Bisnis & Kerja Sampingan

Tertarik untuk Usaha? Berikut Beberapa Pilihan Bidang Usaha UKM

Sumber: shutterstock.com

Ajaib.co.id – Bagi sebagian orang, memiliki bisnis atau usaha merupakan impian dalam hidup. Akan tetapi, permasalahan modal seolah menjadi kendala mereka dalam memulai suatu bisnis. Mengingat, membangun suatu bisnis membutuhkan modal awal dan ekspektasi untuk memiliki modal besar menjadi penghalang terwujudnya suatu bisnis.

Padahal, membuka usaha dengan modal kecil tetap bisa dilakukan. Salah satunya adalah memilih bidang usaha UKM atau Usaha Kecil Menengah. Nah, perkembangan UKM di Indonesia sendiri juga terus meningkat dan banyak diminati. Hal ini karena UKM tidak membutuhkan modal besar sehingga risiko kerugian yang ditimbulkan juga minim.

Akan tetapi, tidak sedikit juga orang-orang yang masih berpikir jika UKM hanya di sebagian bidang usaha saja yang menghasilkan keuntungan. Hal ini juga ditambah dengan kebingungan atas bidang usaha UKM seperti apa yang mampu menghasilkan prospek baik di masa mendatang. Selain itu, pengetahuan akan bagaimana membangun sebuah usaha atau bisnis pun juga tidak dimiliki.

Padahal, jelas ada banyak bidang usaha UKM yang memiliki prospek baik dan menjanjikan di masa mendatang. Apa saja bidang usaha UKM yang dimaksud? Nah, simak penjelasan berikut ini agar kamu mengetahui bidang usaha mana yang menjadi pilihan.

UKM pada Bidang Usaha Pengantaran atau Kurir

Keberadaan bidang usaha pengantaran atau jasa kurir kini memiliki perkembangan yang baik. Hal ini sejalan dengan bisnis online yang juga hadir. Di mana, jasa pengantaran memiliki peranan penting dalam mengantar barang yang dipesan oleh para pelanggan ke domisilinya masing-masing. Jasa pengantaran ini biasanya ada banyak jenisnya.

Mulai dari pengantaran antar kota, provinsi, pulau, hingga luar negeri sekalipun. Jenis durasi yang dibutuhkan pun juga ada banyak seperti hitungan jam, satu hari, mingguan, dan bulanan tergantung keinginan dari pelanggan. Barang-barang yang diantar pun juga beragam meliputi barang-barang elektronik, pakaian, makanan dan minuman, dan masih banyak lainnya.

Bidang usaha UKM yang satu ini bisa kamu mulai dengan modal sedikit yaitu jasa pengantaran antar kota terlebih dulu. Ketika nanti kamu sudah memiliki modal yang lebih besar, kamu bisa mengembangkan bisnis ke jasa pengantaran antar provinsi, pulau, hingga luar negeri sekalipun.

UKM pada Bidang Usaha Otomotif

Bidang usaha berikutnya adalah otomotif yang bisa menjadi pilihan kamu. Otomotif di sini, bukan berarti kamu harus membuka bisnis penjualan kendaraan layaknya showroom, namun lebih ke kepentingan dari penggunaan kendaraan itu sendiri. Apalagi peningkatan pembelian dan penggunaan kendaraan di Indonesia khususnya Jakarta sangat tinggi hingga menyebabkan kemacetan.

Dengan latar belakang tersebut, kamu bisa membuka bisnis ukm bidang otomotif seperti jasa bengkel yang menawarkan perbaikan kendaraan, penjualan spare part, jasa cuci kendaraan, hingga jasa rental kendaraan. Bidang usaha yang satu ini bisa menjadi pilihan kamu dalam membangun usaha dengan modal kecil di awal.

UKM pada Bidang Usaha Fashion

Salah satu bidang usaha yang tidak pernah mati adalah dunia fashion. Mengingat perkembangan trend fashion di setiap tahunnya berbeda-beda sehingga kebutuhan akan fashion pun juga berbeda-beda. Oleh karena itu, bisnis fashion ini memiliki prospek yang baik di masa mendatang. Kamu bisa memilih usaha di bidang fashion yangmeliputi pembuatan pakaian, tas, sepatu, topi, dan masih banyak lainnya.

Dengan memperhatikan trend yang sedang berlangsung saat ini kamu bisa memulai untuk mengaplikasikannya. Jangan lupa untuk memperhatikan target pasar yang dituju misalnya saja pria, wanita, anak-anak, remaja, hingga bayi. Untuk soal pemasaran, kamu bisa mengandalkan media sosial sebagai fasilitas dalam mendapatkan pelanggan.

UKM pada Bidang Usaha Kuliner

Selain fashion, kuliner juga menjadi bisnis yang paling banyak diminati orang-orang. Apalagi jika kamu menghadirkan jenis kuliner yang memiliki cita rasa enak dan tampilan yang menarik, unik, serta berbeda pada umumnya. Ketika kamu memutuskan untuk menjalankan bisnis kuliner, tentukan dulu kuliner seperti apa yang ingin kamu hadirkan.

Apakah makanan tradisional, modern, hingga ada unsur kebarat-baratannya sehingga produk yang nanti dihasilkan dapat memenuhi ekspektasi para pelanggan saat mencoba produk kuliner yang dibuat.

UKM pada Bidang Usaha Kecantikan

Bidang usaha UKM berikutnya yang bisa kamu pilih adalah bisnis kecantikan. Keberadaan salon, spa, dan tempat-tempat yang menjual alat makeup atau skin care, serta make up artist menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan saat ini. Apalagi momen-momen seperti acara pernikahan, wisuda, hingga acara penting lainnya, biasanya akan membutuhkan jasa penata rias atau make up.

Oleh karena itu, bisnis kecantikan ini bisa menjadi peluang kamu untuk membuka usaha secara kecil-kecilan terlebih dulu. 

UKM pada Bidang Usaha Produk Kerajinan Tangan

Bidang usaha berikutnya yang bisa menjadi pilihan kamu dalam memulai bisnis adalah kerajinan tangan. Ada banyak pilihan kerajinan tangan yang bisa kamu pilih seperti tas dari anyaman bambu, sapu lidi, bros, celengan, penjepit rambut, sarung, boneka, kain, dan masih banyak lainnya. tentunya dengan modal kecil dan keahlian yang dimiliki untuk membuat kerajinan tangan, kamu bisa memulai bisnis ini.

Untuk urusan pemasaran, kamu dapat mengandalkan platform jual beli online hingga menitipnya di beberapa toko besar yang menjual produk serupa.

UKM pada Bidang Usaha Tour & Travel

Kegiatan berwisata atau jalan-jalan merupakan hal yang paling banyak diminati orang-orang untuk menghabiskan waktu liburan. Ada banyak tempat wisata yang menawarkan pemandangan dan pengalaman menyenangkan ketika dikunjungi. Namun, ada beberapa tempat wisata yang mungkin kurang dikenal karena belum adanya promosi tentang tempat tersebut.

Nah, kamu bisa mengambil peluang tersebut untuk membuka jasa tour dan travel bagi orang-orang yang ingin berkunjung ke suatu tempat wisata. Kamu bisa mulai menawarkan jasa tour dan travel ini ke beberapa sekolahan, organisasi atau komunitas, hingga secara umum. Tentunya modal yang dibutuhkan tidak besar.

UKM pada Bidang Usaha Toko Kelontongan

Selanjutnya bidang usaha yang bisa kamu pilih adalah membuka toko kelontongan yang menjual berbagai kebutuhan sehari-hari seperti supermarket. Kamu bisa memanfaatkan tempat tinggal yang dimiliki untuk membuka warung atau toko kelontongan. Bidang usaha yang satu ini memiliki prospek cukup baik di masa mendatang, di mana setiap orang pasti membutuhkan barang-barang untuk dikonsumsi.

Nah, itu tadi beberapa pilihan bidang usaha UKM yang bisa menjadi peluang kamu untuk membuka usaha. Tentunya dengan modal kecil atau sesuai bujet yang dimiliki. Walaupun skalanya masih hitungan kecil, namun tetap bisa berkembang seiring berjalannya waktu. Nah, untuk mempersiapkan modal dalam membangun usaha, kamu harus melakukan simpanan yang juga menghasilkan seperti berinvestasi.

Salah satu instrumen investasi yang bisa dipilih dan menghasilkan keuntungan adalah investasi reksa dana di Ajaib. Ajaib merupakan media investasi online yang dapat membantu kamu berinvestasi reksa dana secara mudah. Tinggal download aplikasinya di smartphone dan kamu bisa langsung mulai berinvestasi.

Artikel Terkait