Milenial

Syarat Liburan untuk Turis Domestik Saat New Normal

Ajaib.co.id – Sudah tahu apa saja syarat liburan untuk turis domestik saat new normal? Tenang saja persyaratannya tidak seribet yang banyak orang bayangkan. Pasalnya persyaratannya sama saja pada saat Anda ingin melakukan perjalanan ke luar kota. 

Kebijakan pelonggaran pembatasan sosial dengan standar new normal memberikan angin segar untuk masyarakat Indonesia. Terlebih lagi untuk daerah-daerah yang kemarin diterapkan PSBB. Dan liburan rasa-rasanya menjadi pilihan banyak orang untuk menghilangkan kejenuhan selama PSBB diberlakukan di daerahnya. 

Berita baiknya kini sudah cukup banyak destinasi wisata yang mulai dibuka. Meskipun dengan persyaratan tertentu. Hal ini dimaksudkan agar tempat wisata tidak menjadi klaster penularan virus corona atau COVID-19. 

Syarat Liburan untuk Turis Domestik

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 menerbitkan sebuah Surat Edaran Nomor 7 Tahun 2020. Surat tersebut mengatur kriteria dan syarat perjalanan orang di masa adaptasi new normal. Persyaratan tersebut juga berlaku untuk Anda yang ingin berlibur. 

Hal ini dimaksudkan agar masyarakat Indonesia tetap bisa melakukan perjalanan di tengah wabah virus corona. Namun dengan berbagai persyaratan yang sudah diatur pemerintah sehingga tidak membahayakan dirinya maupun orang-orang yang ada di sekitarnya.

Dengan adanya surat edaran tersebut, memungkinkan Anda untuk melakukan perjalanan dari satu daerah ke daerah lain. Tetapi individu tersebut harus tetap mematuhi protokol kesehatan, tetap mengenakan masker, jaga jarak, dan cuci tangan. 

Nah, selain protokol kesehatan tadi, setiap turis domestik yang ingin pergi berlibur diwajibkan untuk mengunduh dan mengaktifkan aplikasi “Peduli Lindungi” pada smartphone mereka. Selain itu, pala pelancong juga diwajibkan untuk menunjukkan identitas diri (KTP). 

Kemudian Anda juga harus menunjukkan surat keterangan uji tes PCR dengan hasil negatif. Selain menunjukkan surat keterangan uji tes PCR Anda juga bisa menggantinya dengan rapid test dengan hasil non reaktif yang berlaku tiga hari saat hari keberangkatan. 

Ternyata tidak hanya itu saja persyaratan yang harus Anda penuhi. Sebab Anda juga diharuskan untuk menunjukkan surat keterangan bebas dari flu. Tetapi semua persyaratan tersebut tidak berlaku untuk individu yang melakukan perjalanan komuter. 

Pasalnya dalam surat edaran tersebut dijelaskan jika persyaratan tersebut dikecualikan untuk perjalanan orang komuter dan perjalanan orang di dalam wilayah atau kawasan aglomerasi. Dengan demikian, jika liburan Anda masih di dalam wilayah atau kawasan aglomerasi, persyaratan liburan turis domestik di era new normal tidak sebanyak itu. 

Liburan Disiplin di Era New Normal

Akibat pandemi virus corona, banyak sekali rencana liburan yang gagal. Dengan ditetapkannya era new normal, rencana liburan Anda sudah bisa Anda realisasikan. Meskipun demikian, tentu saja akan banyak perubahan yang akan Anda rasakan ketika liburan di era new normal seperti sekarang ini. 

Oleh sebab itu, pastikan untuk tetap disiplin dan mematuhi semua protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Nah, untuk Anda yang ada rencana liburan, berikut ini beberapa tips liburan aman di era new normal

Pastikan kondisi tubuh dalam keadaan sehat

Kemanapun Anda akan bepergian, selalu pastikan tubuh Anda dalam kondisi sehat dan fit. Jika kondisi Anda kurang baik, ada baiknya untuk menunda waktu liburan. Hal ini untuk kebaikan semua pihak.

Bawa perlengkapan pribadi (masker, hand sanitizer, dan lain-lain)

Ini menjadi hal paling penting yang harus Anda siapkan. Tujuannya tidak lain adalah untuk memutus rantai penyebaran virus corona. Saat traveling di era new normal seperti sekarang ini, pastikan untuk selalu memakai masker. 

Jangan hanya dibawa saja, tetapi dipakai. Selain itu pastikan juga untuk selalu membawa hand sanitizer, tisu desinfektan, obat-obatan seperti vitamin, dan lain sebagainya. Dan inipun berpalu untuk Anda yang tujuan traveling-nya adalah untuk liburan. 

Sementara itu untuk Anda yang bepergian menggunakan kereta api atau pesawat, biasakan untuk selalu menyemprot cairan desinfektan atau mengelap dengan tisu desinfektan di area tempat duduk Anda. Tindakan seperti ini juga berlaku pada saat Anda menggunakan toilet bersama. 

Meskipun sebenarnya manajemen transportasi pun sudah rutin melakukan pembersihan seperti itu. Tetapi tidak ada salahnya selalu menjaga kebersihan untuk diri Anda sendiri. Permasalahannya musuh Anda kali ini adalah virus. Sesuatu yang tidak terlihat dengan kasat mata. Artinya melakukan tindakan antisipasi seperti ini adalah pilihan yang sangat cerdas. 

Selalu jaga jarak dan patuhi protokol kesehatan

Pada saat Anda sudah berada di lokasi wisata, pastikan juga untuk selalu menjaga jarak dengan yang lainnya. Selain itu selalu patuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan. Khususnya oleh pihak pengelola wisata yang Anda kunjungi. 

Sebisa mungkin gunakan pembayaran non tunai

Memang penting untuk selalu menyediakan uang cash untuk berjaga-jaga. Tetapi saat melakukan transaksi, sebisa mungkin untuk menggunakan pembayaran non tunai demi kebaikan bersama.

Datang lebih cepat dari waktu keberangkatan

Selama new normal, Anda diharuskan untuk melakukan beberapa persyaratan saat liburan. Mulai dari pengukuran suhu tubuh hingga rapid test COVID-19. Oleh sebab itu ada baiknya untuk datang lebih cepat beberapa jam dari jadwal waktu keberangkatan. 

Meskipun dirasa cukup berat persyaratan liburan untuk wisatawan domestik di era new normal, tetapi semua itu untuk kebaikan semua orang. Jangan justru mengeluh dengan semua persyaratan itu. Namun sayangnya tidak semua orang dengan senang hati mematuhinya. Padahal tujuan diberlakukannya syarat liburan untuk turis domestik saat new normal ini untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona. 

Artikel Terkait