5 Situs Crowdfunding Paling Aman dan Populer di Indonesia

situs crowdfunding paling aman
situs crowdfunding paling aman

Crowdfunding merupakan salah satu bentuk pendanaan usaha yang berasal dari beberapa pemilik modal. Modal yang terkumpul nantinya akan diberikan kepada pelaku bisnis untuk menunjang perjalanan bisnis. Sekarang ini, banyak situs Crowdfunding paling aman yang bisa dicoba.

Untuk kamu ketahui, pilar utama dari sebuah crowdfunding adalah website dan pemilik modal. Usaha yang mau dijalankan nantinya didaftarkan ke dalam sebuah website terlebih dulu. Siapapun yang tertarik dengan usaha tersebut dan setuju dengan syarat dan ketentuan yang dilampirkan bisa langsung menanamkan modal di sana. Tunggu beberapa hari sampai kerjasama diproses, maka dana dari pemilik modal pun akan cair ke rekening si pelaku usaha.

Secara garis besar, sistem ini memungkinkan penghimpunan dana dari masyarakat luas untuk membiayai proyek tertentu. Berikut ini 5 situs crowdfunding paling aman di Indonesia untuk mencari dana dengan mudah, dan nyaman.

Kolase.com

Kolase.com merupakan situs crowdfunding paling aman pertama di Indonesia yang menyajikan beragam pilihan campaign bagi pelaku industri kreatif, baik itu musisi, pegiat event, penulis buku, maupun creative planner lainnya.

Kelebihan dari platform ini ialah, saling menguntungkan antara kedua belah pihak yakni, campaigner dan juga booster, sebutan bagi pendukung creative planner yang membuat campaign. Adapun beberapa musisi yang sudah melakukan campaign-nya dan berhasil adalah, Tulus, Fourtwnty, Elephant Kind, Mocca, Dekat, dan beberapa musisi Tanah Air lainnya.

Akseleran

Akseleran adalah peer-to-peer lending platform di Indonesia yang menghubungkan UKM yang membutuhkan pinjaman untuk mengembangkan usaha dengan kumpulan pemberi pinjaman yang memiliki dana lebih untuk mendanai pinjaman tersebut.

Akseleran menyediakan akses permodalan kepada pelaku usaha dengan suku bunga yang kompetitif dan fleksibilitas dalam tenor pinjaman, model pembayaran, serta penyertaan agunan. Akseleran juga membuka alternatif peluang pemberian pinjaman kepada masyarakat Indonesia untuk memperoleh imbal hasil yang menarik dan sepadan dengan risiko yang ada.

Kitabisa.com

Situs yang nampaknya sudah dikenal oleh banyak kalangan di Indonesia khususnya Jakarta. Mengutip dari halaman kitabisa.com website tersebut merupakan situs yang mewadahi orang untuk berdonasi maupun galang dana.

Kitabisa.com merupakan situs yang menjadi tempat bagi penyalur dana bagi orang-orang yang ingin menggalang dana. Bukan hanya itu, situs ini juga menjadi wadah penyalur dalam pengumpulan dana untuk berbagai macam keperluan lainnya seperti edukasi, bantuan kesehatan, kemanusiaan, dan projek-projek lainnya.

Namun, Kitabisa tidak memberikan janji investasi kepada para penyetor dana, artinya Kitabisa lebih berfokus kepada pencarian dana amal dan sukarela dengan tujuan kemanusiaan dan pendidikan dibandingkan dengan bisnis-bisnis lainnya.

Untuk jenis modal usaha ini, situs ini tidak berdiri sendiri dan melakukan kerja sama dengan lembaga crowdfunding lainnya yang bernama HIJAW milik Ivan Nanto yang dibantu dengan anggota dari Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN).

Hingga saat ini, situs ini berhasil memiliki member lebih dari satu juta orang di seluruh Indonesia ini dan telah menyalurkan dana lebih dari Rp450 miliar dalam bentuk berbagai donasi dan zakat.

Ayopeduli.id

Merupakan salah satu situs crowdfunding asal Indonesia yang bertujuan untuk mempertemukan masalah sosial dan pemberi solusi, yakni penggerak sosial, sponsor maupun donatur.

Situs crowdfunding satu ini akan mempertemukan masalah sosial dan pemberi solusi (penggerak sosial, sposor maupun donatur). Dengan bergaubung menjadi Ayopeduli diharapkan dapat menyelesaikan masalah sosial seperti ekonomi, kesehatan, pendidikan,dll dengan lebihh efektif dan efisien.

Situs satu ini hanya memberikan bantuan untuk masalah sosial seperti Bantuan bencana dan banjir, bakti sosial, khitanan massal, dan sebagainya. Untuk proses pengumpulan dana ini, kamu bisa memberikan dana dengan sistem GoPay dan Bank BRI langsung tertera diwebsite dalam menu Donasi.

GandengTangan

Pada tahun 2015, lahirlah GandengTangan untuk memfasilitasi kebutuhan finansial usaha mikro. GandengTangan hadir untuk mempermudah para pelaku usaha mikro untuk mendapatkan tambahan untuk modal usaha. Dengan adanya teknologi, mereka ingin mewujudkan perubahan bagi masa depan usaha mikro di Indonesia.

Didasari oleh konektivitas, mereka ingin menghubungkan para pendana untuk memberikan dampak sosial bagi perubahan usaha mikro sebagai bentuk kontribusi yang dihasilkan.

Untuk mewujudkan keterhubungan antara pendana dengan usaha mikro, mereka menggagas GT-Trust sebagai mitra mereka untuk mengawasi sistem pendanaan agar aman dan transparan.

Hingga saat ini Gandengtangan sudah menyalurkan dana lebih dari Rp5,4 miliar kepada 1.400 lebih pengusaha mikro di seluruh Indonesia. Situs ini telah memiliki lebih dari 11 ribu member yang berasal dari seluruh pelosok Indonesia.

Itulah kelima situs crowdfunding yang bisa kamu manfaatkan ketika ingin mendapatkan modal ataupun memberikan penanaman modal kepada usaha ataupun orang yang lebih membutuhkan. Pastikan situs yang kamu pilih telah memiliki Otoritas Jasa Keuangan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait