4 Mata Uang Dunia yang Berpengaruh pada Perekonomian

mata uang dunia
mata uang dunia

Mau investasi mata uang asing? Berikut ini adalah mata uang dunia terbaik yang bisa dijadikan koleksi investasi saat ini.

Sebagai alat pembayaran yang sah, uang yang kini beredar di masyarakat dunia begitu beragam. Mengapa? Karena setiap negara pasti memiliki mata uangnya masing-masing yang dijadikan sebagai alat pertukaran dan pembayaran yang sah di negara tersebut.

Tahukah kamu bahwa mata uang yang beredar di dunia saat ini, ternyata memiliki peranan atau pengaruh besar terhadap perekonomian secara global. Setidaknya ada empat currency yang memiliki pengaruh yang besar terhadap perekonomian global. Mau tahu dari negara mana saja itu? Berikut ini Ajaib sudah menyiapkan daftar 4 mata uang dunia yang paling berpengaruh.

Mata Uang USD (Dollar Amerika)

Siapa yang tak tahu mata uang milik negara Paman Sam ini? Hingga saat ini, dolar Amerika (USD) masih menjadi acuan bagi perekonomian dunia. Buktinya, semua harga komoditi yang diperdagangkan di seluruh dunia mengacu terhadap nilai dari dolar Amerika ini.

Sebut saja harga emas, harga minyak dll. Saat ini nilai kurs mata uang USD ke Rupiah senilai Rp14.168,70 pada tanggal 3 Oktober 2019 dikutip dari Morningstar.

Selain digunakan untuk perdagangan secara global,Dolar Amerika juga banyak dijadikan sebagai alat pembayaran yang sah di berbagai negara selain mata uang lokal yang berlaku tentunya. USD juga banyak dijadikan sebagai investasi, contohnya saja Valas.

Mata Uang Euro

Euro merupakan mata uang dunia lainnya yang berpengaruh besar dalam perekonomian global, currency ini dijadikan alat pembayaran yang sah di negara-negara Eropa yang menjadi bagian dari Uni Eropa.

Jika kita melihat perkembangan dari negara-negara Eropa, tentu saja mereka semua kebanyakan negara maju yang memiliki kekuatan ekonomi yang baik. Sebut saja Inggris, Jerman, Prancis dll.

Sehingga tak heran jika, Euro menjadi mata uang dunia terbesar kedua yang menempel ketat dolar Amerika dalam volume perdagangkan secara global. Bahkan jika dilihat dari nilainya, harga Euro menjadi salah satu yang tertinggi di dunia saat ini, yaitu 1Euro = Rp15.520,27 seperti dikutip dari Morningstar (3 Oktober 2019).

Poundsterling (GBP)

Mata uang dunia berikutnya adalah milik Britania Raya, yaitu Great Britain Poundsterling (GBP). Nilai dari Great Britain Poundsterling ini menjadi salah satu mata uang tertinggi di dunia mengalahkan Euro dan USD.

Poundsterling menjadi pembayaran yang sah digunakan di negara-negara persemakmuran Inggris. Sebut saja Inggris, Wales, Skotlandia, dan Irlandia.

Walaupun Inggris tergabung dengan Uni Eropa, namun negara tersebut lebih memilih untuk menggunakan mata uang lokal mereka Poundsterling ketimbang Euro. Poundsterling juga menjadi aset berharga yang dimiliki oleh Britania Raya bahkan dunia sebagai mata uang cadangan terbesar namun masih kalah dibandingkan USD dan Euro.

Mata Uang Jepang (Japanese Yen)

Sepak terjang negara Jepang memang sudah tidak diragukan lagi dalam hal perekonomian baik di kawasan regional asia ataupun dunia. Seperti diketahui, Tokyo yang menjadi ibu kota Jepang, dinobatkan sebagai kota dengan biaya hidup termahal di dunia.

Selain aktivitas ekspor ke sejumlah negara-negara Asia, mata uang Yen sering diperdagangkan di kawasan Asia. Sehingga tak heran jika mata uang dunia satu ini juga disebut sebagai mata uang negara asia.

Itulah empat mata uang dunia paling berpengaruh di dunia saat ini, yang mana dari keempatnya banyak dijadikan investasi dalam bentuk simpanan seperti valas di sejumlah bank di Indonesia.

Tunggu apalagi koleksi yuk satu diantara empat mata uang dunia paling berpengaruh terhadap perekonomian saat ini diatas. Namun perlu diingat bahwa investasi mata uang asing memiliki sifat yang mudah naik atau turun sehingga kamu perlu memperhatikan dan mengecek harga nilai kurs jual dan beli, karena baik itu bank atau money changer memiliki harga kurs jual dan beli mata uang asing yang berbeda-beda agar kamu bisa memaksimalkan keuntungan dari investasi mata uang asing itu sendiri.

Bacaan menarik lainnya:

Sukirno, Sadono. (2010). Makroekonomi: Teori Pengantar. Jakarta: PT.Rajagrafindo Persada


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait