Kenapa Konsultan Finansial Penting? Berikut Jawabannya!

konsultan finansial
konsultan finansial

Konsultan finansial atau penasihat finansial adalah salah satu rem yang diperlukan dalam era modern seperti sekarang. Keberadaan ponsel pintar yang didukung dengan kemunculan e-commerce membuat banyak orang lebih boros dan tidak bijak dalam menghabiskan uang mereka.

Tentunya, tidak semua orang membutuhkan konsultan penasihat finansial. Namun, jika kamu memiliki aset dalam jumlah yang lumayan dan memikirkan tentang masa depan finansial, maka bekerja sama dengan penasihat finansial adalah kunci. Di bawah ini, ada panduan tentang bagaimana penasihat finansial bekerja dan kenapa keberadaan mereka penting.

Kenapa Menggunakan Konsultan Finansial Penting

Hal yang berkaitan dengan finansial bisa menjadi rumit. Hal seperti menjual dan membeli saham, menyiapkan dana pensiun dan melindungi properti sebagai warisan adalah hal yang rumit. Melakukan hal ini semua seorang diri tentunya bisa membuat kamu pusing.

Peran konsultan keuangan bisa membantu semua hal ini menjadi simpel. Ia bisa mengetahui kemampuan finansial kamu secara menyeluruh dan membantu kamu menciptakan perencanan finansial untuk memastikan bahwa keputusan yang kamu buat sejalan dengan tujuan finansial yang lebih besar.

Lebih dari itu, penasihat finansial juga memiliki keterampilan invetasi yang bisa dimaksimalkan untuk mengembangkan uang kamu atau keuangan perusahaan. Penasihat finansial kamu bisa membantu untuk memiliki alokasi aset yang sesuai dengan tujuan pribadi dan menyesuaikannya seiring usia kamu bertambah atau tujuan yang berubah.

Pada saat yang bersamaan, penasihat finansial bisa membantu untuk melindungi aset, yang penting ketika masa pensiun sudah menjelang. Dengan bantuan penasihat finansial, kamu bisa lebih yakin ketika akan pensiun nanti.

Mereka yang Membutuhkan Konsultan Finansial

Tidak ada umur yang spesifik, karir atau leel gaji yang bisa menentukan apakah kamu membutuhkan penasihat finansial atau tidak. Secara umum, ketika kehidupan finansial kamu lebih rumit daripada sekadar menabung gaji dan menghabiskan uang, maka mungkin sudah saatnya untuk mencari penasihat finansial.

Banyak penasihat finansial yang memasang tarif tidak terlalu mahal, namun tetap, kamu harus memastikan bahwa penasihat finansial kamu sesuai dengan kemampuan finansial yang kamu bisa.

Indikasi lain yang menunjukkan bahwa kamu membutuhkan penasihat finansial adalah jika kamu melalui transisi hidup yang besar. Ini bisa apa saja, mulai dari memiliki keluarga, mendapatkan warisan besar atau melalui perceraian.

Jika kamu memiliki anak, contohnya, kamu ingin mulai memikirkan tentang menabung untuk kebutuhan kuliah mereka dan juga kemungkinan adanya warisan. Penasihat finansial yang sesuai bisa membantu kamu untuk mencapai ini semua.

Dua aspek penasihat finansial ini bisa menjadi landasan atau gambaran untuk kamu, apakah di fase hidup sekarang, kamu membutuhkan penasihat finansial atau tidak. Jika jawabannya iya, maka kamu perlu mengandalkan mesin pencari di internet juga kesabaran guna mendapatkan penasihat finansial yang sesuai.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait