4 Bisnis Properti yang Oke Untuk Dicoba Milenial

bisnis properti
bisnis properti

Banyak yang beranggapan bisnis properti membutuhkan modal yang besar. Percaya atau tidak, nyatanya bisnis yang satu ini bisa dilakukan tanpa modal alias 0 Rupiah. Properti jadi salah bidang yang menarik untuk dijadikan bisnis. Apalagi dengan banyaknya kebutuhan akan hunian, membuat properti jadi prospek bagus untuk usaha ataupun investasi.

Bisnis properti tidak melulu terfokus pada menjual bangunan, tanah, dan tempat tinggal saja. Ada cara lain bagi para milenial yang ingin menjalankan bisnis di sektor properti tanpa modal gede. Kira-kira apa saja bisnis properti yang bisa dijalankan secara kecil-kecilan? Simak ulasannya.

Menjadi Broker Properti

Istilah keren lainnya yaitu makelar properti yang intinya sebagai perantara untuk jadi penghubung investor dengan pembeli. Menjadi seorang broker tidak perlu memiliki propertinya terlebih dahulu. Hanya bermodalkan pengetahuan soal harga properti dan network yang luas, kamu sudah bisa jadi broker.

Bisnis properti ini bisa kamu jalankan sebagai freelance atau bersertifikat yang bernaung di bawah perusahaan properti. Bisnis yang satu ini bisa kamu lakukan dengan modal dengkul dan sebagai sampingan. Karena tugasmu hanya bertemu klien yang ingin meninjau lokasi.

Bisnis Penyewaan Kamar atau Homestay

Adanya situs seperti RedDoorz, AiryRoom, Booking.com bisa membantu kamu memulai bisnis properti tanpa mengeluarkan modal. Terutama buat yang masih tinggal di rumah milik orang tua, kamu bisa memanfaatkan satu kamar kosong untuk disewakan. Kamu bisa menyewakannya ke mereka yang kebetulan sedang traveling atau mencari kamar kos.

Namun, bisnis homestay ini punya resiko yang harus kamu tanggung. Mulai dari kerusakan beberapa fasilitas, tagihan listrik yang membesar, dll. Jadi, sebelum menetapkan harga sewa kamar sebaiknya diskusikan dengan orang tuamu dan pastikan sudah membuat hitungan-hitungan untuk menghindari resiko tersebut. Buat aturan bagi penyewa supaya bertanggung jawab atas segala penggunaan fasilitas yang ada di rumahmu.

Lewat Pasar Modal

Bagi yang ingin menjalankan bisnis properti tapi tak punya modal dan takut merugi, bisa mencobanya lewat pasar modal. Artinya kamu membeli saham perusahaan yang bergerak di sektor properti. Bisa dikatakan mirip dengan investasi, akan tetapi cukup menarik buatmu untuk dipelajari.

Banyak saham properti yang bisa dibeli di bursa saham seperti Pakuwon Sejati (PWON), Lippo Karawaci (LPKR), PT PP Properti (PPRO), dll. Harga saham perusahaan properti tidak semua mahal, ada banyak yang bisa dibeli dengan harga Rp 1.000 per lembarnya. Pilih perusahaan yang punya fundamental bagus dan proyeknya jelas.

Buat Situs Jual Beli Properti

Manfaatkan dunia teknologi untuk berbisnis properti, salah satunya dengan membuat situs pencarian properti seperti Rumah.com. Kamu hanya perlu aktif mengisi konten-konten dan tampilan yang menarik di websitemu. Dengan begitu kamu bisa membantu mereka yang butuh properti jadi lebih praktis. Modalnya sekitar Rp 5 juta atau lebih.

Pada saat websitemu sudah banyak pengunjungnya, kamu bisa mendapat keuntungan melalui sistem membership secara eksklusif kepada user untuk mengiklankan properti miliknya. Kamu juga bisa menggandeng beberapa developer atau bank untuk memasang iklan properti yang murah di situs milikmu.

Itu dia beberapa macam bisnis properti yang bisa kamu jalankan dengan modal minim. Dengan keuntungan yang lumayan besar, apakah kamu tertarik dengan bisnis di bidang properti?


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait