5 Tips Berburu Tiket Pesawat Murah untuk Libur Akhir Tahun

5 Tips Berburu Tiket Pesawat Murah untuk Libur Akhir Tahun
5 Tips Berburu Tiket Pesawat Murah untuk Libur Akhir Tahun

Sejak akhir tahun 2018 kemarin masyarakat Indonesia dibuat kebakaran dengan harga tiket pesawat yang meroket. Seruan warganet pun memenuhi berbagai laman media sosial. Mereka menuntut pemerintah dan maskapai untuk menurunkan harga tiket.

Kenaikan harga tersebut dibarengi dengan menurunnya wisatawan domestik dan jumlah tamu hotel di seluruh Indonesia. Badan Pusat Statistik (BPS), pada bulan Mei yang lalu, menyatakan bahwa jumlah penumpang pesawat turun hingga 21,94% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Presiden Joko Widodo sempat mengimbau penyedia jasa penerbangan untuk menurunkan harga tiket. Bagai masuk ke telinga sebelah kanan, keluar ke telinga kiri, anjuran tersebut hanya berlangsung sebentar. Maskapai membuat klaim telah menurunkan harga tiket namun masyarakat tetap tidak bisa menemukan tiket murah.

Dunia maskapai Indonesia mendapat guncangan lagi saat Garuda Indonesia tertangkap basah memanipulasi laporan keuangan (lapkeu) tahun 2018. Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menemukan adanya kejanggalan dalam lapkeu Garuda. Saham Garuda pun sempat anjlok setelah pemberitaan tersebut. Untuk menyiasati melambungnya harga tiket pesawat, simak tips-tips mendapatkan tiket dengan harga murah di bawah ini:

Beli tiket pesawat dengan mode incognito di browser

Jangan kaget melihat perubahan harga dalam selang waktu 5 menit saja setelah kunjungan terakhirmu di situs penyedia tiket. Sudah menjadi rahasia umum di berbagai forum dan sosial media bahwa situs penyedia tiket akan menaikkan harga jika rute yang kamu inginkan dicari berulang-ulang. Solusinya adalah kamu bisa memesan tiket menggunakan browser dalam mode incognito dan menghapus cache.

Gunakan promo bank dan kartu kredit

Tiap bank dan produk kartu kredit sering sekali menawarkan berbagai promo tiket pesawat. Biasanya penyedia kartu kredit akan mengirimkan email promosi. Selain itu, kamu bisa cek situs resmi dan media sosial bank pilihanmu.

Berburu tiket murah di travel fair

Pameran wisata biasanya diselenggarakan oleh maskapai itu sendiri atau perusahaan lain yang bekerja sama. Salah satu maskapai yang rutin menyelenggarakan travel fair adalah Garuda Indonesia dengan Garuda Indonesia Travel Fair dan Garuda Indonesia Online Travel Fair. BUMN dengan kode saham GIAA tersebut bisa menawarkan potongan harga hingga 50%.

Manfaatkan promo cashback di aplikasi e-commerce

Sekarang ini sudah banyak layanan e-commerce yang ikut menjual tiket perjalanan. Walau harganya tidak jauh berbeda dengan situs resmi maskapai, e-commerce lebih menarik karena sering menawarkan voucher atau kode diskon meskipun kebanyakan hanya berbentuk cashback bukan potongan langsung.

Terbang ‘gratis’ dengan miles atau poin

Jika kamu setia menggunakan layanan satu maskapai saja, ada baiknya kamu mendaftar program miles. Miles adalah poin yang kamu dapatkan setiap kali terbang dengan satu maskapai. Kamu bisa menukar poin yang sudah terkumpul dengan tiket pesawat, upgrade kelas penumpang hingga potongan harga sewa kamar hotel.

Naiknya harga tiket pesawat memang merepotkan. Namun jangan khawatir karena banyak cara untuk menghemat biaya liburanmu. Dengan beli tiket pesawat murah, liburanmu jadi bisa hemat dan kamu bisa menyimpan uangmu untuk investasi. Sehingga, investasimu tidak akan terganggu dan liburanmu jalan terus. Untuk memulai investasi, kamu bisa mendownload aplikasi Ajaib! Di sini, kamu bisa mulai berinvestasi reksa dana dengan mudah, cepat, dan aman. Investasi sekarang!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait