Perencanaan Keuangan, Teknologi

6 Aplikasi Pencatat Keuangan untuk Perencanaan Finansial

Ajaib.co.id – Melakukan perencanaan finansial itu merupakan hal yang dianjurkan karena uang yang kamu miliki tidak akan terbuang dengan sia-sia. Dengan melakukannya kamu dapat mencapai tujuan yang lebih pasti, dan hal itu tentu akan membuatmu lebih bahagia.

Awalnya kamu mungkin kebingungan bagaimana bentuk format mengatur atau mengelola keuangan yang semestinya. Tenang saja, karena kamu bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi aplikasi pencatat keuangan.

Menggunakan aplikasi seperti itu saat ini sudah banyak tersedia untuk Play Store ponsel pintarmu. Aplikasi pencatat keuangan dikembangkan oleh perusahaan Indonesia dan ada juga yang dari luar.

Dengan aplikasi ini dijamin kamu tidak akan merasa kehabisan uang lagi. Jika uangmu cepat habis, kamu pun akan pusing sendiri karena tidak menyadari ke mana saja uangmu pergi. Namun, tenang saja karena aplikasi-aplikasi ini bisa mengatasi hal itu.

Aplikasi ini membantumu mencatat pemasukan dan pengeluaran yang dilakukan secara berkala. Untuk mengelola keuangan yang lebih baik, tidak ada salahnya kamu mengandalkan aplikasi-aplikasi ini.

1. Realbyte Money Manager Expense & Budget

Aplikasi pencatat keuangan satu ini cukup ternama di bidangnya. Fitur-fiturnya mudah dipahami. Kamu bisa melakukan perencanaan keuangan per hari, dan total pemasukan dan pengeluaran langsung tertera di bagian menu utama sehingga kamu bisa langsung melihatnya.

Pengeluaran dapat ditentukan sesuai dengan kategori. Misalnya saja ada kategori makanan, kategori belanjaan sehari-hari, atau jika kamu menambahkan kategori di luar yang tersedia juga bisa.

Ada juga fungsi grafik yang membuatmu lebih mudah mengetahui di kategori mana uangmu paling banyak digunakan. Dengan melihat grafik ini kamu jadi bisa melakukan pengurangan di bulan berikutnya.

Selain itu yang juga tak kalah bagusnya, kamu bisa menyimpan foto-foto struk belanja yang telah kamu masukkan ke aplikasi tersebut. Jadi, kamu tidak perlu repot menumpuk bukti struk yang kalau dibiarkan tintanya juga bisa hilang. Kamu pun akan mengetahui pengeluaran apa saja yang telah kamu lakukan dengan catatan yang akurat.

2. Finansialku

Salah satu aplikasi pengatur keuangan satu ini merupakan karya anak bangsa. Sesuai dengan namanya bisa kamu gunakan untuk mengatur finansialmu. Pengeluaran yang kamu lakukan disusun sesuai dengan tanggal.

Yang menariknya, aplikasi ini memungkinkan buatmu untuk menyusun anggaran di bulan berikutnya. Dengan anggaran itu kamu bisa lebih konsisten dalam mencapai tujuan finansial.

Jika kamu membutuhkan orang yang ahli untuk mengatur keuanganmu, Finansialku juga menyediakan jasa konsultasi finansial yang terjamin mutunya. Kamu bisa berkonsultasi perencanaan keuangan pada mereka dan bisa memutuskan hal yang tepat untuk tujuanmu nantinya.

Tidak hanya anggaran sehari-hari, kamu bisa mencatat rencana keuangan, investasi, dan melakukan pemeriksaan kesehatan keuangan yang kamu miliki. Aplikasi ini membuatmu lebih rapi dalam menyusun anggaran.

3. Monefy – Money Manager

Aplikasi ini memiliki tampilan grafis yang menarik. Jika kamu menyukai aplikasi yang penuh warna dan didesain lebih visual, kamu pasti bisa cepat beradaptasi menggunakan Monefy.

Aplikasi ini memungkinkanmu untuk mencatat dan mengatur pengeluaran, dan catatan disusun melalui gambar-gambar sesuai kategori sehingga kamu akan lebih cepat mengenalnya.

Aplikasi ini memberikan informasi yang jelas padamu berapa uangmu yang tersisa setelah digunakan untuk berbagai keperluan. Tampilannya yang sederhana dan unik mungkin lebih disukai oleh para anak muda.

Namun, siapa saja tetap bisa menggunakannya. Untuk penyimpanan yang lebih besar, kamu bisa menyambungkan aplikasi Monefy dengan Dropbox yang kamu miliki.

4. Money Lover – Money Manager

Aplikasi yang didominasi warna hijau ini menyusun laporan pengeluaran sehari-hari per bulannya. Kamu juga dapat langsung mengetahui berapa sisa uangmu di hari ini tanpa perlu khawatir uangnya menghilang entah ke mana.

Ada grafik yang bisa membantumu untuk tahu di kategori mana uangmu lebih sering digunakan.

Selain itu yang cukup menarik adalah dengan aplikasi ini kamu bisa membayar tagihan tepat waktu karena tersedia fitur pengingat. Fitur tersebut mengingatkan beberapa hari sebelum jatuh tempo.

Aplikasinya cocok untuk membantu kamu yang sering lupa tagihan jatuh tempo.

5. Bluecoins – Finance, Budget, Money, Expense Tracker

Aplikasi pencatat keuangan ini tampilannya cukup sederhana. Cocok digunakan olehmu yang tidak menyukai tampilan ribet.

Bisa disambungkan dengan berbagai fitur yang ada di Google Drive, jadi kamu bisa mengakses catatan keuangan yang disimpan di sana. Ringkasan pengeluaran muncul dalam bentuk grafik yang mudah dibaca.

Kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi ini sebagai pengingat tagihan apa saja yang dimiliki. Pencatatan keuangan pun dibagi dalam bentuk anggaran dan aktual pengeluaran. Jadi, kamu akan mengetahui pengeluaran mana saja yang melebihi anggaran.

6.     TemanBisnis

Aplikasi satu ini merupakan buatan orang Indonesia. Sebenarnya aplikasi ini digunakan untuk pencatatan atau laporan keuangan yang berkaitan dengan bisnis, tapi bisa juga dipakai untuk kebutuhan sehari-sehari.

Untuk keperluan bisnis, fitur yang ditawarkan cukup lengkap. Sampai ada fitur catatan piutang yang dimiliki oleh usahamu.

Aplikasi ini memungkinkanmu untuk mencatat aset-aset apa saja yang dimiliki. Mencatat pengeluaran perusahaan mulai dari operasional sampai ke promosi. Ada juga perhitungan kas dan pengeluaran sehingga secara otomatis kamu bisa langsung menghitung keuntungan.

Meskipun dikhususkan untuk keperluan bisnis, tapi aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana sehingga mudah digunakan oleh pemula.

Itulah aplikasi-aplikasi yang bisa kamu manfaatkan untuk mengatur keuanganmu. Aplikasi di atas punya kelebihannya masing-masing yang bisa kamu pilih sesuai selera.

Sekarang memang sudah banyak aplikasi yang memudahkan segala keperluan dan sesuai dengan kebutuhan. Kamu harus mampu memanfaatkannya dengan baik.

Artikel Terkait