Investasi, Investor Pemula, Reksa Dana

Memahami Reksa Dana Pendapatan Tetap untuk Modal Investasi

reksa dana pendapatan tetap

Reksa dana adalah salah satu bentuk investasi yang populer belakangan ini. Salah satu bentuk investasi reksa dana yang populer adalah reksa dana pendapatan tetap.

Namun, sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya kamu memahami apa itu reksa dana. Reksa dana adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal atau dikenal juga dengan istilah investor. Dana yang telah terakumulasi nantinya akan diberikan kepada Manajer Investasi, seseorang atau sebuah institusi yang menawarkan saham, obligasi, dan juga deposito.

Investasi reksa dana adalah alternatif bagi para pemodal, atau masyarakat menengah, yang tidak memiliki banyak waktu lowong, apalagi menghitung risiko investasi mereka. Di sinilah peran Manajer Investasi akan sangat vital.

Secara keseluruhan, investasi reksa dana mengenal empat jenis, yaitu reksa dana pasar uang, reksa dana campuran, reksa dana saham dan reksa dana pendapatan tetap. Nah, artikel ini akan membahas yang terakhir, atau apa itu reksa dana pendapatan tetap.

Definisi

Investasi reksa dana pendapatan tetap, atau dalam bahasa inggris disebut fixed-income fund adalah salah satu jenis investasi reksa dana yang menginvestasikan minimum 80% dari aset dalam bentuk efek utang atau obligasi. Kedua aspek ini, efek utang dan obligasi bisa yang diterbitkan oleh pemerintah ataupun perusahaan.

Kenapa disebutnya reksa dana pendapatan tetap? Karena investasi reksa dana yang satu ini memberikan kupon atau imbalan yang relatif rutin, makannya disebut ‘tetap’. Dan periodenya biasanya berkisar, ada yang tiga bulan sekali, namun banyak juga yang satu bulan sekali.

Ciri Orang yang Cocok Investasi Reksa Dana Tetap

Investasi reksa dana yang beragam tentunya tidak membuatnya cocok untuk semua orang. Setiap investasi tentunya memiliki pro dan kontranya masing-masing, yang pada akhirnya disesuaikan dengan karakter investor tersebut. Dalam invetasi reksa dana, biasanya cocok atau tidaknya ditentukan oleh profil riisko dari tipe reksa dana yang kamu pilih.

Khusus reksa dana pendapatan tetap, tingkat pengembalian hasil yang relatif stabil membuat tipe reksa dana ini cocok bagi kamu investor yang konservatif. Investor yang satu ini cenderung memiliki profil risiko yang rendah, bahkan suka untuk menghindari risiko. Maka dari itu, jenis reksa dana ini cocok bagi kamu yang konservatif.

Memahami jenis investasi reksa dana ini bisa membantu kamu yang baru pertama kali mencoba investasi reksa dana, karena seperti yang telah disinggung di atas, tipe investor konservatif yang tidak mau menghadapi risiko cocok untuk reksa dana ini.

Investasi reksa dana bukan satu-satunya hal yang bisa kamu pelajari di blog Ajaib. Masih banyak pengetahuan tentang dunia investasi dan finansial yang bisa kamu pelajari di laman ini.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait