Saham

4 Tools Analisis Teknikal Populer untuk Trading Harianmu

Tools Analisis Teknikal

Ajaib.co.id – Ketika kita bermain saham atau trading, tentunya tools analisis teknikal menjadi sesuatu yang sangat penting dan tidak bisa dihindari. Bagaimana mungkin? Ya, karena tools analisis teknikal menentukan bagaimana nantinya kamu mulai melakukan perdagangan saham.

Tools analisis teknikal ini juga bisa dikatakan sebagai ujung tombak kamu dalam memperoleh keuntungan bermain saham atau profit.

Ada banyak analis yang menggunakan tools untuk melihat potensi-potensi cuan dakam kegiatan trading harian. Dengan begitu, maka tools ini sangat penting kamu miliki sebelum mulai melakukan trading saham.

Nah, sebelum jauh mengenal tools analisis teknikal, kamu tentunya sudah mengetahui apa itu trading bukan? Jika memang iya, maka kamu sebagai investor cukup sering memperoleh broadcast message mengenai analisa dan rekomendasi saham.

Nah, melalui tools analisis teknikal kamu tidak perlu bersusah payah menunggu rekomendasi saham harian. Kamu hanya perlu menggunakan tools yang memiliki empat tools popular.

Adapun empat indikator analisis yang paling popular adalah membahas mengenai empat macam tools analisis teknikal yang selain memudahkan kamu dalam melakukan trading, juga mampu membawamu mendulang imbal hasil yang tinggi.

Ada sebanyak empat tools, beberapa tools tersebut bisa membantu kamu memberikan sinyal beli atau jual. Beberapa tools lainnya juga memiliki keunggulan masing-masing.

Adapun empat tools analisis teknikal tersebut antara lain:

1.   Horizontal Line

Tools analisis teknikal yang pertama adalah Horizontal Line. Horizontal Line merupakan tools yang paling popular dan banyak digunakan oleh para trader, baik pemula maupun trader yang sudah mahir. Melalui tools analisis teknikal Horizontal Line, para trader akan mengetahui level support dan resistance pergerakan harga saham.

Dengan mengetahui level support dan resistance harga saham, para trader tentunya dapat mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan terburuk dalam melakukan trading.

Misalkan saja, mengenai fluktuasi harga saham. Jika kamu mahir dalam megngunakan tools Horizontal Line, maka otomatis kamu akan bersiap untuk melakukan antisipasi terkait dengan pergerakan harga.

Umumnya harga akan bergerak menguat ketika mendekati level support atau resistance tersebut. Ataupun jika lolos pada level support dan resistance, tentunya harga saham akan cenderung bergerak mengikuti sentimennya.

2.   Trend Line

Selanjutnya adalah tools Trend Line yang bisa membuat kamu mendapatkan imbal hasil dengan maksimal. Adapun Trend Line ini memiliki garis tren yang bisa kamu gunakan dalam membantu kamu mengetahui tren apa yang sedang terjadi saat ini.

Jika kamu menggunakan Trend Line, maka kamu dapat mengetahui tren harga atau pergerakan saham apa yang mungkin saat ini terjadi.

Harganya tentu saja bisa bergerak dalam kisaran channel harga yang sudah biasa. Namun sepanjang channel ini para trader tentunya bisa melakukan trading dan memperoleh profit, walaupun nilainya tidak besar.

3.   Rectangle

Tools analisis teknikal selanjutnya adalah Rectangle. Rectangle umumnya digunakan dalam upaya mencari konsolidasi pada area yang sempit.

Dalam penggunaan tools Rectangle ini, umumnya berkaitan dengan strategi dalam melakukan trading saham yang dipopulerkan oleh Nicholas Darvas, dengan nama Box Theory.

Dengan menggunakan Rectangle, maka kamu akan bisa melihat proyeksi harga saham yang cukup sering bergerak dalam kotak imajiner.

Dengan begitu, maka saat harga saham mengalami keterbatasan di dalam kotak tersebut, maka kamu bisa membeli ketika harganya naik dan berada di luar kotak.

4.   Fibonacci Retracement

Selanjutnya ada juga Fibonacci Retracement. Tools Fibonacci Retracement adalah sebuah alat bantu yang tentunya menggunakan Fibonacci ratio yang mana ini cukup banyak dipakai.

Adapun gunanya adalah untuk menentukan level support dan resistance pergerakan harga saham.

Adapun cara yang bisa dilakukan dengan Fibonacci Retracement adalah dengan menarik garis lurus dari harga tertinggi dan juga harga terendah.

Kemudian, secara otomatis harga akan bergerak dan tergambar pada level support dan juga pada level resistance-nya.

Dengan menggunakan Fibonacci Retracement, nantinya harga saham akan memiliki bentuk kecenderungan tertentu dalam mencapai garis-garis yang tertera pada laman Fibonacci Retracement.

Dengan begitu, maka kamu dapat segera melakukan trading dengan panduan garis-garis yang ada dalam Fibonacci Retracement. 

Nah, itulah empat tools yang paling popular dan paling banyak digunakan oleh trader untuk melakukan trading harian. Dengan tools ini kamu memiliki peluang besar untuk memperoleh profit dari kegiatan trading harian kamu.

Namun demikian, tools ini belum tentu cocok bagi kamu seorang yang masih pemula.

Ada baiknya kamu mulai belajar perlahan untuk mengenal tools analisis teknikal saham paling popular ini, agar kamu bisa memperoleh profit yang kamu inginkan kala melakukan trading harian di pasar saham.

Artikel Terkait