Bisnis & Kerja Sampingan

Yuk Simak! Pengertian Leasing Adalah Sebagai Berikut Ini

leasing adalah

Ajaib.co.id – Leasing adalah istilah finansial yang akrab di telinga kita sehari-hari. Namun, apakah kamu benar-benar paham akan pengertian leasing? Jika kamu merasa belum memahaminya, redaksi Ajaib akan membahasnya secara lengkap melalui ulasan berikut ini.

Leasing Adalah

Pengertian leasing adalah sewa guna usaha. Atau bisa dibilang sebagai sebuah kegiatan pembiayaan dalam bentuk penyediaan barang modal, baik secara sewa guna usaha dengan hak opsi (finance lease) maupun sewa guna tanpa hak opsi (operating lease) untuk digunakan pihak lessee dalam jangka waktu tertentu berdasarkan pembayaran secara berkala.

Dari penjabaran di atas, bisa juga dibilang leasing adalah cara perusahaan agar bisa mendapatkan barang demi menaikkan produktivitasnya. Keberadaan leasing adalah penting bagi perusahaan dalam memperoleh barang walaupun belum memiliki uang tunai untuk memperolehnya.

Istilah yang Perlu Diketahui dalam Leasing

Sebelum kamu memutuskan untuk ikut kegiatan pembiayaan ini, tentunya kamu perlu tahu istilah-istilah yang sempat dibahas sedikit sebelumnya. Istilah-istilah dalam leasing yang perlu kamu tahu antara lain:

Lease

Merupakan sebuah kontrak penggunaan barang dalam periode tertentu yang sebelumnya telah disepakati dengan biaya sewa yang telah ditetapkan.

Lessee

Lesse merupakan pihak, bisa badan hukum ataupun perorangan yang menggunakan modal dari pembiayaan sewa dari leasing tersebut.

Lessor

Lesor dalam leasing adalah pemegang hak milik yang mana barangnya dijadikan sewa.

Lease term

Lease term sendiri merupakan jangka waktu sewa yang memang sifatnya tidak bisa dibatalkan atau mutlak.

Residual value

Hal ini bisa diartikan sebagai nilai akhir dari aset yang disewakan.

Security deposit

Security Deposit merujuk pada jaminan yang diminta oleh pemberi sewa kepada penyewa berupa kas. Nantinya, jika perjanjian selesai, jaminan kas ini akan dikembalikan kepada penyewa selama tidak ada aturan yang dilanggar di dalam perjanjian.

Elemen pada Leasing

Dari penjabaran di atas, bisa dikatakan leasing memiliki elemen atau ciri sebagai berikut ini:

  • Lessor atau pemberi sewa menjadi pemegang hak milik benda
  • Ada hubungan antara benda yang di leasing dengan waktu lease-nya.
  • Objek leasing adalah benda-benda yang memang dapat digunakan oleh perusahaan.

Jenis Leasing

Lease operasi

Lease ini adalah lease yang menawarkan pembiayaan sekaligus pemeliharaan. dalam sistemnya, lease operasi ini menetapkan lessor atau pemberi sewa untuk merawat peralatan yang disewakan. Namun perlu dicatat, jika selama perawatan diperlukan biaya, maka biaya tersebut akan dibebankan kepada penyewa.

Lease operasi ini dikenal sebagai lease yang seringnya tidak bisa diamortasi atau pengurangan nilai aktiva. Selain itu, lease operasi juga menjadi jenis lease yang di dalamnya ada pasal pembatalan. Pasal ini bisa membuat perjanjian sewa batal bahkan sebelum habis masa kontrak.

Lease keuangan

Lease keuangan atau lease modal bisa dibilang jenis kebalikan dari lease operasi. Pasalnya, ada 3 hal prinsip lease keuangan yang memang bertolak belakang dengan lease operasi sebagai berikut ini:

  • Tidak dapat dibatalkan
  • Tida ada jasa pemeliharaan
  • Dapat diamortasi

Jual dan lease kembali

Praktek sewa ini cukup sering terjadi. Di mana, ada perusahaan yang awalnya memiliki peralatan, tanah ataupun bangunan menjual asetnya tersebut. Sebelum terjual, perusahaan tersebut melakukan perjanjian kepada pembeli bahwa mereka akan me-lease asetnya tersebut.

Pada jenis lease ini, pembayaran sewa akan diformulasikan sedemikian rupa agar bisa mengembalikan harga beli aset tersebut kepada pembeli atau di sini bisa disebut sebagai lessor. Namun, bukan hanya mengembalikan harga, tetapi juga dapat tingkat pengembalian tertentu untuk lessor.

Keuntungan dalam Menggunakan Leasing

Setelah mengetahui apa itu leasing dan jenis-jenisnya, maka kamu harus tahu apa saja keuntungan dalam menggunakan leasing.

Fleksibel

Karena perusahaan leasing memiliki sistem kontrak, kamu mendapatkan keleluasaan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan kamu. Selain itu, nilai nominal yang dibayarkan dan jangka waktunya juga bisa fleksibel sesuai dengan kondisi perusahaan kamu.

Yang perlu kamu lakukan adalah bagaimana kamu membuat kesepakatan antara perusahaan kamu dengan perusahaan leasing mengenai hal-hal tersebut.

Tidak Memakai jaminan

Leasing tidak meminta jaminan dari penyewa. Namun bukan berarti pemberi lease tidak mendapatkan sesuatu. Karena, mereka akan memiliki hak barang berdasarkan aktiva barang tersebut. Nantinya, pendapatan dari nilai aktiva itulah yang dijadikan jaminan untuk pemberi lease.

Pelayanan yang Cepat

Jika kamu membutuhkan barang atau peralatan agar kamu bisa segera melakukan produksi, leasing benar-benar bisa jadi solusi. Pasalnya, leasing memiliki prosedur yang begitu sederhana. Karena hal itu, kamu bisa dengan mudah dan cepat untuk mendapatkan apa yang kamu butuhkan.

Capital Saving

Maksud di sini, kamu dapat menggunakan modal untuk pengadaan barang atau modal ke keperluan lainnya. Karena, di dalam leasing, lessor atau pemberi sewa akan membiayai pengadaan barang yang kamu butuhkan tersebut.

Angsuran Dapat Perlakuan Sebagai Biaya Operasional

Hal menarik lainnya, dalam penggunaan leasing, angsuran bisa dimasukkan menjadi biaya operasional. Sehingga, pembayaran sewa ini dapat dihitung dalam penentu laba rugi perusahaan. Hal ini membuat perhitungannya tidak dikenakan pajak, bukan seperti laba yang memang dikenakan pajak.

Pelindung Inflasi

Leasing tidak akan terpengaruh oleh inflasi, di mana ada risiko penurunan nilai mata uang yang bisa menyebabkan kamu rugi. Karena, dalam leasing, kamu akan membayar dengan satuan yang tetap untuk kewajiban lease kamu.

Akhir Kata

Leasing bisa menjadi solusi bagi kamu yang butuh pengadaan barang atau peralatan tetapi tidak memiliki uang kontan. Hal ini terutama jika kamu memang membutuhkan barang-barang yang berkaitan dengan produksi yang menentukan aktivitas usaha kamu.

Jadi, apa kamu sudah mengerti mengenai leasing?

Artikel Terkait