Milenial, Perencanaan Keuangan

Tips Menabung untuk Pelajar Biar Gak Boros

Ajaib.co.id – Sejak kita masih kecil, orang tua tidak pernah bosan-bosannya untuk selalu mengingatkan kita bahwa menabung itu adalah hal yang penting. Pelajaran keuangan ini bukan hanya wajib diterapkan bagi kamu yang sudah bekerja, melainkan juga perlu diterapkan oleh semua orang. Tak terkecuali, kamu yang masih berstatus pelajar saat ini, di mana tips menabung untuk pelajar berikut ini menjadi salah satu hal penting yang perlu diperhatikan.

Menyisihkan uang jajan bagi pelajar, tentu bukanlah perkara yang mudah untuk dilakukan. Oleh karenanya, untuk memudahkan kamu dalam mengatur uang jajan agar tidak boros, kamu perlu tahu beberapa tips menabung untuk pelajar berikut ini.

Tips Menabung bagi Pelajar, Dijamin Uang Cepat Terkumpul

Mungkin kamu adalah salah satu orang yang menganggap bahwa uang Rp5 ribu sudah tidak berharga lagi. Namun dengan uang Rp5 ribu dari uang jajan yang kamu sisihkan setiap harinya, kamu bisa mengubah masa depan menjadi lebih baik, karena kamu bisa menggunakan uang yang ditabung tersebut setiap harinya untuk berbagai tujuan keuangan di masa mendatang.

Setelah mengetahui hal ini pasti kamu menyesal karena sudah membuang-buang uang Rp5 ribu yang kamu miliki setiap harinya untuk hal-hal yang tidak semestinya. Padahal, jika sejak dulu kamu sudah menyisihkan uang sebesar Rp5 ribu dari uang jajanmu setiap hari untuk ditabung, tak terbayang bukan sudah berapa jumlah uang yang ada di tabunganmu saat ini.

Agar kesalahan keuangan tersebut tidak terulang kembali. Yuk, ikuti tips menabung mudah dan efektif bagi pelajar di bawah ini.

1. Membuat Daftar Pengeluaran

Walaupun uang jajan kamu tidak besar, namun kamu masih tetap bisa menabung. Kamu bisa menerapkan tips menabung untuk pelajar yang pertama yakni membuat daftar pengeluaran.

Kamu bisa membuat perincian daftar pengeluaran yang dikeluarkan setiap harinya. Dengan begitu, kamu menjadi tahu pos-pos keuangan mana saja yang sebaiknya dikurangi karena dianggap boros.

2. Memprioritaskan Kebutuhan dibanding Keinginan

Cara mudah menabung bagi pelajar selanjutnya adalah mengetahui apa yang perlu diprioritaskan. Agar tidak membingungkan kamu, kamu perlu tahu pos-pos keuangan mana saja yang memang menjadi kebutuhan maupun pos-pos keuangan mana saja yang dapat ditunda.

Contoh pengeluaran berdasarkan kebutuhan adalah pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari. Misalnya kamu perlu membayar ongkos ojek online yang setiap harinya kamu gunakan untuk pulang pergi ke sekolah. Sedangkan, untuk pos-pos keuangan berdasarkan keinginan seperti halnya nonton bioskop di mana pos keuangan satu ini sebenarnya dapat ditunda.

3. Membawa Bekal Makanan dari Rumah

Menghemat uang jajan dengan membawa bekal makanan sendiri adalah tips menabung untuk pelajar berikutnya yang bisa kamu terapkan. Dengan membawa bekal makanan sendiri dari rumah, kamu tidak perlu lagi membeli makanan di luar sehingga kamu bisa mengalokasikan sisa uang jajan yang dimiliki untuk ditabung dengan porsi yang lebih besar.

4. Buat Tabungan

Uang jajan yang sudah kamu sisihkan bisa kamu tabung di rekening tabungan maupun celengan. Jika kamu memilih untuk menabung uang jajan di celengan, kamu bisa menaruh tempat celengan tersebut di lokasi yang tersembunyi agar tidak ada yang bisa mengambil.

Tetapi jika kamu ingin menabung di rekening bank, kamu bisa memisahkan tabungan tersebut dengan tabungan untuk kebutuhan sehari-hari agar kegiatan menabung kamu menjadi lebih maksimal karena tidak terganggu dengan pos keuangan lainnya.

Walaupun kamu hanya bisa menyisihkan uang Rp5 ribu untuk ditabung dari uang jajanmu setiap harinya, itu bukanlah masalah karena menabung itu bersifat fleksibel yang dapat disesuaikan dengan beban keuangan masing-masing individu.

Itulah tips dan cara menabung sisa uang jajan Rp5 ribu bagi pelajar. Jika kamu disiplin menerapkan cara menabung di atas, uang Rp5 ribu yang selalu kamu tabung setiap harinya akan semakin menggunung dan nantinya bisa kamu gunakan untuk berbagai tujuan keuangan. 

Salah satunya kamu bisa menggunakan uang tabungan yang sudah terkumpul tersebut untuk dialokasikan sebagai dana investasi. Instrumen investasi yang cocok bagi pelajar atau investor pemula adalah reksa dana. Mengapa?

Karena jenis instrumen investasi satu ini punya karakteristik minim risiko dan tidak membutuhkan modal investasi yang besar. Sehingga, reksa dana sangat cocok dengan profil pelajar seperti kamu yang baru memulai investasi untuk pertama kalinya. Kamu bisa investasi reksa dana dengan mudah di aplikasi Ajaib.

Manfaat Menabung bagi Pelajar untuk Investasi

Kebiasaan menabung yang rutin dilakukan oleh kamu setiap harinya memiliki manfaat keuangan bagi masa depan. Dengan menggunakan uang tabungan untuk investasi, setidaknya kamu sudah melindungi uang tabunganmu dari beberapa risiko keuangan berikut ini.

– Inflasi

Salah satu alasan mengapa banyak orang di luar sana yang semakin aware dengan pentingnya investasi adalah uang yang ditabung di tabungan biasa dapat terdampak risiko inflasi.

Hal ini dapat membuat nilai uang yang ada di tabungan kamu semakin berkurang karena terkena inflasi. Sedangkan, dengan berinvestasi kamu bisa terhindar dari inflasi karena mendapatkan potensi keuntungan dari naiknya aset yang kamu miliki.

– Membuat Uang Bekerja untuk Kamu

Manfaat menabung bagi pelajar untuk investasi selanjutnya adalah mendapatkan passive income. Dalam hal ini, kamu bisa membuat uang bekerja untuk kamu dengan mengalokasikan uang tabungan ke sejumlah instrumen investasi secara rutin dan juga disiplin.

– Mencegah Berutang

Dengan berinvestasi kamu bisa terhindar dari utang, karena kamu punya dana tambahan yang berasal dari passive income yang diterima lewat hasil investasi. 

Sehingga, kamu bisa menggunakan dana investasi tersebut untuk memenuhi berbagai kebutuhan keuangan yang bersifat tidak terduga. Investasi reksa dana di aplikasi Ajaib adalah pilihan investasi yang tepat, lantaran reksa dana punya kelebihan dari sisi likuiditas sehingga bisa dicairkan kapan pun sesuai kebutuhan keuangan kamu.

Tips menabung untuk pelajar yang sudah redaksi Ajaib jelaskan di atas, ternyata bukan hanya dapat mengubah kebiasaan boros kamu saja. Melainkan, kamu juga bisa menggunakan uang tabungan tersebut untuk berbagai tujuan keuangan, salah satunya dapat digunakan untuk dana investasi yang dapat membantumu meraih berbagai tujuan keuangan di masa depan.

Artikel Terkait