tagihan listrik atau asuransi kesehatan, biasanya biaya kebutuhan sehari-hari adalah yang paling besar. Tak hanya itu, pos ini juga biasanya paling rawan boros alias bisa menjadi sumber penghematan terbesar.

Tak percaya? Ajaib akan memberikanmu tips yang memudahkanmu menghemat uang dalam kegiatan sehari-hari. Meskipun terasa kecil, namun besaran uang yang bisa kamu simpan untuk ditabung pasti tetap lumayan jika dikumpulkan.

1. Bawa Makan Siang Dari Rumah

Untuk makan makanan cepat saji di luar, kamu membutuhkan biaya rata-rata Rp40 ribu dan biaya ini akan meningkat jika memutuskan untuk makan di restoran yang lebih mahal. Hentikan kebiasaan ini atas nama penghematan dan mulailah bawa bekal makan siang ke kantor. Kamu bisa memasak makanan di rumah atau apartemen dan dikemas untuk dimakan saat jam makan siang.

Jika kamu membuat makan siang sendiri dan membawanya ke kantor, dengan biaya rata-rata Rp15 ribu akan menambah penghematanmu sebesar Rp25 ribu sehari, dan Rp125 ribu per minggu atau Rp600 ribu per bulan. Jumlah ini tentu jauh lebih kecil dibandingkan harus makan di restoran setiap kali makan siang.

2. Latte? Lewati, deh!

Terkadang secangkir kopi adalah pilihan yang tepat untuk menemanimu sepanjang hari. Faktanya, minum kopi bagi kaum milenial saat ini bukan lagi sekedar kebutuhan namun lebih kepada eksistensi. Tentunya hal ini tidak bermanfaat jika dilakukan secara rutin karena ada uang yang terbuang sia-sia.

Biaya untuk membeli latte mungkin berkisar antara Rp20 ribu hingga Rp50 ribu dan jika kamu membeli satu setiap hari sepanjang tahun, kamu akan mengeluarkan biaya yang banyak per bulannya. Cobalah seduh kopimu sendiri di rumah, dan simpan latte untuk hari-hari tertentu. Bisa pula dengan berali pada kopi atau latte kemasan yang lebih murah namun dengan rasa yang tak kalah.

Jika melakukannya, kamu dapat menghemat hingga ratusan ribu sebulan dengan cara ini. Pengeluaran kecil dapat bertambah dengan cepat jika kamu kalkulasi dalam periode yang lebih panjang.

3. Evaluasi Pengeluaran Pulsa dan Paket Internetmu

Pulsa dan paket internet kini menjadi kebutuhan pokok setiap orang dengan tingginya penggunaan smartphone. Orang bahka kerapkali tak lagi menghitung berapa biaya pulsa yang dikeluarkan karena tetap akan membelinya setiap kali kehabisan. Akhirnya pengeluaran pos ini sangatlah banyak karena kamu kurang cermat.

Untuk mengatasinya, ketika kamu menggunakan paket internet yang jauh lebih besar dari yang dibutuhkan, kamu mungkin dapat menghemat uang dengan mengganti paket yang lebih sesuai. Kurangi berseluncur di sosial media karena biasanya membuatmu lebih boros paket internet. Lakukan itu hanya ketika sedang terkoneksi dengan wifi.

Lihatlah paket yang ditawarkan provider kartumu dan pilih yang terbaik. Lihat opsi lain yang tersedia dan pilihlah paket yang kamu butuhkan. Misalnya kebutuhanmu mengharuskan lebih banyak menghubungi nomor beda provide, ambilah paket telepon yang sesuai karena biasanya jauh lebih hemat.

4. Berhenti Membayar Bunga

Memiliki kartu kredit terasa keren dan memudahkan kehidupanmu. Eits, jangan salah karena kartu kredit kerap menggiring orang pada kesulitan keuangan salah satunya karena suku bunga yang dikenakan. Sistem utang yang diberlakukan membuat orang sering terlena dan kurang cermat mengamati jumlah tagihan yang harus dilunasinya.

Jadikan prioritas untuk berhenti menggunakan kartu kredit dan melunasinya secepat mungkin. Beralihlah pada kartu debit yang juga menyediakan opsi pembayaran mudah namun dengan mekanisme lebih sehat bagi keuanganmu.

Ketika kamu tidak membayar bunga, kamu dapat mulai menginvestasikan uang tersebut dan mulai mendapatkan bunga. Salah satu cara terbaik untuk menabung adalah menghindari utang dalam bentuk apapun dan kepada siapapun.

5. Gunakan Kupon

Menggunakan kupon mungkin terlihat sederhana, tetapi kupon adalah salah satu cara terbaik untuk menghemat uang secara konsisten. Kamu dapat mencari kupon secara online untuk meningkatkan tabungan. Orang-orang yang melakukan hal ini menghemat banyak uang untuk bahan makanan mereka atau kebutuhan bulanan lainnya.

Selain berbelanja di supermarket, kamu dapat menggunakan kupon untuk restoran favorit Anda dan untuk layanan lainnya. Periksa email promosi yang kamu terima dan daftar untuk program loyalitas di toko favoritmu untuk mendapatkan penawaran terbaik. Manfaatkan persaingan tinggi antar e-commerce yang menawarkan harga semurah-murahnya agar kamu bisa lebih banyak berhemat.

6. Gunakan Uang Tunai Untuk Transaksi

Tren cashless semakin tinggi belakangan ini di tengah masyarakat Indonesia. Alasannya adalah kemudahan dan keamanannya sehingga banyak orang mulai beralih menggunakannya dibandingkan transaksi uang tunai. Namun sebenarnya kebiasaan cashless agak kurang baik untuk membangun rutinitas berhemat.

Sebabnya strategi lain yang dapat kamu lakukan adalah menggunakan uang tunai untuk pengeluaran harian. Banyak orang tidak berpikir terlebih dahulu tentang uang yang mereka keluarkan ketika mereka menggesek kartu debit atau kredit. Meskipun lebih nyaman, kartu kredit dapat membuatmu lupa untuk memikirkan berapa banyak sebenarnya yang telah kamu habiskan.

Menggunakan uang tunai memiliki dua manfaat. Pertama, uang tunai membuatmu lebih sadar tentang berapa banyak pengeluaran yang dilakukan karena kamu perlu menghitung apa yang harus diberikan kepada kasir. Kedua, uang tunai juga bertindak sebagai cara untuk menghentikan pengeluaran berlebihan karena kamu tidak dapat menghabiskan uang yang tidak dimiliki.

Agar ini berfungsi, kamu mungkin ingin meninggalkan kartu di rumah saat berbelanja supaya tidak dapat menggunakan kartu debit atau kredit milikmu.

7. Kurangi Tagihan Utilitasmu

Banyak orang beranggapan bahwa tidak banyak yang dapat kamu lakukan untuk mengubah tagihan utilitasmu. Ada strategi penghematan uang yang mudah untuk kamu gunakan untuk menurunkan harga utilitasmu biasanya. Mulailah dengan memasang lampu LED yang lebih hemat energi atau mematikan listrik saat tidak menggunakannya contohnya ketika tidur atau pergi bekerja.

Kamu juga bisa mengurangi penggunaan pendingin ruangan atau AC dengan lebih sering membuka jendela. Beralihlah menggunakan shower agar lebih bisa hemat air sehingga tagihannya juga berkurang. Kalau selama ini terbiasa menggunakan taksi atau transportasi online maka cobalah berjalan kaki agar lebih sehat dan hemat.

Perubahan kebiasaan kecil ini pastinya akan memberikanmu beberapa rupiah untuk dihemat dan dialokasikan ke hal lain.

8. Cobalah Membeli Barang Bekas

Tips lain adalah mencoba membeli bekas selain membeli barang baru. Ini mungkin tidak berfungsi untuk setiap barang. Banyak barang-barang bekas yang bisa Anda beli dengan kualitas yang tak kalah beda dari barang baru. Tidak perlu malu membeli barang bekas karena memang tidak ada salahnya dan lebih baik dari segi keuangan.

Misalnya, peralatan olahraga, peralatan perkakas, alat musik, pakaian sampai perabotan rumah tangga bisa membeli barang bekas. Tetapi sebaiknya kamu melakukan sedikit riset sebelum membeli untuk menjamin kualitas barang yang dibeli. Bisa pula memanfaatkan marketplace barang bekas online yang terpercaya untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan dan kualitasnya terjamin.

9. Tunggu Sampai Harga Turun

Jika kamu perlu membeli sesuatu pada hari di mana barang tersebut baru saja keluar, maka kamu kemungkinan akan membayar harga penuh untuk barang tersebut. Jika kamu bisa menunggu, seringkali harganya akan turun pada item tersebut. Strategi ini bekerja dengan baik dalam elektronik dan pakaian.

Terlebih lagi kedua hal ini urgensinya tidak terlalu tinggi untuk dibeli segera ketika baru dirilis. Jangan tergoda atau gampang panik dengan promosi yang mengatakan jika barang tersebut edisi terbatas. Jika memang berkualitas dan diminati pasar, pasti ada kesempatan berikutnya untuk mendapatkan barang tersebut.

Jika kamu adalah seseorang yang perlu mengikuti perkembangan mode atau alat teknologi terbaru ini mungkin merupakan penyesuaian besar seperti model atau IT designer. Akan tetapi hal ini benar-benar dapat membuat perbedaan dalam berapa banyak yang kamu belanjakan.

10. Berikan Dirimu Sendiri Uang Saku

Sisihkan sedikit uang saku untuk dibelanjakan sesuai keinginanmu setiap bulan. Jumlahnya tergantung pada anggaranmu. Hal ini bisa membuat perbedaan besar untuk dapat mencapai tujuan penganggaranmu dan tetap fokus. Penganggaran untuk bersenang-senang akan membantumu menghemat uang karena memberikan ruang untuk beberapa pengeluaran besar dan mencegahmu dari pengeluaran berlebihan karena bersikap impulsif.

Sebagian orang mengakui bahwa hambatan terbesar yang mereka hadapi untuk menabung setiap bulan adalah diri mereka sendiri. Kurangilah pengeluaranmu dengan mengaplikasikan tips-tips di atas dan lihatlah berapa banyak uang yang bisa kamu hemat setiap bulannya.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait