Saham

4 Tips Trading Saham Modal Kecil yang Perlu Pemula Ketahui

trading saham modal kecil

Ajaib.co.id – Banyak mitos beredar bahwa investasi saham hanya bisa dilakukan oleh orang-orang kaya karena butuh modal yang sangat besar. Trading saham modal kecil seakan-akan tidak memungkinkan untuk dilakukan, sehingga membuat banyak orang ragu untuk berinvestasi saham.

Padahal, saham adalah salah satu instrumen investasi yang bisa membuatmu membangun kekayaan dalam jangka panjang. Sayang sekali jika kamu lewatkan kesempatan berinvestasi saham jika sudah punya modal yang cukup.

Kenyataannya, berinvestasi dan trading saham dengan modal kecil sangat bisa dilakukan. Kini, siapapun bisa memulai berinvestasi saham dengan modal kecil, bahkan untuk para pemula sekalipun. Kamu tidak perlu modal hingga berjuta-juta rupiah untuk bisa mulai berinvestasi saham.

Trading saham yang katanya hanya diperuntukkan untuk orang kaya saja, hanyalah mitos belaka. Kamu tetap bisa mulai berinvestasi saham bahkan hanya dengan modal Rp100.000. Menarik, bukan? Nah, sebelum kamu mulai beli saham pertamamu, ada baiknya kamu perhatikan empat tips trading saham dengan modal kecil berikut ini!

Pilih Sekuritas dengan Biaya Setoran yang Kecil

Jika kamu ingin mulai trading saham dengan modal kecil, kamu harus selektif dalam memilih perusahaan sekuritas. Perusahaan sekuritas adalah perusahaan yang menjadi perantara antara investor (yaitu kamu sendiri) dengan pasar modal dalam transaksi jual beli saham.

Ada banyak sekali perusahaan sekuritas yang bisa kamu pilih, namun pertama-tama kamu harus pastikan perusahaan sekuritas yang akan kamu pilih telah terdaftar di OJK dan BEI, ya.

Cari tahu sebanyak mungkin informasi tentang perusahaan sekuritas tersebut. Kemudian, jika kamu sudah memiliki beberapa pilihan, maka kamu bisa memilih perusahaan sekuritas yang menetapkan setoran awal seminimal mungkin. Kini, beberapa perusahaan sekuritas bahkan tidak menetapkan setoran awal sama sekali.

Nah, perusahaan sekuritas seperti ini bisa kamu coba. Selain itu, kamu juga perlu mempertimbangkan biaya yang akan dikenakan jika kamu melakukan transaksi, seperti saat membeli atau menjual saham. Kamu bisa memilih perusahaan sekuritas yang menawarkan biaya transaksi terendah.

Cari Perusahaan yang Harga Sahamnya Terjangkau

Selain memilih perusahaan sekuritas dengan setoran awal dan biaya transaksi yang rendah, trading saham modal kecil tentunya bisa kamu lakukan dengan membeli saham yang juga rendah harganya. Untuk itu, kamu harus terlebih dahulu melihat perusahaan mana saja yang menawarkan saham dengan modal kecil.

Kamu bisa membuka laman Bursa Efek Indonesia untuk melihat perusahaan mana saja yang membuka sahamnya untuk publik dengan harga terjangkau.

Kamu bisa mulai mencari saham yang ditawarkan dengan harga dibawah Rp1.000 per lembar, atau sesuaikan saja dengan modal yang kamu miliki. Jika memungkinkan, memilih satu hingga dua saham perusahaan saja sudah cukup agar risiko kegagalan pun tidak terlalu besar. Setelah cukup berpengalaman, barulah kamu bisa coba beli saham-saham perusahaan lainnya jika kamu tertarik.

Pelajari Rekam Jejak Perusahaan

Setelah menentukan perusahaan mana yang akan kamu beli sahamnya, ada baiknya jika kamu melakukan pengecekan secara lebih dalam tentang rekam jejak dan kinerja perusahaan tersebut. Bagaimana cara mengetahui perusahaan mana yang tepat dipilih untuk melakukan trading saham modal kecil?

Tipsnya, kamu bisa memilih saham dari perusahaan besar yang sudah memiliki reputasi baik dan punya risiko rendah untuk mengalami penurunan, misalnya perusahaan seperti BUMN.

Kamu yang berniat untuk melakukan trading saham modal kecil memang harus memilih saham dengan harga yang rendah, tetapi jangan mudah tergiur dengan harga murah semata. Jangan sampai kamu memilih perusahaan yang tidak jelas reputasinya dan nilainya naik-turun hanya karena harga saham yang ditawarkan sangat murah.

Saham seperti ini cukup berisiko, apalagi untuk para pemula. Jadi, memilih perusahaan berdasarkan reputasi dan rekam jejaknya lebih penting daripada sekedar memilih berdasarkan harga saham rendah yang ditawarkan. Hal ini perlu kamu lakukan untuk meminimalisir potensi kerugian yang mungkin timbul di kemudian hari.

Banyak-banyak Memantau Situasi Ekonomi

Tips berikutnya untuk kamu yang ingin mulai trading saham modal kecil, biasakan untuk selalu menyimak pergerakan ekonomi baik di dalam maupun luar negeri. Pastikan juga kamu sudah menguasai pengetahuan tentang saham secara menyeluruh.

Memantau pergerakan ekonomi bisa membantu kamu untuk mengetahui situasi yang tengah terjadi di pasar saham. Dengan begitu, kamu juga bisa memprediksikan pergerakan saham yang kamu miliki. Kamu juga perlu melihat sentimen pasar berkaitan dengan situasi ekonomi yang sedang terjadi, karena ini menjadi faktor yang juga berpengaruh terhadap naik-turunnya harga saham.

Hal ini penting untuk kamu lakukan karena meskipun kamu trading saham dengan modal kecil, kemungkinan kerugian tetap ada. Tentunya, potensi kerugian ini harus diminimalisir sebisa mungkin.

Jika sudah memutuskan pilihan dengan menerapkan tips-tips di atas, kamu bisa langsung membuka rekening efek di perusahaan sekuritas yang kamu pilih, menyetor sejumlah uang untuk bertransaksi, dan membeli saham yang kamu inginkan.

Memang, trading saham modal kecil tidak menjanjikan keuntungan mutlak yang jumlahnya besar. Jika modal yang kita miliki kecil, biasanya imbal hasilnya juga kecil. Sebaliknya, jika dana investasi besar, maka keuntungan yang bisa diperoleh juga lebih besar. Namun, jika kamu pemula, trading saham dengan modal kecil adalah pilihan yang tepat.

Jika sudah menguasai cara bermain saham dan sudah memiliki pengalaman, barulah kamu bisa coba berinvestasi dengan modal yang besar.

Sudah punya modal yang cukup tapi masih ragu untuk berinvestasi saham? Tenang saja, ada instrumen investasi lain yang cocok bagi pemula dan bisa kamu coba dengan mudah, yaitu reksa dana. Seperti investasi saham, reksa dana juga bisa kamu mulai dengan modal kecil, namun memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibandingkan menabung di bank.

Kamu bisa coba mulai berinvestasi reksa dana melalui Ajaib, aplikasi investasi reksa dana online yang sudah mendapat izin dari OJK sehingga dijamin aman dan mudah digunakan.

Bacaan menarik lainnya:

Darmaji, Tjiptono dan Hendy M. Fakhruddin. (2011). Pasar Modal Di Indonesia. Jakarta : Salemba Empat.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Artikel Terkait