Tabung Oksigen Kecil, P3K Wajib Bagi Penderita Asma

tabung-oksigen-kecil
tabung-oksigen-kecil

Kotak Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K) merupakan barang yang wajib tersedia di rumah. Isinya pun bermacam-macam bisa disesuaikan dengan kondisi kesehatan penghuni rumah masing-masing. Namun, salah satu benda yang sering terlupakan adalah keberadaan tabung oksigen kecil untuk pertolongan pada gangguan pernafasan.

Sebagian besar orang tidak menyediakan tabung berukuran mini karena merasa tidak menderita asma. Padahal sebenarnya hal ini penting karena gangguan pernafasan bukan hanya terjadi pada penderita asma. Selain itu, ini juga penting apabila sewaktu-waktu kenalan datang berkunjung dan terpaksa membutuhkan bantuan tabung oksigen.

Fungsi Tabung Oksigen Kecil

Tabung oksigen ini sifatnya portable alias mudah dibawa-bawa karena ukurannya. Jika tabung oksigen yang kerap kita lihat memiliki berat sekitar 60 kilogram dan setinggi orang dewasa maka tabung oksigen kecil muat dimasukkan ke tas. Hal ini karena ukurannya yang hanya 500 ml dengan tekanan 1,0Mpa.

Alat bantu pernafasan ini bisa dengan mudah dibeli di berbagai apotek tanpa membutuhkan resep dokter. Bahkan di beberapa lokasi, tabung gas jenis ini juga bisa didapatkan di supermaket ataupun toko obat. Harganya juga terjangkau berkisar Rp30.000 per buah.

Kapasitasnya memang terbatas sehingga hanya bisa digunakan beberapa kali. Tapi keberadaannya fungsional untuk tindakan pertama ketika terjadi gangguan pernafasan paling tidak sampai mendapatkan pertolongan tenaga medis. Ada sejumlah kondisi yang membutuhkan tabung gas ini antara lain:

Asma

Ini adalah jenis penyakit jangka panjang yang menyebabkan sulit bernafas karena peradangan dan penyempitan saluran napas. Hal ini bisa dialami oleh semua kalangan karena berbagai sebab. Gejalanya juga diikuti dengan keringat dingin, nyeri dada, dan batuk-batuk.

Sleep Apnea

Sleep apnea adalah gangguan serius yang terjadi pada sistem pernafasan kita saat sedang tidur. Hal ini karena saluran udara terhambat karena dinding tenggorokan yang mengendur dan menyempit. Gangguan ini sering tidak disadari oleh penderitanya dan muncul sewaktu-waktu.

Gagal Jantung

Kondisi ini terjadi karena aliran darah yang tidak mengalir cukup ke seluruh tubuh karena pompa jantung melemah. Penyebabnya antara lain anemia, hipertensi, dan mengidap penyakit jantung. Ciri-cirinya antara lain mudah lelah, sesak nafas, dan pembengkakan pada pergelangan kaki dan tungkai.

Jika sudah memutuskan untuk membeli tabung oksigen ini, kamu juga harus mengetahui cara pakainya. Penggunaannya sangat gampang meskipun harus hati-hati. Bukalah tutup atasnya dan posisikan di bagian kepala kaleng oksigen. Tutup ini kemudian difungsikan sebagai masker untuk menutup hidung. Hirup dalam-dalam sembari ditekan selama beberapa detik dan ulangi sampai kondisi membaik.

Meskipun kita tidak berharap mendapatkan musibah penyakit, semoga panduan dari Ajaib ini bisa membantumu ketika sewaktu-waktu membutuhkan tabung gas portabel ini ya. 


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait